Ditinjau oleh Ustadz H. Jundi Imam Syuhada, Lc., M.IRK. / Selasa, 9 Januari 2024

Membeli oleh-oleh umroh menjadi budaya jemaah selepas ritual ibadah umroh selesai. Berbagai makanan, barang dan pernak-pernik khas Arab Saudi dapat menjadi buah tangan atau oleh-oleh umroh sepulang menjalankan ibadah di Tanah Suci.

 

Beragamnya jenis barang-barang menarik yang dapat dijadikan oleh-oleh umroh (umrah), menjadi suatu kebingungan sendiri bagi yang para jemaah. Supaya tidak bingung, simak artikel berikut karena Jejak Imani punya banyak rekomendasi oleh-oleh jamaah umrah dan haji yang dapat dibawa pulang.

 

Oleh-oleh Umroh

1. Air Zam Zam

Air zam-zam menjadi oleh-oleh yang umum bagi jemaah umroh. Keberadaan air zam-zam ini hanya ada di Masjidil Haram. Selain itu, banyak sekali keistimewaan yang didapat dengan meminum air zam-zam. Disebutkan bahwa, dengan meminum air zamzam insya Allah hajat kita dikabulkan Allah ﷻ. Sebelum minum, jangan lupa membaca doa berikut.

 

اللهم إِنَّهُ بَلَغَنِي أَنَّ نَبِيَّكَ قَالَ: مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ، اللهم إِنِّـي أَشْرَبُهُ سَائِلاً عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ 

 

Artinya: “Ya Allah, sungguh telah sampai kepadaku berita bahwa Nabi-Mu bersabda: “Air zamzam bermanfaat untuk tercapainya tujuan sesuai dengan niat orang yang meminumnya,” Ya Allah sungguh aku meminumnya untuk memohon ilmu yang  bermanfaat, rezeki yang lapang dan kesembuhan dari segala macam penyakit.”

 

2. Kurma

Kurma juga merupakan oleh-oleh umroh yang sangat umum di kalangan para jemaah. Salah satu kurma terbaik yaitu kurma ajwa yang tumbuh di Kota Madinah. Dalam beberapa hadits disebutkan bahwa kurma ajwa merupakan kurma favorit Nabi serta dengan memakannya maka banyak manfaat yang didapat seperti yang disabdakan oleh Rasulullah,

 

مَنْ أَكَلَ سَبْعَ تَمَرَاتٍ مِمَّا بَيْنَ لاَبَتَيْهَا حِينَ يُصْبِحُ لَمْ يَضُرَّهُ سُمٌّ حَتَّى يُمْسِىَ

 

“Siapa yang makan tujuh butir kurma yang berasal dari Madinah ketika pagi, maka racun-racun tidak akan membahayakannya sampai sore.” (HR. Muslim).

 

Kurma sebagai oleh-oleh, dapat ditemukan dengan mudah oleh jamaah umroh  (umrah) di sekitar hotel atau bisa juga beli di Pasar Kurma yang biasanya dikunjungi saat berziarah di seputar kota Madinah. Semakin tebal daging kurma, akan semakin enak rasanya dan lebih mahal.

 

3. Kismis Arab

Kismis terbuat dari anggur yang telah dikeringkan dan umum dijadikan sebagai oleh-oleh umroh. Pasalnya kismis memberikan manfaat pada tubuh dengan kita memakannya seperti yang telah disabdakan Rasulullah :

 

"Barangsiapa memakan kismis merah sebanyak 21 biji setiap hari sebelum sarapan pagi, maka dia tidak akan tertimpa penyakit kecuali kematian".

 

Kismis Arab cenderung berwarna kuning kecoklatan, berbeda dengan kismis Indonesia yang berwarna hitam. Rasa kismis Arab pun lebih dominan rasa manis dibandingkan rasa masamnya. Jemaah dapat membeli kismis Arab di Tanah Suci karena harganya lebih murah. 

 

4. Kacang Arab

Kacang arab adalah salah satu cemilan terbaik khas Arab Saudi. Bentuknya yang cenderung lebih kecil dan rasanya yang gurih membuat kacang ini cukup digemari sebagai oleh-oleh umroh, Kacang arab dikenal memiliki banyak manfaat seperti mengontrol gula darah, meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan otak, mencegah penyakit kanker hingga baik untuk masa kehamilan.

 

5. Parfum

Parfum Arab Saudi memiliki ciri khas tersendiri yang terbuat dari bahan alami seperti bunga, kayu, rempah hingga buah. Ketahanan aromanya bahkan bisa melebihi parfum normal pada umumnya sekitar 1-2 hari. Nabi Muhammad ﷺ bersabda,

 

“Siapa yang diberi hadiah minyak wangi, maka janganlah menolaknya karena yang paling mudah untuk dibawa adalah bau yang wangi.” (HR. Muslim, dari Abu Hurairah)

 

Harga parfum Khas Arab Saudi berkisar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan tergantung kualitas. Salah satu wewangian favorit Nabi adalah minyak kasturi yang didapat dari kulit pohon kasturi. Tidak hanya digunakan sebagai wewangian saja, beberapa masyarakat menggunakan minyak kasturi sebagai pelembab dan produk anti-aging

 

6. Camilan 

Camilan khas Arab Saudi memiliki banyak pilihan, seperti coklat, biskuit dan lain sebagainya. Camilan ini juga dapat di beli di pertokoan di sekitar hotel/masjid maupun di supermarket besar seperti Bin Dawood. Sahabat perlu menyiapkan dana yang cukup untuk membeli berbagai camilan khas Arab Saudi.

 

7. Perlengkapan Ibadah

Tidak lengkap rasanya bila beribadah namun tidak membeli perlengkapan ibadah di Tanah Suci. Banyaknya pilihan perlengkapan ibadah di Arab Saudi menjadikannya salah satu favorit sebagai oleh-oleh bagi para jamaah haji & umroh.

 

Biasanya para jamaah haji dan umroh (umrah) membeli gamis, sajadah, mukena, peci, hingga tasbih. Desain yang unik, bahan yang bagus, harga yang cukup terjangkau dari perlengkapan ibadah yang ada di Arab Saudi, menjadikannya pilihan favorit oleh-oleh para jamaah haji dan umroh untuk dibawa ke Indonesia.

 

8. Siwak

Siwak adalah kayu yang berguna untuk membersihkan mulut dan gigi. Kayu yang sering digunakan adalah jenis kayu Arak. Hukum penggunaan siwak adalah sunnah ketika sebelum sholat, wudhu dan membaca Al-Qur’an. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad ﷺ

 

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ (رواه البخاريّ) 

 

Artinya: “Siwak adalah alat yang membersihkan mulut dan sebab untuk mendapatkan ridha Allah” (HR al-Bukhari).

 

رَكْعَتَانِ بِسِوَاكٍ أَفْضَلُ مِنْ سَبْعِيْنَ رَكْعَةً مِنْ غَيْرِ سِوَاكٍ (رواه ابن ماجه)

 

Artinya: “Dua rakaat yang disertai dengan siwak itu lebih utama dari 70 rakaat tanpa disertai dengan siwak” (HR Ibnu Majah). 

 

9. Henna

Henna merupakan tradisi melukis kulit dan kuku oleh masyarakat Timur Tengah. Henna terbuat dari bahan alami daun tanaman pacar. Teknik penggunaannya pun tidak dimasukkan dalam tubuh, sehingga pemakaian henna diperbolehkan dan tetap sah apabila terkena air wudhu. 

 

10. Kacang Pistachio

Kacang pistachio juga dikenal sebagai kacang Arab hijau karena sering dijadikan oleh-oleh umroh. Kacang ini kaya antioksidan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti melancarkan peredaran daran dan mengontrol gula darah. Rasanya yang gurih dan manis membuat kacang ini sering dijadikan sebagai bahan olahan dalam kue.

 

11. Buah Tin

Buah Tin mulanya hanya tumbuh di daerah Timur Tengah saja sehingga jarang ditemukan di Indonesia. Sehingga buah ini sangat tepat untuk dijadikan oleh-oleh umroh yang tidak biasa. Sahabat dapat membeli buah Tin di Arab Saudi.

Buah Tin mengandung vitamin A, B dan C, zat besi, serat dan senyawa-senyawa baik lainnya. Banyaknya kandungan tersebut, buah ini bermanfaat bagi kesehatan jantung, tulang, mata hingga mengatasi masalah haid. 

 

12. Souvenir Khas Arab

Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, cenderung memiliki desain yang meriah. Hal ini dapat dilihat dari interior dan pernak-pernik yang dibuat. Jemaah dapat membeli tas dan dompet dengan desain khas Arab untuk dijadikan buah tangan umroh. Souvenir lainnya yang dapat dijadikan buah tangan yaitu pajangan dinding, gantungan kunci yang bergambar Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.  

 

Semoga 12 pilihan oleh-oleh umroh diatas dapat membantu Sahabat yang sedang mencari pilihan terbaik untuk sanak keluarga. Adapun oleh-oleh di atas bisa juga digunakan sebagai oleh-oleh haji. Untuk sahabat yang telah merasa syarat wajib haji terpenuhi, ada baiknya untuk menyegerakan dan berniat untuk melaksanakannya. Langkah selanjutnya yang bisa sahabat lakukan adalah mencari travel haji terpercaya. Jejak Imani sebagai travel haji terbaik menyediakan beragam paket haji yang menyesuaikan dengan kebutuhan sahabat.   


Namun untuk Sahabat yang rindu Tanah Suci dan belum memasuki waktu pelaksanaan ibadah haji, ada baiknya untuk melakukan umroh terlebih dahulu karena ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja dan tidak terbatas oleh waktu tertentu. Sebelum merencanakan ibadah umroh, sebaiknya calon tamu Allah ﷻ memperhatikan terlebih dahulu persyaratan dan tata cara umroh agar ibadah umroh insya Allah sah (mabrur). Langkah selanjutnya adalah mencari paket umroh terbaik. Jejak Imani juga menyediakan berbagai pilihan paket umroh dengan berbagai tanggal keberangkatan. 

 

Sedangkan, untuk yang ingin mengatur waktu keberangkatan, memilih hotel dan durasi ibadah di Tanah Suci juga bisa dengan umroh private Jejak Imani. Tim kami akan siap memberikan informasi dan mengatur jadwal serta paket keberangkatan umroh di Tanah Suci. Tanah Suci, Kota Makkah dan Madinah merupakan kota yang sangat diridhai Allah ﷻ dan memiliki beragam sejarah bagi para Nabi. Namun selain Saudi Arabia, ada beragam negara lain yang menyimpan sejarah bagi para Nabi. Salah satunya Yordania.

 

Di Yordania, terdapat sebuah pohon yang sangat rimbun dan dianggap sebagai saksi sekaligus ‘sahabat’ Nabi Muhammad ﷺ. Pasalnya pohon tersebut merupakan tempat berteduh beliau ketika menjaga perjalanan dagang bersama sang paman, Abu Thalib. Pohon tersebut bernama pohon Sahabi atau masyarakat Makkah menyebutnya dengan Al Buqayawiyya yang berarti pohon yang diberkahi. 

 

Umur pohon Sahabi yang lebih dari 1400 tahun itu menjadikannya sebagai ‘sahabat’ Rasul ﷺ yang masih hidup. Oleh karenanya banyak umat muslim yang ingin belajar dan melihat langsung pohon tersebut. Bagi Sahabat yang ingin belajar sejarah Islam dengan mengunjungi maqom para Nabi, dapat berangkat bersama paket wisata halal di Jejak Imani. Untuk informasi lebih detail dapat tanya dan konsultasi di link berikut ini.

 

Ingin perjalanan ibadah ke Tanah Suci atau berkunjung ke negara-negara Islam lebih nyaman dan berkesan? Jejak Imani jawabannya. 

 

Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Artikel Lainnya

Arafah Tempat Wukuf dalam Rangkaian Ibadah Haji

Rabu, 12 Juni 2024

Arafah Tempat Wukuf dalam Rangkaian Ibadah Haji

Ketika disebut Arafah maka tentu bagi setiap muslim nama ini adalah nama yang tidak asing lagi. Arafah menjadi salah satu nama yang akan sel...

Ratusan Jamaah Jejak Imani Ikuti Manasik Umroh di Hotel Bintang 5!

Senin, 29 Januari 2024

Ratusan Jamaah Jejak Imani Ikuti Manasik Umroh di Hotel Bintang 5!

Hari Minggu (21/01/2024) ratusan jamaah Jejak Imani mengikuti manasik umroh sebelu...

International Islamic Expo 2024, DP 5 Juta Dapat Nomor Haji di Jejak Imani!

Senin, 15 Juli 2024

International Islamic Expo 2024, DP 5 Juta Dapat Nomor Haji di Jejak Imani!

International Islamic Expo 2024 akan berlangsung 3 hari pada 26 - 28 Juli 2024 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. In...

Penuhi Syarat Umroh 2024 Terbaru Sebelum Berangkat!

Jumat, 26 Juli 2024

Penuhi Syarat Umroh 2024 Terbaru Sebelum Berangkat!

Umroh merupakan ibadah sunnah yang hanya dapat dilakukan di Kota Makkah, oleh karenanya terdapat beberapa syarat umroh yang harus dipenuhi. ...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang, Sumatera Selatan 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Cimanuk No. 3, RT.008/RW.19, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087720027100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrohman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087820021100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)

081519898880 (Tiara)


Kemitraan & Cabang

087820021100 (Putri)

jejakimani@gmail.com