Ditinjau oleh Ustadz H. Jundi Imam Syuhada, Lc., M.IRK. / Senin, 15 Januari 2024

Raudhah, salah satu tempat mulia untuk berdoa dan beribadah di dalam Masjid Nabawi. Tempat tersebut menjadi incaran bagi seluruh jamaah haji dan umroh yang berkunjung ke Kota Madinah, khususnya Masjid Nabawi. Dengan itu, maka pemerintah Arab Saudi memberlakukan sistem masuk ke Raudhah.

 

Namun sebenarnya tempat seperti apakah raudhah itu? Dan mengapa para jemaah berbondong-bondong berkunjung ke Raudhah? Hal-hal apa saja yang dilakukan di Raudhah? Simak selengkapnya di bawah ini.

 

Apa Itu Raudhah?

Raudhah adalah suatu tempat yang berada di masjid Nabawi, letaknya antara rumah Nabi dan mimbar masjid. Dahulu, Raudhah adalah tempat Rasulullah ﷺ menyampaikan dakwah, mendapat wahyu serta tempat shalat hingga akhir hayat beliau. Para sahabat juga beribadah di area tersebut.

 

Secara bahasa, Raudhah artinya kebun atau taman. Rasulullah menyebutkan bahwa tempat tersebut atau Raudhah merupakan taman dari beberapa taman surga, Sebagaimana dalam hadits berikut,

 

مَا بَيْنَ بَيْتِي وَمِنْبَرِي رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ

 

Artinya: “Tempat di antara rumahku (makam) dan mimbarku ini adalah Raudhah (kebun) di antara beberapa taman surga.” (HR. Bukhari)

 

Baca Juga: 5 Rukun Umroh yang Wajib Kamu Ketahui!

Keutamaan Raudhah

Umat Islam berlomba untuk memperbanyak ibadah di area tersebut karena Raudhah merupakan tempat yang mulia untuk beribadah. Banyak keutamaan yang didapat ketika beribadah di tempat mulia tersebut. 

 

Beberapa pendapat menyebutkan bahwa Raudhah merupakan taman-taman surga yang nantinya akan dipindahkan ke surga, sehingga menjadi sebab seseorang masuk ke surga. Ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa Raudhah adalah ibarat taman-taman di surga, siapa yang beribadah di tempat itu akan merasakan ketenangan.

 

Rasulullah ﷺ bersabda bahwa sholat di Masjid Nabawi akan mendapatkan 1000 kebaikan atau dapat dibaca dalam hadits riwayat berikut, 

 

صَلاَةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ، إِلَّا المَسْجِدَ الحَرَام

 

Artinya: "Satu sholat di masjid saya (Masjid Nabawi) ini lebih baik daripada seribu sholat di tempat lain, kecuali Masjidil Haram."

 

Raudhah merupakan salah satu area di masjid Nabawi sehingga siapa yang sholat di sana, insya Allah akan mendapat keutamaan tersebut. 

 

raudhah artinya taman-taman surga
Dokumentasi Jejak Imani 

 

Bacaan Doa di Raudhah

Umat Muslim meyakini Raudhah sebagai salah satu tempat mustajab untuk berdoa. Ibadah yang umum dilakukan di Raudhah yaitu memperbanyak dzikir, istighfar, berdoa, baca Quran dan sholat sunnah.

 

Mengingat adanya batasan waktu berkunjung, maka kita harus memaksimalkan ibadah ketika di Raudhah. Sahabat dapat melaksanakan shalat sunnah tahiyatul masjid. Kemudian dapat dilanjutkan dengan shalat sunnah taubat atau shalat sunnah mutlak. Sahabat dapat memanjatkan doa maupun hajat diri sendiri, keluarga dan teman.

 

Sebelum meninggalkan area ini nantinya akan melewati makam Nabi ﷺ. Saat itulah, kita juga dianjurkan untuk memberi salam dengan mengucap bacaan ini saat di Raudhah: 

 

السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ، السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا خِيْرَةَ اللهِ مِنْ خَلْقِهِ، السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا حَبِيْبَ اللهِ، السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا سَيِّدَ المُرْسَلِيْنَ وَخَاتَمَ النَّبِيِّيْنَ، السَّلَامُ عَلَيْكَ وَعَلَى آلِكَ وَأَصْحَابِكَ وَأَهْلِ بَيْتِكَ وَعَلَى النَّبِيِّيْنَ وَسَائِرِ الصَّالِحِيْنَ

 

Artinya: "Salam sejahtera bagimu wahai Rasulullah, salam sejahtera bagimu wahai makhluk pilihan Allah, salam sejahtera bagimu wahai kekasih Allah, salam sejahtera bagimu wahai penghulu para rasul dan penutup para nabi, salam sejahtera bagimu, keluargamu, sahabatmu, anggota keluargamu, para nabi, dan semua orang saleh.”

 

Anjuran ini juga dijelaskan dalam Surat Al-Ahzab ayat 56  :

 

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا 

 

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

 

Baca Juga: Jejak Imani, Solusi Ibadah Umroh Lebih Aman di Tanah Suci!

 

Selanjutnya, di sebelah makam Nabi terdapat makam Abu Bakar dan Umar RA. Saat melewatinya dianjurkan untuk mengucap salam kepada Abu Bakar RA dengan lafal :

 

السَلَامُ عَلَيْكَ يَا أَبَا بَكْرٍ  , السَلَامُ عَلَيْكَ يَا خَلِيْفَةَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَصَفِيَّهِ وَثَانِيَهِ فِي الغَارِ جَزَاكَ اللهُ عَنْ أُمَّةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرًا

 

Artinya: “Salam sejahtera bagimu, wahai Abu Bakar, salam sejahtera atasmu wahai penerus Rasulullah di umatnya, semoga Allah meridhoi dan membalasmu dengan kebaikan atas umat Muhammad

 

Terakhir mengucap salam pada Umar bin Khattab RA dengan lafal :

 

سَلَامُ عَلَيْكَ يَا أَمِيْرَ المُؤْمِنِيْنَ٬ عُمَرُ الفَارُوْقُ٬ الَّذِيْ أَعَزَّ اللهُ بِهِ الإِسْلَامَ جَزَاكَ اللهُ عَنْ أُمَّةِ نَبِيِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرًا

 

Artinya: “Salam sejahtera wahai ‘Umar, wahai pemimpin orang-orang beriman, semoga Allah meridhoi dan membalasmu dengan kebaikan atas umat Muhammad ﷺ”

 

Semoga dari pembahasan ini, ketika kita ditakdirkan untuk berkunjung ke sana dapat mengucapkan doa di Raudhah. Sahabat dapat doa di Raudhah ketika berkunjung ke Masjid Nabawi dalam rangkaian ibadah haji dan umroh. Tidak perlu khawatir akan sistem masuk yang diberlakukan karena tim Jejak Imani akan membantu supaya jamaah dapat mendapat keutamaan area yang suci tersebut.

 

Untuk yang berniat umroh namun tidak dalam waktu dekat, Sahabat dapat mempersiapkan sejak sekarang dengan menabung. Cukup dengan Rp 32.000 per hari, impian ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan program Tabungan Umroh di Jejak Imani yang bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). Program ini insya Allah aman dan transparan yang mempermudah jalan Sahabat untuk umroh.

 

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh dan Wisata Halal lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

 

Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Artikel Lainnya

Mengenal Zakat Fitrah, Niat, Hukum, Besaran Hingga Waktunya

Sabtu, 6 April 2024

Mengenal Zakat Fitrah, Niat, Hukum, Besaran Hingga Waktunya

Di antara rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim adalah membayar zakat. Salah satunya adalah zakat fitrah. Namun, zakat fitr...

Jejak Imani | Puasa Arafah, Bagaimana Niat dan Doanya?

Jumat, 24 Mei 2024

Jejak Imani | Puasa Arafah, Bagaimana Niat dan Doanya?

Sebentar lagi umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha dan dapat mengerjakan salah satu sunah di dalamnya yaitu Puasa Arafah. Amalan in...

Mau Tips Travelling Terbang Jarak Jauh? Cek Tips Jejak Imani

Senin, 29 Januari 2024

Mau Tips Travelling Terbang Jarak Jauh? Cek Tips Jejak Imani

Bila Sahabat akan travelling ke luar negeri, umumnya akan membutuhkan waktu berjam-jam perjalanan di pesawat. Begitupun ketika akan ibadah h...

Jangan Hanya Berpuasa, Pahami Juga Hikmah Puasa Ramadhan!

Jumat, 22 Maret 2024

Jangan Hanya Berpuasa, Pahami Juga Hikmah Puasa Ramadhan!

Hikmah puasa Ramadhan bukan hanya sebatas menahan hawa nafsu, terdapat banyak hikmah lain dalam melaksanakan puasa. Badan lebih sehat merupa...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang, Sumatera Selatan 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Cimanuk No. 3, RT.008/RW.19, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087720027100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrohman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087820021100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)

081519898880 (Tiara)


Kemitraan & Cabang

087820021100 (Putri)

jejakimani@gmail.com