Ditinjau oleh Ustadz H. Jundi Imam Syuhada, Lc., M.IRK. / Selasa, 9 Januari 2024

Perjalanan umroh umumnya dilakukan selama 9 hingga 12 hari. Meski terbilang singkat, namun jamaah khususnya wanita, perlu mempersiapkan perlengkapan umroh sebelum keberangkatan. Lantas apa saja perlengkapan umroh wanita yang perlu dibawa dan tidak boleh ditinggalkan? Simak di bawah ini.

 

10 Perlengkapan Umroh Wanita

Wanita cenderung membutuhkan perlengkapan lebih banyak saat bepergian. Sama halnya ketika umroh, ada beberapa perlengkapan umroh wanita yang membedakan dengan laki-laki dan itu semua wajib dibawa. Adapun untuk perlengkapan umroh wanita adalah pakaian ihram, mukena, pembalut dan sebagainya yang akan dijelaskan lebih rinci di bawah ini. 

 

1. Pakaian Ihram

Barang pertama yang tidak boleh tertinggal adalah pakaian Ihram. Saat pengambilan niat umroh di miqat, wajib menggunakan pakaian ihram sesuai tuntunan. Berbeda dengan laki-laki yang hanya menggunakan dua kain tanpa jahitan, untuk wanita diperbolehkan menggunakan pakaian yang menutup aurat.

 

Intensitas penggunaan pakaian ihram cenderung tinggi, sehingga ada baiknya untuk membawa lebih dari satu. Untuk sahabat yang melakukan perjalanan umroh bersama Jejak Imani, akan mendapatkan pakaian ihram yang sesuai syariat. 

 

2. Mukena

Sahabat yang ingin dan terbiasa sholat menggunakan mukenah dianjurkan untuk membawa dari rumah. Masjid di Tanah Suci jarang menyediakan mukenah karena wanita Makkah terbiasa sholat tanpa mukena. Bagian tubuh wanita yang boleh terlihat saat shalat adalah wajah dan kedua telapak tangan sehingga sholat menggunakan baju menutup aurat, kerudung yang menutup dagu dan kaos kaki sudah cukup memenuhi syarat. 

 

3. Buku Panduan dan Doa

Tanah suci merupakan salah satu tempat yang mustajab untuk berdoa. Maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut dengan memperbanyak doa terutama di Masjidil Haram. Sahabat bisa membawa buku doa dari Indonesia agar lebih memahami makna dari doa yang terucap.

 

Baca Juga: Perlengkapan Umroh Pria, Apa Saja yang Perlu Dibawa?

4. Pakaian

Terdiri dari pakaian dalam, pakaian sehari-hari hingga pakaian tidur. Sahabat hanya perlu membawa secukupnya, karena jika pergi umroh bersama Jejak Imani akan mendapatkan layanan laundry gratis. 

 

5. Pembalut dan Pantyliner

Peralatan umroh wanita yang wajib dibawa adalah pembalut maupun pantyliner. Tidak hanya sebagai penampung darah ketika haid, namun fungsinya untuk mencegah pakaian dalam terkena najis keputihan.

 

6. Kaos Kaki

Jemaah wanita dianjurkan untuk membawa beberapa pasang kaos kaki. Selain fungsinya sebagai penghangat, kaos kaki juga penting untuk menutup aurat hingga digunakan ketika shalat. 

 

Baca Juga: 5 Rukun Umroh yang Wajib Kamu Ketahui!

7. Alas Kaki 

Bawalah alas kaki yang nyaman untuk digunakan sehari-hari. Sahabat juga akan diajak berjalan kaki di beberapa tempat ziarah, sehingga penting untuk menggunakan alas kaki yang nyaman. 

 

8. Skincare & Bodycare

Kota Makkah sendiri terkenal akan cuacanya yang panas. Bahkan suhu tertinggi di sana dapat mencapai 44 derajat celcius. Oleh karena itu, jemaah wanita dianjurkan untuk memakai tabir surya dan pelembab untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. 

 

Sedangkan untuk menjaga kesehatan bibir, tentunya harus menggunakan lip balm atau pelembab bibir untuk melembabkan bibir agar tidak kering hingga pecah-pecah. Jemaah juga dapat memilih lip balm dengan SPF, sehingga dapat melindungi bibir dari paparan sinar UV yang mana jika terlalu sering terpapar dapat menyebabkan bibir menghitam atau terbakar.

 

Selain wajah, tentunya juga harus memperhatikan tangan dan kaki yaitu dengan menggunakan berbagai pilihan bodycare. Jemaah dapat membawa hand cream, body lotion atau body cream untuk melembabkan badan, tangan dan kaki.

 

Adapun untuk menjaga kebersihan tubuh dan mengatasi badan lengket karena cuaca panas, Sahabat perlu membawa perlengkapan mandi seperti sabun, shampo, pasta gigi, sikat gigi dan sabun wajah. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah untuk membersihkan segala sesuatu karena Islam dibangun atas kebersihan.

 

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ

 

Artinya: "Bersihkanlah segala sesuatu semampu kamu. Sesungguhnya Allah Ta'ala membangun Islam ini di atas dasar kebersihan dan tidak akan masuk surga kecuali setiap yang bersih." (HR. Ath-Thabrani).

 

9. Kacamata dan Masker

Meski akhir-akhir ini tanah di Arab menjadi sorotan karena gurun-gurun mulai menghijau. Namun masih terdapat beberapa titik yang berbatu, gersang dan berbatu. Dengan membawa kacamata dan masker, sahabat dapat terlindung dari debu dan panas siang hari.

 

Baca Juga: Apa Itu Bassinet? Gunakan Ini Ketika Travelling Dengan Bayi!

10. Obat-obatan Pribadi 

Peralatan umroh wanita terakhir yaitu obat-obatan pribadi. Mengingat perbedaan cuaca dengan Indonesia maka bawalah obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan. 

 

Itulah sepuluh perlengkapan umroh wanita yang perlu sahabat siapkan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Semoga rekomendasi ini dapat membantu sahabat dalam mempersiapkan perlengkapan umroh. Adapun untuk sahabat yang berangkat umroh bersama Jejak Imani, juga akan mendapat perlengkapan umroh wanita seperti koper, tas kecil, khimar, kerudung, lanyard, pouch, buku panduan, outer dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih detail mengenai paket umroh Jejak Imani, dapat dicek melalui link ini. 

 

Selain umroh, Jejak Imani juga memiliki beragam paket haji mulai dari tanpa tunggu hingga antrian 5-8 tahun. Sahabat yang berangkat haji bersama Jejak Imani juga akan mendapatkan berbagai perlengkapan haji wanita untuk memfasilitasi sahabat beribadah lebih nyaman di Tanah Suci.

 

Ingin perjalanan ibadah ke Tanah Suci atau berkunjung ke negara-negara Islam lebih nyaman dan berkesan? Jejak Imani jawabannya. 

 

Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Artikel Lainnya

Jejak Imani | Sunah Berkurban yang Perlu Diketahui, Apa Saja Itu?

Senin, 20 Mei 2024

Jejak Imani | Sunah Berkurban yang Perlu Diketahui, Apa Saja Itu?

Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Ibadah qurban bukan hanya sekedar penyembelihan hewan ternak biasa. Namun disertai dengan tata ...

Hukum & Pengertian Qurban, Tidak Hanya Soal Menyembelih Hewan

Minggu, 19 Mei 2024

Hukum & Pengertian Qurban, Tidak Hanya Soal Menyembelih Hewan

Idul Adha identik dengan melakukan qurban yang mana hanya terjadi setahun sekali. Awal mula Qurban dilakukan pada zaman Nabi Ibrahim As dan ...

Melewati 2-3 Waktu Sholat di Pesawat, Bagaimana Cara Sholatnya?

Jumat, 26 Juli 2024

Melewati 2-3 Waktu Sholat di Pesawat, Bagaimana Cara Sholatnya?

Ketika sedang melakukan perjalanan jauh, umat Islam tidak boleh sekalipun meninggalkan shalat. S...

Kapan Waktu Wukuf di Arafah?

Rabu, 12 Juni 2024

Kapan Waktu Wukuf di Arafah?

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam artikel-artikel sebelumnya bahwa wukuf di Arafah termasuk dalam inti dari rangkaian ibadah haji. Nam...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang, Sumatera Selatan 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Cimanuk No. 3, RT.008/RW.19, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087720027100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrohman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087820021100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)

081519898880 (Tiara)


Kemitraan & Cabang

087820021100 (Putri)

jejakimani@gmail.com