Syarat Qurban – Qurban memang ibadah yang hanya dilakukan saat Idul Adha, bahkan ini terbatas hanya di tanggal 10 – 13 Dzulhijjah saja. Dimana terdapat beberapa syarat qurban yang sah, mulai dari orang yang hendak berkurban hingga hewan yang akan dikurbankan.

syarat qurban

Source: Google.com

Bagaimana jadinya jika menyembelih hewan qurban setelah tanggal 10-13 Dzulhijjah, maka amalan ini tidak bisa disebut dengan qurban. Bahkan jika dagingnya akan dibagikan secara langsung dalam bentuk daging mentah, maka dari itu pahami syarat syarat berikut ini.

4 Syarat Qurban yang Sah Bagi Umat Islam

Apakah dengan penyembelihan hewan saat Idul Adha dapat disebut sebagai qurban?  Tentu saja tidak, Anda juga harus membedakan mana qurban dan penyembelihan hewan seperti biasa. Dimana 4 syarat agar qurban dinyatakan sah:

  • Qurban Harus Hewan Ternak

    Hewan yang boleh untuk qurban hanya hewan ternak atau an’am. Dan di Indonesia biasanya hewan ternak yang digunakan adalah kambing, domba dan sapi, namun di Arab Saudi biasanya akan digunakan unta sebagai hewan qurban, ini boleh saja karena termasuk hewan ternak atau an’am.

Dalil tentang hewan qurban sudah disebutkan dengan jelas dalam surah Al Hajj Ayat 34 yang artinya,

Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya.

  • Hewan Sudah Mencapai Usia Qurban

    Ada ketentuan dalam syariat islam, bahwasanya hewan qurban harus memenuhi usia tertentu. Domba minimal berusia 6 hingga 12 bulan. Kambing usia minimal 1 hingga 2 tahun. Sapi usia minimal 2 tahun hingga 3 tahun. Unta minimal usia 5 tahun hingga 6 tahun.

 

  • Hewan Harus Bersih dan Tanpa Cacat

    Selain mempertimbangkan usia hewan qurban, perhatikan dulu secara fisiknya. Dimana tidak diperbolehkan qurban hewan dalam kondisi cacat, sakit, hamil atau memiliki kekurangan secara fisik lainnya.


Kekurangan yang tidak diperbolehkan seperti mata buta, kaki pincang yang terlihat jelas, sakit yang tidak memiliki kejelasan hingga badannya terlalu kurus (bagian sumsum hilang). Sebaiknya memilih hewan terbaik untuk qurban karena ini merupakan amalan yang paling disukai Allah ﷻ saat Idul Adha.

  • Penyembelihan pada 10-13 Dzulhijjah

    Amalan dalam bentuk penyembelih hewan ternak yang akan disebut qurban, jika dilakukan pada 10-13 dzulhijjah. Dimana biasanya pada hari pertama akan dilakukan setelah shalat ied hingga dzuhur. Jika penyembelihan belum selesai, bisa dilakukan lagi pada hari tasyriq.


Selain itu, disunnahkan untuk menyembelih hewan qurban sebelum matahari tenggelam dan dagingnya langsung dibagian dengan pembagian yang sudah disebutkan dalam kaidah islam. Berikan pada yang berhak dan membutuhkan terlebih dahulu, daging qurban boleh dimakan oleh orang yang berqurban.

Syarat Orang yang Berkurban

Apakah semua orang bisa berkurban? Tentu saja tidak, banyak hadits shahih meriwayatkan orang atau kelompok wajib qurban adalah mereka yang sudah mampu dan semata mengharapkan ridho Allah ﷻ. Berikut ini beberapa syarat orang yang boleh berqurban,

  • Muslim

    Hanya umat muslim yang diperbolehkan untuk qurban. Bagaimana jika ada orang non muslim yang menyembelih hewan dan membagikan saat Idul Adha hingga hari tasyrik? Dan hal tersebut bukan qurban.

 

  • Berakal dan Baligh

    Qurban ditujukan pada kamu yang telah baligh dan berakal, itulah sebabnya anak-anak tidak wajib untuk qurban. Namun, diperbolehkan mengajarkan anak-anak untuk qurban. Bukan hanya anak-anak, orang yang tidak berakal atau dalam kondisi gangguan jiwa tidak diwajibkan untuk berqurban.

 

  • Kondisinya Mampu

    Qurban diwajibkan bagi umat muslim yang mampu, bukan hanya dalam membeli hewan qurban namun stabil dalam hal finansial.


Apakah wajib hukumnya yang masih memiliki hutang berqurban sekalipun terlihat mampu? Tidak perlu, qurban hanya untuk umat muslim yang kondisi lapang.

 

  • Penduduk Tetap

    Dimana sebaiknya untuk berqurban? Qurban di lingkungan sekitarmu dan berikan pada orang sekitar yang membutuhkan. Lain halnya jika kamu sedang berada di kota lain, tidak wajib hukumnya untuk qurban.

Semoga Anda bisa mendapatkan banyak hikmah dengan mengetahui syarat qurban bagi umat Islam dan dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang berencana untuk berkurban pada tahun 2022. 

Jejak Imani juga menawarkan pilihan hewan qurban untuk Anda. Jika Anda sudah memiliki niat untuk qurban pada tahun 2022, dapat memilih dan menanyakan hewan qurban disini sesuai kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang sudah rindu ke Tanah Suci dan ingin melakukan perjalanan ibadah umroh, Anda dapat berangkat lebih nyaman bersama Jejak Imani. Lihat juga Paket Umroh Jejak Imani disini. Dan jika Anda ingin mengetahui informasi paket dan jadwal keberangkatan yang ada di Jejak Imani Anda dapat kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis).

Bagi Anda yang terkendala biaya umroh, tidak perlu khawatir karena Jejak Imani memiliki program Tabungan Umroh. Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji Plus, Umrah & Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Ingin Qurban 2022?  Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply