Waktu Sholat Istikharah – Shalat istikharah adalah sebuah ikhtiar sunah yang secara harfiah dilaksanakan untuk mempermudah dan memperjelas persoalan perihal ketika seorang yang beragama Islam hendak melakukan suatu pilihan, seperti; pekerjaan, jodoh, jual beli, pendidikan, dan lain sebagainya. Jejak Imani telah merangkum waktu terbaik serta tata cara.

Waktu Sholat Istikharah

Source: Google.com

Waktu terbaik dan rakaat shalat istikharah

Waktu terbaik untuk sholat istikharah adalah sepertiga malam terakhir dan sebelum sholat subuh. Seperti diriwayatkan Abu Hurairah. Rasulullah ﷺ bersabda: 

 

«يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ، مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ»

 

“Allah menurunkan keberkahan setiap malam ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku pada sepertiga malam, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku pada sepertiga malam, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku pada sepertiga malam maka akan Aku ampuni.”

Sedangkan untuk jumlah rakaat shalat istikharah dilaksanakan sebanyak dua rakaat dari Jabir bin Abdullah RA. Rasulullah ﷺ bersabda:

“Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan sholat dua rakaat selain sholat fardlu…”  (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya)

Tata Cara Shalat Istikharah

Buat Anda yang belum tahu tata cara shalat istikharah dapat mempelajarinya berikut ini.

  1. Membaca niat shalat istikharah
    Berikut merupakan bacaan niat sholat istikharah.
    Usholli sunnatal istikharah rak’ataini lillahi ta’ala
    Artinya: “Aku berniat shalat istikharah dua rakaat karena Allah ta’ala.”
  2. Takbiratul ihram, lalu baca doa iftitah dan surat Al Fatihah.
  3. Pada rakaat pertama setelah membaca surat al fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kafirun.
  4. Ruku’. 
  5. I’tidal.
  6. Sujud pertama dengan tuma’ninah.
  7. Duduk di antara dua sujud.
  8. Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  9. Berdiri lagi melakukan rakaat kedua. Pada rakaat kedua usai membaca Al-fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas.
  10. Dilanjutkan Ruku hingga tahiyat akhir dan salam.

Demikian waktu terbaik sholat istikharah serta tata caranya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang sedang menentukan pilihan seperti; pekerjaan, jodoh, jual beli, pendidikan, dan lain sebagainya. Dan semoga Allah ﷻ segera memberikan petunjuk bagi Anda yang telah melaksanakan sholat istikharah. 

Jejak Imani juga memfasilitasi beberapa program yang dapat Anda pilih dan Insya Allah program yang Jejak Imani miliki dapat bermanfaat untuk Anda, baik dengan menambah ilmu dan begitu pula menambah ketaqwaan kita terhadap Allah ﷺ. Berikut selengkapnya di bawah sini!

Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply