Senin, 29 Januari 2024

Bila Sahabat akan travelling ke luar negeri, umumnya akan membutuhkan waktu berjam-jam perjalanan di pesawat. Begitupun ketika akan ibadah haji maupun umroh.  

 

Perjalanan panjang ini juga dikenal dengan long haul flight. Penerbangan jarak jauh bisa jadi akan membosankan, melelahkan dan kurang nyaman. Meskipun terdengar tidak mudah, namun ada beberapa hal yang bisa Sahabat lakukan agar perjalanan lebih nyaman.

 

10 Tips Travelling Penerbangan Jarak Jauh!

Jejak Imani memiliki beberapa tips yang dapat membantu perjalanan lebih nyaman. Dari perlengkapan yang perlu dibawa hingga hal-hal apa saja yang perlu Sahabat lakukan selama di pesawat. Simak tipsnya di bawah ini!

 

1. Pilih Kursi Pesawat

Tips pertama yang dapat dipersiapkan adalah memilih tempat yang nyaman saat membeli tiket, jika memungkinkan. Pilihlah kursi dekat lorong jika merasa akan bolak-balik ke toilet. Jika memiliki kaki yang cukup panjang atau ingin ruang yang lebih besar untuk kaki, bisa memilih kursi dekat pintu keluar.  

 

2. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pilihlah bahan pakaian yang nyaman seperti katun atau jersey. Selain itu, suhu yang rendah selama berjam-jam juga harus dipertimbangkan untuk memilih pakaian agar tetap merasa hangat.  

 

Sahabat bisa menggunakan pakaian yang longgar dan pakaian berlapis atau cardigan untuk dibawa di kabin. Jangan lupa gunakan kaos kaki untuk menghangatkan kaki. Sahabat juga bisa membawa pakaian ganti lebih di kabin untuk jaga-jaga.

 

3. Bawalah Perawatan Tubuh Selama di Pesawat

Suhu dingin pesawat menyebabkan kulit dan bibir kering. Oleh karena itu penting untuk membawa pelembab. Sahabat bisa membawa body lotion, face moisturizer dan lip balm untuk menjaga kelembaban tubuh.

 

4. Siapkan Hiburan di Pesawat

Rencanakan hiburan apa yang akan mengisi sisa waktu di pesawat. Saat ini, sebagian besar pesawat telah menyediakan banyak hiburan.  

 

Namun Sahabat juga bisa menyiapkan hiburan sendiri seperti download film, lagu, podcast atau serial TV favorit. Sahabat juga dapat bermain game offline supaya tidak bosan di pesawat. Bagi yang suka membaca juga bisa membawa buku bacaan ataupun ebook favorit.  

 

5. Minumlah Cukup Air

Pastikan kebutuhan air selama penerbangan jarak jauh tercukupi supaya tubuh tidak dehidrasi. Sahabat  perlu minum air putih lebih banyak dari biasanya dan menghindari asupan kafein. Untuk memaksimalkan terhidrasi dengan baik juga bisa dengan menambahkan vitamin atau elektrolit bubuk ke air.

 

6. Bawa Cemilan Favorit dari Rumah

Maskapai penerbangan tentu menyediakan makanan, namun ada baiknya jika membawa camilan sendiri dari rumah. Bisa saja makanan disajikan ketika tidak lapar karena melintasi zona waktu yang berbeda. Sahabat bisa membawa kacang-kacangan, buah, cereal bar maupun roti menunda lapar.

 

7. Jangan Lupa Peregangan!

Meregangkan badan sesekali saat penerbangan jarak jauh sangat penting untuk mencegah rasa sakit dan nyeri karena duduk terlalu lama. Sahabat juga bisa beranjak dari bangku dan berjalan-jalan di lorong pesawat supaya aliran darah tetap lancar.

 

8. Persiapkan Diri untuk Tidur Lebih Nyaman

Bagi sahabat yang merasa susah tidur di ruang terang, maka perlu membawa penutup mata. Barang tersebut sangat berguna untuk penerbangan pagi, siang dan malam hati untuk mengurangi pencahayaan kabin. Jika ingin tidur lebih nyaman, juga bisa membawa selimut pocket dan bantar leher.

 

9. Gunakan Penutup Telinga  

Sahabat bisa menggunakan earmuff dan earplug untuk mengurangi suara bising pesawat. Alat-alat tersebut dapat  membantu tidur lebih lelap. Bagi yang ingin mendengar lagu juga bisa menggunakan noise cancelling headphones.

10 tips travelling penerbangan jarak jauh
Menggunakan headphone canelling noise atau earmuff saat travelling penerbangan jarak jauh

 

10. Bawalah Power Bank

Memang beberapa pesawat di beberapa kelas sudah memiliki stop kontak untuk dapat digunakan penumpang mengisi daya. Namun, tidak semua pesawat dan tempat duduk begitu.  

 

Sahabat dapat membawa powerbank yang telah terisi daya. Hal ini berguna ketika handphone Sahabat kehabisan baterai.

 

Itulah 10 tips dari Jejak Imani supaya penerbangan jarak jauh lebih nyaman dan tidak membosankan. Jika akan pergi umroh, haji maupun wisata halal ke berbagai negara, tentunya akan melakukan penerbangan jarak jauh selama berjam-jam. Sahabat bisa mengikuti tips di atas selama perjalanan.

 

Sahabat dapat menghubungi tim Jejak Imani untuk tanya dan konsultasi perihal wisata halal di Jejak Imani. Selain wisata halal, Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani.  

 

Dengan pergi haji bersama Jejak Imani, maka upaya untuk menyempurnakan rukun Islam telah terpenuhi. Haji saat ini membutuhkan waktu puluhan tahun untuk antri, jika merasa sudah memenuhi syarat segerakanlah niat dan upaya untuk berhaji.

 

Bagi yang rindu tanah suci dan sedang menunggu antrian haji, sahabat bisa beribadah ke tanah Suci melalui program Umroh. Ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja dan tidak terbatas oleh waktu tertentu.

 

Sahabat dapat pergi umroh bersama Jejak Imani dengan fasilitas lebih nyaman. Beragam paket umroh hadir untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan tanggal keberangkatan.

 

Ingin perjalanan ibadah dan wisata halal lebih berkesan dan nyaman? Jejak Imani insya Allah jawabannya.

 

Semoga bermanfaat!  

Bagikan:

Artikel Lainnya

Sedih, Inilah Kondisi Sepi Masjid Al Aqsa yang Miris (April 2024)

Jumat, 10 Mei 2024

Sedih, Inilah Kondisi Sepi Masjid Al Aqsa yang Miris (April 2024)

Masjid Al Aqsa, masjid bersejarah bagi umat Muslim yang terletak di Baitul Maqdis, Palestina. Kiblat pertama bagi umat Muslim, tempat singga...

Hukum & Pengertian Qurban, Tidak Hanya Soal Menyembelih Hewan

Minggu, 19 Mei 2024

Hukum & Pengertian Qurban, Tidak Hanya Soal Menyembelih Hewan

Idul Adha identik dengan melakukan qurban yang mana hanya terjadi setahun sekali. Awal mula Qurban dilakukan pada zaman Nabi Ibrahim As dan ...

Perlengkapan Umroh Pria, Apa Saja yang Perlu Dibawa?

Minggu, 5 Mei 2024

Perlengkapan Umroh Pria, Apa Saja yang Perlu Dibawa?

Perjalanan umroh umumnya dilakukan selama 9 hingga 12 hari. Meski terbilang singkat, namun jemaah umroh pria maupun wanita perlu mempersiapk...

Tata Cara Sa'i, Ini Doa dan Hukumnya Sebelum Haji & Umroh

Senin, 15 Januari 2024

Tata Cara Sa'i, Ini Doa dan Hukumnya Sebelum Haji & Umroh

Sa’i adalah salah satu rukun haji dan umroh yang tidak boleh ditinggalkan supaya menjadikan ibad...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang, Sumatera Selatan 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Cimanuk No. 3, RT.008/RW.19, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087720027100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrohman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087820021100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)

081519898880 (Tiara)


Kemitraan & Cabang

087820021100 (Putri)

jejakimani@gmail.com