Tabungan Umroh – Umroh atau biasa disebut dengan haji kecil adalah salah satu kegiatan umat Islam yang dilakukan dengan mengunjungi Tanah Suci (Mekkah), khususnya Masjidil Haram. Bagi jamaah asal Indonesia ibadah umroh menjadi pilihan utama selagi menunggu antrian haji yang cukup panjang.

tabungan umroh

Source: Google.com

Namun terkadang dalam mewujudkan impian untuk beribadah umroh ke tanah suci membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan memakan waktu untuk mengumpulkannya. Belum lagi uang yang sudah dikumpulkan untuk beribadah umroh, terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Hal tersebutlah yang membuat impian untuk beribadah umroh ke Tanah Suci tak kunjung terlaksana.

Berkaitan dengan dana umroh, Kementerian Agama telah menetapkan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah Referensi (BPIU Referensi) sebesar minimal Rp20..000.000 (harga sebelum pandemi), tidak boleh kurang dari itu. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama No. 221 tahun 2018 tentang BPIU Referensi.

Begitu kita melihat harga paket umroh tersebut, kebanyakan dari kita pasti akan bilang angkanya terlalu besar. Bahkan, ada yang malah mengurungkan niat untuk berangkat ke Rumah Allah.

Tapi tidak perlu khawatir, Jejak Imani akan membantu calon jamaah umroh yang sedang ingin merencanakan ibadah umroh ke tanah suci. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

4 Tips Berangkat Umroh

  • Disiplin Menabung

Kalau sudah menetapkan hati untuk berangkat umroh, kita juga harus disiplin berikhtiar dalam mengumpulkan uangnya. Hal ini penting agar bisa terwujud dalam jangka waktu yang telah direncanakan.

Misalnya, kita sudah menetapkan mau menyisihkan Rp1.000.000 per bulan tiap tanggal 1, maka kita sebaiknya tidak melewatkan waktu untuk menabung tersebut. Uang ini sebaiknya sudah disisihkan di awal bulan atau segera setelah kita menerima gaji bulanan agar tidak terpakai hal-hal lain.

  • Tentukan Jangka Waktu Menabung

Apabila kita sudah tahu kisaran jumlah uang yang ingin dikumpulkan, lantas kita bisa perkirakan berapa lama kita mampu menabung. Jangka waktu ini tentu disesuaikan dengan jumlah uang yang bisa kita sisihkan secara rutin.

Misalkan kita mampu mengumpulkan Rp1.000.000 atau sekitar Rp38.000 per hari. Maka, secara kasar kita perlu sekitar 24 bulan atau dua tahun untuk mengumpulkan uang.

  • Menabung Menyesuaikan Pemasukan

Menabunglah mengikuti jumlah pemasukan yang didapat, dengan begitu tidak merasa berat ketika ingin menyisihkan uang untuk menabung. 

Misalkan kita mempunyai penghasilan Rp5.000.000, kita dapat menyisihkan uang sekitar Rp 1.000.000 setiap mendapatkan pemasukan. 

  • Pilih Travel Agent yang Terpercaya

Selanjutnya adalah pilih travel agent yang terpercaya. Sebelum daftar umroh, pastikan kamu menyisihkan sedikit waktu buat ngecek data-data agen travel. Pastikan juga biro perjalanan tujuan memiliki izin resmi untuk melakukan perjalanan haji dan umroh.

Tabungan Umroh Jejak Imani dapat menjadi solusi ke Tanah Suci, selain menawarkan cara menabung paling efisien dengan 3 keunggulan, yakni aman, transparan, Insya Allah pasti berangkat umrohnya. Dengan menggunakan Tabungan Umroh Jejak Imani, insya Allah niat kita untuk berangkat umroh terwujud sesuai dengan rencana.

Di Tabungan Umroh Jejak Imani, kita bisa memilih rencana tabungan umroh berdasarkan jangka waktu menabung 6, 12 bahkan 24 bulan dengan harga paket real yang berlaku saat ini. Kemudian dana jamaah tersimpan aman di rekening Bank Muamalat atas nama jamaah, bukan di rekening travel. Hal ini tentu bisa menghindari kasus uang dibawa kabur oleh biro perjalanan atau pihak tidak bertanggung jawab.

Tabungan Umroh Jejak Imani juga melakukan pengelolaan tabungan umroh secara transparan, dengan begitu jamaah juga dapat secara langsung mengetahui besaran tabungan umroh yang sudah disetorkan setiap bulannya. 

Selain itu, Tabungan Umroh Jejak Imani telah telah memperoleh SK PPIU Nomor U.533 Tahun 2020 Terakreditasi A atau reputasi yang baik. Dalam hal ini, Tabungan Umroh Jejak Imani juga telah bekerjasama dengan Bank Muamalat dan menjamin pengelolaan dana jamaah secara aman, transparan serta jaminan Insya Allah berangkat.

Nah, itulah empat tips penting dalam mengumpulkan biaya perjalanan umroh. Ayo tetapkan hati untuk beribadah dan rencanakan perjalanan umroh dengan menabung di Tabungan Umroh Jejak Imani. Ingin beribadah ke Tanah Suci, namun terkendala biaya? Tabungan Umroh Jejak Imani jawabannya.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply