Ditinjau oleh Ustadz H. Jundi Imam Syuhada, Lc., M.IRK. / Jumat, 23 Februari 2024

Bulan Ramadhan adalah satu dari bulan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim. Pada bulan Ramadhan umat Muslim akan mengerjakan puasa selama satu bulan penuh dan dapat mengerjakan ibadah sunnah khusus bulan tersebut seperti tarawih.

 

Anjuran puasa Ramadhan juga terdapat dalam Al-Quran, Allah ﷻ berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183.

 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

 

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.”

 

Keutamaan Bulan Ramadhan

1. Bulan yang Penuh Berkah

Keutamaan bulan Ramadhan yang pertama adalah penuh berkah. Dalam salah satu riwayat Nabi Muhammad ﷺ bersabda.

 

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR. An-Nasai)

 

2. Diampuni Dosa

Keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya ialah diampuni dosa-dosa yang telah lalu sebagaimana yang disabdakan Nabi Muhammad ﷺ.

 

"Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari Muslim).

 

Selain itu, dalam riwayat lain Rasulullah ﷺ bersabda.

 

"Sholat lima waktu dan Jum'at ke Jum'at berikutnya, Ramadhan, ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim).

 

 

3. Keutamaan Bulan Ramadhan Pahala Berlipat

 

pahala di setiap ibadah akan dilipat gandakan di bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan yang ketiga adalah pahala dilipatgandakan. Nabi Muhammad ﷺ bersabda.

 

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku." (HR. Muslim).

 

4. Mendapatkan Kebahagiaan

Keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya ialah mendapatkan kebahagiaan. Nabi Muhammad ﷺ bersabda.

 

"Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya." (HR. Muslim).

 

5. Dibukanya Pintu Surga

Dan keutamaan bulan Ramadhan yang terakhir adalah dibukanya pintu surga. Dari Abu Hurairah ra., Nabi Muhammad bersabda.

 

"Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai." (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Itu dia berbagai keutamaan bulan Ramadhan serta penjelasannya. Bila memasuki bulan Ramadhan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu keutamaan yang terdapat pada bulan Ramadhan agar lebih mempersiapkan diri dan juga memaksimalkan ibadah terbaik selama Ramadhan.

 

Teruntuk umat muslim yang sedang mempersiapkan bulan Ramadhan pada tahun ini, dapat mulai mempersiapkan dan mempelajari ibadah-ibadah sunnah di bulan Ramadhan, salah satunya umroh. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah  ﷺ bersabda mengenai keistimewaan umroh di bulan Ramadhan:

 

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

 

“Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku” (HR. Bukhari).

 

Bagi sahabat yang berencana umroh di bulan Ramadhan bisa dengan melakukan pencarian Paket Umroh Ramadhan 2024 mulai sekarang. Mengingat Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari.

 

Jejak Imani memiliki Paket Umroh Ramadhan 2024 dengan beragam program dan tanggal keberangkatan. Beberapa di antaranya adalah umroh di awal ramadhan, umroh ramadhan bersama Ustadz Salim A. FIllah, Umroh Itikaf selama 17 hari dan masih banyak lagi. Sahabat bisa mengunjungi halaman umroh untuk mengetahui beragam Paket Umroh Ramadhan 2024 dengan keberangkatan mulai Maret hingga April 2024.

 

Untuk yang berniat umroh namun tidak dalam waktu dekat, Sahabat dapat mempersiapkan sejak sekarang dengan menabung. Cukup dengan Rp 32.000 per hari, impian ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan program Tabungan Umroh di Jejak Imani yang bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). Program ini insya Allah aman dan transparan yang mempermudah jalan Sahabat untuk umroh.

 

Semoga dengan meniatkan dan berupaya mengikuti program tabungan umroh, kita ditakdirkan untuk berkunjung ke Baitullah untuk beribadah umroh maupun haji.  

 

Haji saat ini membutuhkan waktu tunggu hingga puluhan tahun. Maka dari itu, jika telah merasa syarat wajib haji terpenuhi, ada baiknya untuk menyegerakan dan berniat untuk melaksanakannya.  

 

Melihat hal tersebut, Jejak Imani sebagai travel haji terbaik menyediakan beragam paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat hingga haji tanpa antrian. Dapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5.

 

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh dan Wisata Halal lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

 

Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Artikel Lainnya

4 Perbedaan Haji dan Umroh

Rabu, 6 Desember 2023

4 Perbedaan Haji dan Umroh

Haji dan umroh merupakan dua ibadah yang sangat dinantikan dan dirindukan oleh set...

Update! Biaya Umroh 2024, Cek Rinciannya di Jejak Imani!

Kamis, 15 Februari 2024

Update! Biaya Umroh 2024, Cek Rinciannya di Jejak Imani!

Biaya Umroh 2024 - Tahun 2024 telah memasuki bulan keduanya yaitu Februari. Inilah waktu yang tepat bagi para calon jemaah untuk berniat dan...

Amalan Sunnah Hari Tarwiyah Bagi Jamaah Haji

Jumat, 14 Juni 2024

Amalan Sunnah Hari Tarwiyah Bagi Jamaah Haji

Dalam rangkaian ibadah haji, ada yang masuk ke dalam kategori rukun, wajib dan sunnah. Salah satu sunnah haji adalah melaksanakan Tarwiyah, ...

Arafah Tempat Wukuf dalam Rangkaian Ibadah Haji

Rabu, 12 Juni 2024

Arafah Tempat Wukuf dalam Rangkaian Ibadah Haji

Ketika disebut Arafah maka tentu bagi setiap muslim nama ini adalah nama yang tidak asing lagi. Arafah menjadi salah satu nama yang akan sel...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang, Sumatera Selatan 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Cimanuk No. 3, RT.008/RW.19, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087720027100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrohman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087820021100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)

081519898880 (Tiara)


Kemitraan & Cabang

087820021100 (Putri)

jejakimani@gmail.com