Ditinjau oleh Ustadz H. Jundi Imam Syuhada, Lc., M.IRK. / Jumat, 22 Desember 2023

Setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah ﷻ mengandung hikmah dibaliknya. Sebagai umat muslim yang taat, tentunya kita selalu berupaya untuk mengerjakan ibadah-ibadah tersebut. Namun apakah kita sudah memahami hikmah di setiap ibadah yang kita lakukan?

 

Pada artikel ini akan membahas hikmah dari salah satu ibadah yang menjadi pilar umat islam yaitu haji. Haji merupakan rukun islam yang kelima, dan wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi yang mampu secara fisik dan materi. Oleh karena membutuhkan perjuangan untuk mewujudkannya, ada baiknya untuk memahami hikmah haji sebelum melakukannya. 

 

Hikmah Haji

Hikmah merupakan dampak atau hasil yang ditimbulkan pada diri seseorang setelah melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Hikmah dapat diartikan tujuan akhir dari orang beragama. Hikmah terdapat pada semua hal, tidak terkecuali ibadah.

 

Inti dari hikmah beribadah yaitu pengakuan sebagai hamba Allah ﷻ serta ungkapan rasa syukur atas segala nikmat-Nya. Sama halnya dengan ibadah lain, haji pun mengandung kedua hikmah tersebut. Namun apakah hikmah haji hanya dua itu saja? Simak dibawah ini penjelasan tentang hikmah haji lainnya.

 

1. Hikmah Haji Dalam Manifestasi Penghambaan 

Seluruh umat di bumi merupakan makhluk ciptaan Allah ﷻ dengan derajat yang sama. Saat jemaah haji diwajibkan menggunakan ihram sederhana tanpa merias diri, ini menjadi simbol bahwa seluruh umat memiliki derajat yang sama dan sebagai hamba yang tak berdaya tentunya membutuhkan pertolongan dan rahmat Allah ﷻ.

 

2. Hikmah Haji Dalam Ungkapan Syukur

Menjadi jemaah haji merupakan mimpi setiap umat muslim di dunia, pasalnya untuk dapat beribadah haji membutuhkan kekuatan fisik dan cukup dana. Sehingga ketika menjadi jemaah haji artinya menjadi simbol mensyukuri nikmat yang diberikan Allah ﷻ seperti kesehatan, harta dan diridho menjadi tamu-Nya di Baitullah. Dalam hal ini, Allah ﷻ telah berfirman: 

 

وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ  الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ اللهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

 

Artinya: “Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam” (QS Ali ‘Imran: 97).

 

3. Hikmah Haji Dalam Mempersatukan Umat 

Ibadah haji hanya dapat dilaksanakan di Kota Makkah. Oleh karena itu seluruh umat dari berbagai negara akan berkumpul di tempat yang sama untuk melaksanakan rukun-rukun haji. Kita dapat bertemu, berkenalan, berbagi cerita hingga bertukar pikiran seputar islam tanpa berfikir akan perbedaan bangsa, suku dan ras karena kita diturunkan dari ayah dan ibu yang sama, Nabi Adam dan Ibu Hawa. Hal ini menunjukkan kekompakkan dan persatuan umat islam di dunia.

 

4. Hikmah Haji Dalam Berbagai Keberkahan

Haji merupakan salah satu amalan baik yang diperintahkan Allah ﷻ, sehingga siapa yang memenuhi ibadah haji insya Allah akan mendapat banyak berkahnya. 

 

1. Ampunan Dosa

Sepulangnya dari perjalanan haji, dosa mereka telah diampuni, ibarat seperti seorang bayi yang baru dilahirkan. Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

 

“Siapa yang berhaji ke Ka’bah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari).

 

2. Doa-doa Terkabul

Apabila kita telah menjawab panggilan Allah ﷻ dan menjadi tamu-Nya insya Allah, akan dikabulkan permintaan-permintaan kita. Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

 

“Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah)

 

3. Terhidar dari Kefakiran

Ibadah haji bisa menghilangkan kefakiran (kemiskinan), menghapus dosa-dosa yang telah lalu dan dijamin surga. Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

 

“Ikutilah antara haji dan umroh (yakni lakukanlah amalan haji, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan umroh), karena keduanya itu akan menghilangkan kefakiran/kemiskinan dan (menghapus) dosa-dosa, sebagaimana bara api (menghilangkan) kotoran besi, emas dan perak. Dan tidak ada balasan/pahala bagi haji yang mabrur kecuali jannah (surga).” (HR Imam At-Tirmidzi).

 

Demikian hikmah-hikmah haji yang perlu diketahui selagi menunggu ridho untuk menjadi tamu-Nya di Baitullah. Dengan memahami hikmah haji sekarang, harapannya kelak dapat menjalani haji dengan penuh makna tidak hanya sekedar menggugurkan kewajiban kita sebagai umat islam. 

 

Jika telah merasa syarat wajib haji terpenuhi, ada baiknya untuk menyegerakan dan berniat untuk melaksanakannya. Langkah selanjutnya yang bisa sahabat lakukan adalah mencari travel haji terpercaya. Jejak Imani sebagai travel haji terbaik menyediakan beragam paket haji yang menyesuaikan dengan kebutuhan sahabat.  

 

Namun untuk Sahabat yang rindu Tanah Suci dan belum memasuki waktu pelaksanaan ibadah haji, ada baiknya untuk melakukan umroh terlebih dahulu karena ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja dan tidak terbatas oleh waktu tertentu. 

 

Sebelum merencanakan ibadah umroh, sebaiknya calon tamu Allah ﷻ memperhatikan terlebih dahulu persyaratan dan tata cara umroh agar ibadah umroh insya Allah sah (mabrur). Langkah selanjutnya adalah mencari paket umroh terbaik. Jejak Imani juga menyediakan berbagai pilihan paket umroh dengan berbagai tanggal keberangkatan.

 

Tidak perlu khawatir atau takut akan biaya umroh, karena siapa saja bisa umroh. Dengan tabungan umroh di Jejak Imani yang telah bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia, sahabat bisa menyisihkan uang setiap harinya untuk mewujudkan impian beribadah ke Tanah Suci. Ingin perjalanan ibadah ke Tanah Suci lebih nyaman dan berkesan? Jejak Imani jawabannya. 

 

Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Artikel Lainnya

Serba-serbi Info Haji 2024 untuk Jamaah Asal Indonesia!

Senin, 5 Februari 2024

Serba-serbi Info Haji 2024 untuk Jamaah Asal Indonesia!

Haji 2024 - Minat masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Hal ini terbukti semakin tahun jumlah, pendaftar haji sem...

10 Hari Terakhir Ramadhan, Amalan Apa Saja yang Dilakukan?

Sabtu, 30 Maret 2024

10 Hari Terakhir Ramadhan, Amalan Apa Saja yang Dilakukan?

Beberapa waktu lagi umat Muslim akan memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Pada waktu akhir bulan Ramadhan terdapat 10 hari terakhir yan...

Syarat Qurban Bagi Umat Islam, Apakah Kamu Sudah Memenuhinya?

Minggu, 19 Mei 2024

Syarat Qurban Bagi Umat Islam, Apakah Kamu Sudah Memenuhinya?

Qurban memang ibadah yang hanya dilakukan saat Idul Adha, bahkan ini terbatas hanya di tanggal 10 - 13 Dzulhijjah saja. Dimana terdapat bebe...

Update! Biaya Umroh 2024, Cek Rinciannya di Jejak Imani!

Kamis, 15 Februari 2024

Update! Biaya Umroh 2024, Cek Rinciannya di Jejak Imani!

Biaya Umroh 2024 - Tahun 2024 telah memasuki bulan keduanya yaitu Februari. Inilah waktu yang tepat bagi para calon jemaah untuk berniat dan...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang, Sumatera Selatan 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Cimanuk No. 3, RT.008/RW.19, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087720027100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrohman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087820021100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)

081519898880 (Tiara)


Kemitraan & Cabang

087820021100 (Putri)

jejakimani@gmail.com