Sunnah Qurban – Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari yakni Minggu 10 Juli 2022. Ibadah qurban bukan hanya sekedar penyembelihan hewan ternak biasa. Namun diiringi juga dengan tata cara serta sunnah qurban yang benar.

sunnah qurban

Source: Google.com

Adapun jumhur ulama tentang hukum kurban disebut sebagai sunnah muakkadah yaitu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah . Dengan demikian, qurban merupakan ibadah yang sangat disarankan terutama orang-orang yang memang mampu melaksanakannya.

Sebelum kita mendalami tentang qurban ada baiknya kita kenali dulu beberapa sunnah-sunnah qurban yang dapat kita jalani seperti berikut ini,

Mencari Hewan yang Gemuk dan Berisi

Telah menceritakan kepada kami Abu Awanah dari Qatadah dari Anas bin Malik ia berkata.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkurban dengan dua ekor kambing gemuk lagi bertanduk beliau menyembelih keduanya dengan tangannya sendiri. Beliau menyebut nama Allah, bertakbir serta meletakkan kakinya di atas lambungnya.” Ia berkata.

“Dalam bab ini ada hadits serupa dari Ali, ‘Aisyah, Abu Hurairah, Abu Ayyub, Jabir, Abu Darda, Abu Rafi’, Abu Umar dan Abu Bakrah.” Abu Isa berkata; “Ini adalah hadits hasan shahih.”

(Hadits Jami’ At-Tirmidzi No. 1414)

Tidak Memotong Kuku dan Rambut Sampai Kurban Disembelih

Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Umar Al Makki telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Abdurrahman bin Humaid bin Abdurrahman bin ‘Auf bahwa dia mendengar Sa’id bin Musayyab menceritakan dari Ummu Salamah bahwa Nabi Muhammad bersabda,

“Jika telah tiba sepuluh (dzulHijjah) dan salah seorang dari kalian hendak berkurban, maka janganlah mencukur rambut atau memotong kuku sedikitpun.” Dikatakan kepada Sufyan.

“Sebagian orang tidak memarfu’kan (hadits ini)?” Sufyan menjawab, “Akan tetapi saya memarfu’kannya.”

(Hadits Shahih Muslim No. 3653)

Membaca Basmalah Sebelum Menyembelih

Telah menceritakan kepada kami Hafs bin Umar telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Al Aswad bin Qais dari Jundab ia pernah menyaksikan Nabi Muhammad di hari raya kurban (idul adha) mendirikan shalat, kemudian berkhutbah dan bersabda,

“Barangsiapa menyembelih sebelum shalat, hendaklah ia menyembelih kembali dengan sembelihan lain sebagai gantinya, dan barangsiapa belum menyembelih, hendaklah menyembelih dengan menyebut nama Allah.”

(Hadits Shahih Al-Bukhari No. 6851)

Sunnah Menyembelih Kurban Setelah Shalat Idul Adha

Telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Minhal telah menceritakan kepada kami Syu’bah dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Zubaid dia berkata. Saya mendengar As Sya’bi dari Al Barra` radliallahu ‘anhu dia berkata; saya mendengar Nabi Muhammad berkhutbah, sabdanya,

“Sesungguhnya yang pertama kali kita lakukan pada hari ini adalah melaksanakan shalat (‘iedul adlha) kemudian kembali pulang dan menyembelih binatang kurban, barangsiapa melakukan hal ini, berarti dia telah bertindak sesuai dengan sunnah kita., barangsiapa menyembelih binatang kurban sebelum (shalat ied), maka sesembelihannya itu hanya berupa daging yang ia berikan kepada keluarganya, tidak ada hubungannya dengan ibadah kurban sedikitpun.”

Lalu Abu Burdah berkata.

“Aku menyembelih sebelum shalat, sementara aku masih memiliki jad’ah (anak kambing yang berusia dua tahun) yang lebih baik daripada kambing muda, maka beliau bersabda: “Sembelihlah binatang kurban itu, namun hal itu tidak sah untuk orang lain setelahmu.”

(Hadits Shahih Al-Bukhari No. 5134)

Sunnah Menyembelih Kurban dengan Tangan Sendiri

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Muhammad bin Ja’far telah menceritakan kepada kami Syu’bah saya mendengar Qatadah menceritakan dari Anas bin Malik dia berkata.

“Sungguh saya telah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyembelih hewan kurbannya dengan tangan beliau sendiri sambil meletakkan kaki beliau di leher hewan kurban tersebut.”

(Hadits Sunan Ibnu Majah No. 3146)

Itulah beberapa sunnah qurban yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad sebagai pedoman untuk kita pelajari. Semoga dengan berbagi wawasan ini kita bisa melakukan ibadah qurban dengan sempurna.

Jejak Imani juga menawarkan pilihan hewan qurban untuk Anda. Jika Anda sudah memiliki niat untuk qurban pada tahun 2022, dapat memilih dan menanyakan hewan qurban sesuai kebutuhan Anda disini.

Bagi Anda yang sudah rindu ke Tanah Suci dan ingin melakukan perjalanan ibadah umroh, Anda dapat berangkat lebih nyaman bersama Jejak Imani. Lihat juga Paket Umroh Jejak Imani disini. Dan jika Anda ingin mengetahui informasi paket dan jadwal keberangkatan yang ada di Jejak Imani Anda dapat kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis).

Bagi Anda yang terkendala biaya umroh, tidak perlu khawatir karena Jejak Imani memiliki program Tabungan Umroh. Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji Plus, Umrah & Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour 2022 Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply