Ditinjau oleh Ustadz H. Jundi Imam Syuhada, Lc., M.IRK. / Minggu, 31 Desember 2023

Thaif menjadi destinasi yang sangat populer bagi jamaah haji dan umroh dari 2023 hingga saat ini (dikutip dari media Kompas). Bahkan dalam salah satu festival yang diselenggarakan di Kota Thaif dapat menarik lebih dari 2,5 juta pengunjung. 
 

Thaif menjadi istimewa bagi jamaah umroh dan haji karena kotanya yang sejuk di tengah gersangnya Saudi Arabia. Selain berhawa sejuk, tanahnya yang subur dan memiliki sejarah bagi Rasulullah ﷺ menjadi daya pikat bagi para jemaah haji dan umroh untuk berkunjung ke Thaif. 

 

Waktu tempuh dari Kota Makkah ke Thaif sekitar 90 menit melalui perjalanan darat. Selama perjalanan, Sahabat akan disuguhi pemandangan indah Kota Al-Hada yang dipenuhi pepohonan serta perkebunan kurma. Penasaran bagaimana keistimewaan dan sejarah Kota Thaif? Simak di bawah ini.

 

Apa Itu Thaif?

Thaif adalah kota terbesar ketiga di Arab Saudi setelah Makkah dan Madinah. Dahulu, Rasulullah memilih daerah tersebut sebagai tujuan dakwah beliau karena lokasinya yang strategis. Thaif terletak di sebelah Tenggara Kota Makkah dengan jarak sekitar 100 km.  

 

Kota Thaif terkenal akan hasil pertaniannya seperti sayur-mayur, buah-buahan dan bunga. Berada pada ketinggian 1500 m di atas permukaan laut sehingga memiliki cuaca lebih dingin dibanding daerah lain di Arab Saudi dan cocok untuk dijadikan tempat wisata saat di Tanah Suci.

 

Kota Thaif memiliki julukan qaryatul mulk yang artinya desa para raja. Konon, para raja konglomerat Arab membangun istana sebagai tempat peristirahatan di sana. Saat musim panas, pemerintahan Arab Saudi memindahkan aktivitas pemerintahan ke kota ini.

 

Baca Juga: Jejak Imani | Satu-satunya Sahabat Nabi yang Masih Hidup! Ini Kisah Pohon Sahabi

 

Sejarah Kota Thaif Bagi Rasulullah 

Sebelum hijrah ke Madinah Rasulullah memilih kota Thaif sebagai tujuan hijrahnya namun saat tiba di sana, beliau mendapat penolakan dan kekerasan. Penduduk Thaif melempari Rasulullah ﷺ hingga kaki beliau terluka. Bahkan Zaid bin Haritsah, bekas budak yang menemani beliau selama perjalanan, berusaha untuk melindungi namun tetap mendapati luka di kepalanya.

 

Mengetahui hal tersebut, Malaikat Jibril menawarkan untuk menghancurkan kota beserta penduduknya. Namun Rasulullah ﷺ menolaknya dengan berdoa kepada Allah ﷻ sebagaimana hadits berikut ini : 

 

"Aku berharap mudah-mudahan Allah mengeluarkan dari tulang rusuk mereka (keturunan) yang menyembah Allah Yang Maha Esa dan tidak mempersekutukan-Nya dengan apapun." (HR Bukhari dan Muslim).

 

Kisah Rasulullah ﷺ di Thaif tidak berhenti di situ. Beliau beserta pasukannya melakukan perang hunain yang berakhir di Thaif pada tahun 8 Hijriyah. Hal ini karena lawan pasukan muslimin, kaum Tsaqif, melarikan diri ke Thaif dan menutup seluruh akses. Dengan strategi dan pertolongan dari Allah ﷻ, Rasulullah ﷺ dan kaum muslimin berhasil menang serta menguasai Kota Thaif, meski korban pasukan muslimin ada 12 orang kala itu.

 

Baca Juga: Jejak Imani | Rekomendasi Hotel Umroh Favorit di Makkah!

 

Apa Keistimewaan Kota Thaif?

Kota Thaif ini hanya dihuni sekitar 500 ribu penduduk sehingga suasananya lebih tenang dan sangat tepat dijadikan destinasi wisata. Lain halnya Kota Makkah yang dipenuhi gedung-gedung tinggi serta gemerlap lampu, Thaif cenderung dihiasi dengan bangunan-bangunan kuno yang menjadikan kota ini lebih nyaman dan suasananya hangat.

 

Kontur tanah berkelok dan naik turun membuat para turis dapat menikmati pemandangan selama perjalanan. Pemandangan yang disuguhkan mulai dari pegunungan hijau, tebing bebatuan disertai dengan kera hutan.

 

Allah ﷻ memberikan keberkahan Kota Thaif dengan tanah subur meski didominasi tanah berbatu. Buah-buahan banyak dihasilkan seperti anggur, kurma, delima, jeruk, zaitun, apricot dan masih banyak lagi. Keindahan Thaif juga didukung dengan banyaknya bunga yang tumbuh seperti ambar, misik dan yasmin, kemudian diolah menjadi minyak wangi. 

 

Keistimewaan Thaif dengan segala keindahan, sejarah dan komoditasnya berkah doa Rasulullah ﷺ yang telah disebutkan di atas, Allah ﷻ pun mengabulkannya dan penduduk kota tersebut memeluk agama Islam hingga hari ini.

 

Sahabat yang ingin mengunjungi Kota Thaif, dapat sekaligus melakukan umroh bersama Jejak Imani. Adapun paket umroh yang ditawarkan Jejak Imani juga beragam, Sahabat dapat cek beragam paket pilihan dengan berbagai tanggal keberangkatan di link berikut ini. Dalam mewujudkan umroh, perlu usaha dan upaya dari jauh-jauh hari. Salah satu yang dapat diupayakan adalah dengan membuka tabungan umroh di Jejak Imani yang telah bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) sehingga insya Allah amanah dan transparan.

 

Selain Thaif, banyak kota lain yang menyimpan sejarah Rasulullah contohnya kota-kota di Yordania. Yordania sangat tepat dikunjungi karena menyimpan sejarah Islam serta terdapat makam Nabi Syuaib dan Nabi Musa. Sahabat yang ingin jalan-jalan, belajar sejarah sekaligus berziarah ke maqam Nabi, dapat memilih paket 3 negara di Jejak Imani. Sahabat bisa tanya dulu, konsultasi gratis di link ini terkait paket wisata halal.

 

Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Artikel Lainnya

Serba-serbi Info Haji 2024 untuk Jamaah Asal Indonesia!

Senin, 5 Februari 2024

Serba-serbi Info Haji 2024 untuk Jamaah Asal Indonesia!

Haji 2024 - Minat masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Hal ini terbukti semakin tahun jumlah, pendaftar haji sem...

Mengenal Sejarah dan Keutamaan Masjid Quba

Rabu, 26 Juni 2024

Mengenal Sejarah dan Keutamaan Masjid Quba

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah ﷺ setibanya di kota Madinah. ...

Jejak Imani, Solusi Ibadah Umroh Lebih Aman di Tanah Suci!

Senin, 20 Mei 2024

Jejak Imani, Solusi Ibadah Umroh Lebih Aman di Tanah Suci!

Jejak Imani - Umroh merupakan impian banyak umat Islam, begitu juga dengan mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Hal ini terbu...

Apa Saja Hikmah Haji? Makna dan Berkahnya Bagi Umat Muslim

Jumat, 22 Desember 2023

Apa Saja Hikmah Haji? Makna dan Berkahnya Bagi Umat Muslim

Setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah ﷻ mengandung hikmah dibaliknya. Sebaga...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang, Sumatera Selatan 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Cimanuk No. 3, RT.008/RW.19, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087720027100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrohman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087820021100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)

081519898880 (Tiara)


Kemitraan & Cabang

087820021100 (Putri)

jejakimani@gmail.com