Ditinjau oleh Ustadz H. Jundi Imam Syuhada, Lc., M.IRK. / Minggu, 31 Desember 2023

Dalam mewujudkan ibadah haji, umat muslim membutuhkan waktu puluhan tahun, biaya dan fisik yang kuat. Oleh karenanya, setiap umat muslim yang berkesempatan haji selalu berupaya untuk menjadikannya sah dan haji mabrur. Salah satu caranya dengan tidak melakukan larangan haji. Allah ﷻ telah berfirman tentang beberapa larangan haji pada surat Al-Baqarah ayat 197 bahwa :

 

اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوْقَ وَلَا جِدَالَ فِى الْحَجِّۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللّٰهُۗ وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ 

 

Artinya: (Musim) haji itu (berlangsung pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Siapa yang mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, janganlah berbuat rafaṡ, berbuat maksiat, dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala kebaikan yang kamu kerjakan (pasti) Allah mengetahuinya. Berbekallah karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat.

 

Larangan Haji

Terdapat 10 larangan haji yang perlu diketahui oleh calon jemaah haji supaya terhindar dari hukuman dan menjadikan ibadahnya sah. Seluruh larangan haji ini berlaku ketika jemaah dalam keadaan ihram. Berikut ini merupakan larangan haji bagi laki-laki dan perempuan yang perlu diketahui :

  1. Memakai pakaian dengan jahitan bagi laki-laki.
  2. Memakai penutup kepala bagi laki-laki.
  3. Memakai penutup wajah bagi perempuan.
  4. Memotong dan mencukur rambut dan bulu.
  5. Memotong kuku.
  6. Menggunakan wewangian atau parfum di badan maupun pakaian.
  7. Berburu binatang dan memakan hasil buruan tersebut.
  8. Melangsungkan akad nikah baik termasuk menjadi saksi atau wali nikah.
  9. Berhubungan badan.
  10. Bermesraan dengan syahwat.

 

Sanksi Melanggar Larangan Haji

Barang siapa yang melanggar larangan-larangan haji akan mendapatkan sanksi bahkan hingga menjadikan ibadahnya tidak sah. Adapun sanksinya beragam, sesuai dengan pelanggarannya. Sanksi melanggar larangan haji yaitu menyembelih binatang, berpuasa, membayar fidyah. 

 

Sanksi paling berat yaitu menyembelih unta bagi yang berhubungan badan. Adapun jika pilihan terakhir jika tidak menemukan hewan sembelihan maka hendaknya ia berpuasa tiga hari di waktu haji dan tujuh hari sekembalinya dari haji. Berdasarkan firman Allah ﷻ dalam Al Baqarah ayat 196:

 

فَمَن تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ إِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ ۚ فَمَن لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ فِي الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ إِذَا رَجَعْتُمْ

 

“…Maka bagi siapa yang ingin mengerjakan umrah sebelum haji (di dalam bulan Haji), (wajiblah ia menyembelih) kurban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan (binatang kurban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali...” 

 

Demikian penjelasan mengenai larangan haji yang perlu diketahui sebelum menjadi tamu Allah ﷻ di Baitullah.  Jika telah merasa syarat wajib haji terpenuhi, ada baiknya untuk menyegerakan dan berniat untuk melaksanakannya. Langkah selanjutnya yang bisa sahabat lakukan adalah mencari travel haji terpercaya. Jejak Imani sebagai travel haji terbaik menyediakan beragam paket haji yang menyesuaikan dengan kebutuhan sahabat.  

 

Namun untuk Sahabat yang rindu Tanah Suci dan belum memasuki waktu pelaksanaan ibadah haji, ada baiknya untuk melakukan umroh terlebih dahulu karena ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja dan tidak terbatas oleh waktu tertentu. 

 

Sebelum merencanakan ibadah umroh, sebaiknya calon tamu Allah ﷻ memperhatikan terlebih dahulu persyaratan dan tata cara umroh agar ibadah umroh insya Allah sah (mabrur). Langkah selanjutnya adalah mencari paket umroh terbaik. Jejak Imani juga menyediakan berbagai pilihan paket umroh dengan berbagai tanggal keberangkatan. Sedangkan, untuk jemaah yang ingin mengatur waktu keberangkatan, memilih hotel dan durasi ibadah di Tanah Suci juga bisa dengan umroh privat Jejak Imani. Tim kami akan siap memberikan informasi dan mengatur keberangkatan sahabat.

 

Tidak perlu khawatir atau takut akan biaya umroh, karena siapa saja bisa umroh. Dengan tabungan umroh di Jejak Imani yang telah bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia, sahabat bisa menyisihkan uang setiap harinya untuk mewujudkan impian beribadah ke Tanah Suci.

 

Tanah Suci, Kota Makkah dan Madinah merupakan kota yang sangat diridhai Allah ﷻ dan memiliki beragam sejarah bagi Rasulullah ﷺ. Namun selain kedua kota tersebut, ada beragam negara lain yang menyimpan sejarah beliau. Yordania merupakan salah satunya.

 

Di Yordania, terdapat sebuah pohon yang sangat rimbun dan dianggap sebagai saksi sekaligus ‘sahabat’ Nabi Muhammad ﷺ. Pasalnya pohon tersebut merupakan tempat berteduh beliau ketika menjaga perjalanan dagang bersama sang paman, Abu Thalib. Pohon tersebut bernama pohon Sahabi atau masyarakat Makkah menyebutnya dengan Al Buqayawiyya yang berarti pohon yang diberkahi. 

 

Umur pohon Sahabi yang lebih dari 1400 tahun itu menjadikannya sebagai ‘sahabat’ Rasul yang masih hidup. Oleh karenanya banyak umat muslim yang ingin belajar dan melihat langsung pohon tersebut. Bagi Sahabat yang ingin belajar sejarah Islam dengan mengunjungi maqom para Nabi, dapat berangkat bersama paket wisata halal di Jejak Imani. Untuk informasi lebih detail dapat tanya dan konsultasi di link berikut ini.

 

Ingin perjalanan ibadah ke Tanah Suci atau berkunjung ke negara-negara Islam lebih nyaman dan berkesan? Jejak Imani jawabannya. 

 

Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Artikel Lainnya

4 Perbedaan Haji dan Umroh

Rabu, 6 Desember 2023

4 Perbedaan Haji dan Umroh

Haji dan umroh merupakan dua ibadah yang sangat dinantikan dan dirindukan oleh set...

Tidak Ada Mushola di Pesawat? Ikuti Caranya Sholat di Pesawat

Jumat, 26 Juli 2024

Tidak Ada Mushola di Pesawat? Ikuti Caranya Sholat di Pesawat

Seseorang yang sedang safar tetaplah harus menunaikan kewajiban sholatnya. Namun muncul pertanyaan perihal bagaimana cara sholat ketika dala...

Lakukan Sunnah-sunnah Haji Ini Agar Ibadah Lebih Sempurna

Sabtu, 10 Agustus 2024

Lakukan Sunnah-sunnah Haji Ini Agar Ibadah Lebih Sempurna

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa amalan sunnah adalah amalan yang apabila dikerjakan aka...

Apa Saja Hikmah Haji? Makna dan Berkahnya Bagi Umat Muslim

Jumat, 22 Desember 2023

Apa Saja Hikmah Haji? Makna dan Berkahnya Bagi Umat Muslim

Setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah ﷻ mengandung hikmah dibaliknya. Sebaga...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang, Sumatera Selatan 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Cimanuk No. 3, RT.008/RW.19, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087720027100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrohman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087820021100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)

081519898880 (Tiara)


Kemitraan & Cabang

087820021100 (Putri)

jejakimani@gmail.com