Minggu, 5 Mei 2024

Perjalanan umroh umumnya dilakukan selama 9 hingga 12 hari. Meski terbilang singkat, namun jemaah umroh pria maupun wanita perlu mempersiapkan perlengkapan umroh sebelum keberangkatan. Lantas apa saja perlengkapan umroh yang perlu dibawa dan tidak boleh ditinggalkan? Simak di bawah ini.

 

Perlengkapan Umroh Pria

Barang bawaan pria selama bepergian cenderung lebih sedikit dibandingkan wanita. Namun, ada beberapa perlengkapan umroh pria yang wajib dibawa. Contohnya ihram, sabuk umroh, alat cukur dan lain sebagainya.

 

1. Ihram

Pertama, perlengkapan umroh laki-laki adalah kain ihram. Barang ini wajib dibawa karena menjadi salah satu syarat dalam rukun umroh. Kain ihram bagi laki-laki terdiri dari 2 lembar kain tanpa jahitan untuk menutup badan bagian atas dan bawah.  

 

Pemakaian kain ihram bagian atas yaitu diselendangkan di bahu. Sedangkan pemakaian kain ihram bagian bawah sama seperti dengan menggunakan sarung. Selama berihram, ada beberapa hal yang haram untuk dilakukan. Contohnya mencukur rambut.  

 

2. Sabuk  

Bagi jemaah laki-laki yang pertama kali umroh atau takut kain ihram turun, disarankan untuk membawa sabuk. Penggunaan sabuk diperbolehkan ketika menggunakan kain ihram.

 

3. Pakaian Sehari-hari

Setelah tahalul, jemaah laki-laki dapat melepas ihram dan menggunakan pakaian ssehari-hari untuk beribadah ataupun beraktivitas. Tidak perlu membawa pakaian terlalu banyak karena akan mendapatkan fasilitas laundry di Tanah Suci bagi jemaah Jejak Imani.

 

Jamaah laki-laki dapat membawa 2-3 potong celana dan pakaian untuk beraktivitas serta 2 set baju tidur. Mengingat suhu yang tinggi di Tanah Suci, dianjurkan untuk membawa celana bahan dan baju koko berbahan katun serta kaos.

 

4. Alat Cukur

Pertumbuhan rambut pada pria cenderung lebih cepat dibandingkan wanita, terutama di area wajah. Oleh karenanya, dianjurkan untuk membawa alat cukur sederhana untuk merapikan kumis dan jenggot selama umroh.

 

5. Alat mandi

Umumnya hotel menyediakan perlengkapan mandi untuk para jemaah seperti sabun, shampoo dan pasta gigi. Namun ada baiknya membawa perlengkapan mandi sendiri karena ada juga hotel yang hanya menyediakan handuk. Terutama bagi jemaah yang memiliki kulit sensitif ada baiknya untuk membawa perlengkapan mandi sabun, shampoo, sabun wajah, pasta gigi, sikat gigi.  

 

6. Skin dan Body Care

Tingginya suhu kota Makkah, mengharuskan jemaah menggunakan tabir surya, pelembab wajah dan bibir untuk melindungi dari sinar UV. Menggunakan hand cream dan body cream juga penting untuk melindungi dan melembabkan badan, tangan hingga kaki.  

 

Serangkaian skin dan body care ini cenderung digunakan oleh wanita. Namun para jemaah pria juga dianjurkan untuk membawa dan memakainya selama umroh supaya terhindar dari kulit kering dan efek jangka panjang lainnya.

 

7. Sandal Sehari-hari

Gunakan sandal yang nyaman selama di Tanah Suci karena akan kerap berjalan kaki setiap harinya. Sahabat akan berjalan kaki ketika city tour atau dari hotel menuju masjid dan sebaliknya.  

 

Jangan lupa membawa plastik untuk membungkus sandal supaya dapat dibawa ke dalam masjid. Hal tersebut berguna agar Sahabat tidak kesusahan mencari sandal.

 

8. Jaket

Perlengkapan umroh pria selanjutnya adalah jaket. Kota Makkah memang terkenal akan cuacanya yang panas, namun Sahabat tetap dianjurkan untuk membawa jaket.  

 

Jaket ini nantinya berguna selama perjalanan di pesawat hingga kegiatan sholat tahajud bersama di Tanah Suci. Terutama bagi yang umroh di musim dingin pada Desember hingga Februari.

 

 

9. Kacamata dan masker

Perlengkapan umroh pria yang tak kalah pentingnya adalah kacamata hitam dan masker. Sahabat dapat memakai kacamata hitam dan masker ketika city tour untuk menghalau teriknya sinar matahari dan debu di Tanah Suci.

 

10. Buku Do’a

Sahabat dapat berdoa secara mandiri di Tanah Suci. Namun tidak ada salahnya jika membawa buku panduan dan doa dari Indonesia. Bagi Sahabat yang berangkat umroh bersama Jejak Imani akan mendapatkan buku panduan dan buku doa.

 

11. Obat-obatan yang Cocok atau Biasa Digunakan

Beberapa travel umroh memang menyediakan obat-obatan di P3K. Namun obat-obatan pribadi perlu masuk ke perlengkapan umroh pria.

 

Itulah perlengkapan umroh pria yang perlu dibawa dan insyaAllah akan berguna saat di Tanah Suci. Semoga rekomendasi ini dapat membantu sahabat dalam mempersiapkan perlengkapan umroh.  

 

Sahabat yang berangkat umroh bersama Jejak Imani, juga akan mendapat perlengkapan umroh pria lainnya seperti koper, tas kecil, kain ihram, lanyard, pouch, buku panduan, outer dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih detail mengenai paket umroh Jejak Imani, dapat mengunjungi halaman umroh.

 

Sahabat juga dapat melaksanakan ibadah haji dan napak tilas maqom para Rasul dengan wisata halal di Jejak Imani. Jadi tunggu apalagi segera tanya dulu, konsultasi gratis dengan tim Jejak Imani.

 

Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Artikel Lainnya

Sedang Haid, Bagaimana Meraih Lailatul Qadar?

Jumat, 5 April 2024

Sedang Haid, Bagaimana Meraih Lailatul Qadar?

Haid bukanlah petaka atau pun sesuatu yang menjadikan wanita menjadi rendah dan tidak terhormat, sebab haid adalah bagian dari kebaikan yang...

Simak Keistimewaan Lailatul Qadar, Jangan Sampai Terlewat!

Rabu, 3 April 2024

Simak Keistimewaan Lailatul Qadar, Jangan Sampai Terlewat!

Lailatul Qadar merupakan salah satu malam di bulan Ramadhan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim. Demi mendapatkan malam tersebut, umat M...

Umroh Grup Keramaian? Pilih Umroh Private Hanya di Jejak Imani

Selasa, 9 Januari 2024

Umroh Grup Keramaian? Pilih Umroh Private Hanya di Jejak Imani

Umroh menjadi solusi umat muslim dalam mengobati kerin...

Jejak Imani | Qurban Mana yang Lebih Utama? Kambing, Sapi atau Unta?

Sabtu, 1 Juni 2024

Jejak Imani | Qurban Mana yang Lebih Utama? Kambing, Sapi atau Unta?

Berkurban adalah menyembelih hewan sembelihan di hari-hari tasyrik dengan niat mendekatkan diri kepada Allah, dan syariat b...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang, Sumatera Selatan 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Cimanuk No. 3, RT.008/RW.19, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087720027100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrohman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087820021100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)

081519898880 (Tiara)


Kemitraan & Cabang

087820021100 (Putri)

jejakimani@gmail.com