Ketentuan Umroh 2022 – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengumumkan, jamaah asal Indonesia sudah dapat kembali melaksanakan ibadah umroh ke Arab Saudi. 

Lihat juga disini: Kabar Baik! Saudi Resmi Buka Pintu Umroh Untuk Jamaah Indonesia

Lantas apa saja ketentuan umroh 2022 bagi WNI? 

Ketentuan Umroh 2022

Source: Google.com

Ketentuan karantina

Dalam isi nota diplomatik Kedutaan Arab Saudi, membahas perihal ketentuan karantina bagi WNI. menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwasanya pihak Arab Saudi sedang mempertimbangkan ketentuan karantina umroh selama 3 hari bagi jamaah yang memakai vaksin selain vaksin yang direkomendasikan Arab Saudi pada umroh 2022.

Jenis vaksin

Pihak Kerajaan telah menentukan empat jenis vaksin yang dapat diterima oleh otoritas kerajaan Arab Saudi guna membolehkan jamaah yang berkunjung ke Tanah Suci untuk beribadah haji dan umroh. Keempat jenis vaksin itu adalah Pfizer, Moderna, Astrazeneca, Jhonson & Jhonson. Sedangkan bagi jamaah yang baru menggunakan untuk Sinovac dan Sinopharm disarankan melakukan vaksin booster 1x menggunakan 4 vaksin yang diakui Saudi tersebut atau tanpa booster dan melakukan karantina selama 3 hari di Arab Saudi. Ketentuan ini akan tetap dijalankan apabila umroh pada tahun 2022 masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

Lihat juga disini: Vaksinasi Menjadi Syarat Umroh, Yuk Vaksin Diri Agar Bisa Umroh

QR Code sertifikat vaksin

Dalam nota diplomatik kedua belah pihak antara Indonesia dan Arab Saudi juga membahas perihal sertifikat vaksin. 

“Di dalam nota diplomatik tersebut juga disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah,” ungkap Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi (Dikutip dari Media Kompas).

Oleh karena itu bagi Anda yang sedang berencana umroh pada tahun 2022, baiknya sudah melakukan vaksinasi karena dari pihak Arab Saudi mengharuskan memiliki sertifikat vaksin apabila ingin memasuki wilayah Arab Saudi.

Adapun ketentuan protokol kesehatan yang wajib diterapkan oleh jamaah umrah, yaitu: 

  • Seluruh layanan dan jamaah wajib mengikuti protokol kesehatan. 
  • Pelayanan kepada jemaah selama di dalam negeri mengikuti ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan Kemenkes. 
  • Pelayanan kepada jemaah selama di Arab Saudi mengikuti ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi. 
  • Protokol kesehatan selama di dalam pesawat terbang mengikuti ketentuan protokol kesehatan penerbangan yang berlaku. 
  • Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) bertanggung jawab terhadap pelaksanaan protokol kesehatan jamaah selama di tanah air, selama dalam perjalanan, dan selama di Arab Saudi demi perlindungan jamaah.

Semoga informasi ini dapat menjadi titik terang agar jamaah haji dan umroh Indonesia dapat segera berkunjung ke Tanah Suci atas izin Allah ﷻ. 

Jejak Imani juga memfasilitasi beberapa program yang dapat Anda pilih dan Insya Allah program yang Jejak Imani miliki dapat bermanfaat untuk Anda, baik dengan menambah ilmu dan begitu pula menambah ketaqwaan kita terhadap Allah ﷺ. Berikut selengkapnya di bawah sini!

Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 mulai 3 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply