Ditinjau oleh Ustadz H. Jundi Imam Syuhada, Lc., M.IRK. / Jumat, 19 Januari 2024

Haji tamattu adalah salah satu dari 3 jenis haji yang dapat dilakukan umat islam. Jenis-jenis tersebut ada karena perbedaan jadwal kedatangan di Makkah. Meskipun memiliki perbedaan nama, namun ketiga jenis haji tersebut tetap menjalankan rukun haji yang sama.

 

Sebagian besar jamaah asal Indonesia menjalani haji tamattu. Lantas apa pengertian haji tamattu itu sendiri? Bagaimana cara melaksanakannya dan apa yang membedakannya dengan haji lainnya? Simak di bawah ini.

 

Apa Itu Haji Tamattu?

Haji tamattu adalah ibadah haji yang melakukan ritual umroh terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan haji. Haji tamattu ini berlaku untuk jemaah yang datang ke tanah suci di awal waktu atau sekitar bulan Syawal dan Dzulqa'dah.

 

Tamattu sendiri berasal dari kata tamatta’a ; tamatta’a-yatamatta’u-tamattu’an yang memiliki arti bersenang-senang. Maksud bersenang-senang adalah para jemaah dapat bebas beribadah serta terbebas dari larangan orang berihram (tahallul) di jeda antara umroh dan haji tersebut.

 

Tata Cara Haji Tamattu

Tata cara haji tamattu adalah melaksanakan rukun-rukun umroh kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan haji.  

 

1. Melaksanakan Umroh

Sesampainya di Kota Makkah, jemaah haji mengambil niat umroh dengan menggunakan kain ihram, dilanjutkan dengan tawaf, sa’i, mencukur rambut (tahallul) dan tertib. Selagi menunggu datangnya waktu haji, jemaah bebas dari hal-hal yang diharamkan selama ihram.  

 

2. Kegiatan di Antara Umroh dan Haji

Dalam jeda tersebut jemaah dapat memperbanyak ibadah di Masjidil Haram, melakukan umroh lagi, memperbanyak dzikir serta berkeliling Kota Makkah. Begitupun untuk pakaian, jemaah dapat menggunakan pakaian lain selain ihram.

 

3. Melaksanakan Haji

Ketika waktu haji tiba, para jemaah haji tamattu bersiap untuk melaksanakan rukun-rukun haji dan wajib haji dengan menggunakan pakaian ihram. Kemudian mengambil niat dari miqat, wukuf di Arafah, mabit, melontar jumrah, tawaf, sa’i dan mencukur rambut (tahallul) dan tertib.  

 

4. Membayar Dam Haji Tamattu

Umat muslim yang melaksanakan haji tamattu wajib membayar dam (denda), sebagaimana Allah ﷻ berfirman pada Surat Al-Baqarah ayat 196 :

 

فَاِذَآ اَمِنْتُمْۗ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ اِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ فِى الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ اِذَا رَجَعْتُمْۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌۗ ذٰلِكَ لِمَنْ لَّمْ يَكُنْ اَهْلُهٗ حَاضِرِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِࣖ  

 

“Apabila kamu dalam keadaan aman, siapa yang mengerjakan umrah sebelum haji (tamatu’), dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat. Akan tetapi, jika tidak mendapatkannya, dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (masa) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itulah sepuluh hari yang sempurna. Ketentuan itu berlaku bagi orang yang keluarganya tidak menetap di sekitar Masjidil Haram. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Keras hukuman-Nya.”

 

Dari ayat di atas dapat dilihat bahwa dam haji tamattu adalah menyembelih seekor kambing. Jemaah membayar dam saat berada di Kota Makkah dan dilakukan setelah selesai melaksanakan rukun haji.

 

Namun bagi siapa yang tidak mampu, diperbolehkan untuk membayar dengan berpuasa selama 10 hari dengan ketentuan 3 hari puasa di Tanah Suci dan 7 hari sisanya di negara masing-masing.

 

Bagi yang berencana melaksanakan ibadah haji dan ingin waktu tunggu yang lebih singkat, Sahabat dapat melihat paket dan program terbaik khusus yang terdapat di Jejak Imani. Dapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, di halaman haji.  

 

Namun untuk Sahabat yang rindu Tanah Suci dan belum memasuki waktu pelaksanaan ibadah haji, ada baiknya untuk melakukan umroh terlebih dahulu karena ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja dan tidak terbatas oleh waktu tertentu. Sahabat dapat pergi umroh bersama Jejak Imani dengan fasilitas lebih nyaman. Beragam paket umroh hadir untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan tanggal keberangkatan. 

 

Untuk yang berniat umroh namun tidak dalam waktu dekat, Sahabat dapat mempersiapkan sejak sekarang dengan menabung. Cukup dengan Rp 32.000 per hari, impian ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan program tabungan umroh di Jejak Imani yang bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). Program ini insya Allah aman dan transparan yang mempermudah jalan Sahabat untuk umroh.

 

Selama menunggu panggilan haji dan umroh, kita harus terus berdoa untuk segera diundang menjadi tamu-Nya di Baitullah. Selain membutuhkan biaya yang besar, haji dan umroh juga membutuhkan fisik yang kuat. Banyak sekali contoh yang belum berkesempatan haji dan umroh karena terkendala fisik dan usia.  

 

Melihat hal ini, Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus mulai dari 2 jutaan. Dengan biaya tersebut Sahabat sudah dapat mengumrohkan orang tua/keluarga/saudara yang sedang sakit dan tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh di sini.

 

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh dan Wisata Halal lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

 

Semoga bermanfaat!

 

Bagikan:

Artikel Lainnya

Mau Pahala Berlipat? Kerjakan Amalan Sunnah Bulan Ramadhan!

Senin, 4 Maret 2024

Mau Pahala Berlipat? Kerjakan Amalan Sunnah Bulan Ramadhan!

Amalan bulan Ramadhan - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dimana umat Muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan demi mendapatkan pahala ...

98% Jamaah Puas, Jejak Imani Tetap Adakan Training Service Excellence

Minggu, 9 Juni 2024

98% Jamaah Puas, Jejak Imani Tetap Adakan Training Service Excellence

Jejak Imani melakukan survei kepada Jamaah Umroh mengenai tingkat kepuasaan terhadap pelayanan program umroh periode keberangkatan mulai dar...

Syarat Qurban Bagi Umat Islam, Apakah Kamu Sudah Memenuhinya?

Minggu, 19 Mei 2024

Syarat Qurban Bagi Umat Islam, Apakah Kamu Sudah Memenuhinya?

Qurban memang ibadah yang hanya dilakukan saat Idul Adha, bahkan ini terbatas hanya di tanggal 10 - 13 Dzulhijjah saja. Dimana terdapat bebe...

International Islamic Expo 2024, DP 5 Juta Dapat Nomor Haji di Jejak Imani!

Senin, 15 Juli 2024

International Islamic Expo 2024, DP 5 Juta Dapat Nomor Haji di Jejak Imani!

International Islamic Expo 2024 akan berlangsung 3 hari pada 26 - 28 Juli 2024 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. In...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang, Sumatera Selatan 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Cimanuk No. 3, RT.008/RW.19, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087720027100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrohman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087820021100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)

081519898880 (Tiara)


Kemitraan & Cabang

087820021100 (Putri)

jejakimani@gmail.com