Sholat Sunnah – Sholat sunnah adalah ibadah dalam agama Islam yang apabila dilakukan akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dilakukan, tidak mendapatkan dosa. Namun, ada satu sholat sunnah yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad yang lebih baik dari dunia dan seisinya.

Sholat Sunnah

Source: Google.com

Sholat sunnah tersebut adalah sholat sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan ibadah sholat subuh (sholat qobliyah subuh) sebanyak 2 rakaat. Sholat sunnah ini termasuk dalam sholat sunnah rawatib (sholat sunnah yang mengiringi sholat fardhu atau sholat wajib) dan sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad ﷻ untuk dikerjakan.

Nabi Muhammad ﷻ hampir tidak pernah meninggalkan sholat sunnah qobliyah subuh (sholat sunnah sebelum subuh). Seperti dijelaskan dalam riwayat hadis di bawah sini,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah menjaga shalat sunnah yang lebih daripada menjaga shalat sunnah dua raka’at sebelum Shubuh” (HR. Muslim no. 724).

Nabi Muhammad bersabda,

“Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

Ketika Nabi Muhammad ﷻ mengerjakan sholat sunnah qobliyah subuh (sholat sunnah sebelum subuh), beliau selalu membaca surah pendek yang terdapat dalam Al-Quran,

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ketika shalat sunnah qobliyah shubuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (HR. Muslim no. 726).

Adapun niat sholat sunnah qobliyah subuh (sholat sunnah sebelum subuh) sebagai berikut,

“Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala”

Artinya:

Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua raka’t karena Allah Taala.

Untuk tata cara pelaksanaan sholat sunnah sebelum subuh sama seperti dengan sholat sunnah lainnya. 

  • Membaca niat shalat sunnah qabliyah subuh.
  • Takbiratul Ihram.
  • Membaca surah Al-Fatihah dilanjutkan salah satu surah dalam Al-Quran, disunnahkan membaca Al-Kafirun.
  • Rukuk.
  • Iktidal.
  • Sujud pertama.
  • Duduk di antara dua sujud.
  • Sujud kedua rakaat pertama.
  • Berdiri dan mengulang urutan di atas sejak membaca al-Fatihah dan membaca surah pendek, disunnahkan membaca surah Al-Ikhlas, hingga sujud kedua.
  • Duduk tasyahud.
  • Mengucapkan salam, menoleh ke kanan dan kiri.

 

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui keistimewaan sholat sunnah yang lebih baik dari pada dunia dan seisinya yaitu sholat sunnah qobliyah subuh (sholat sunnah 2 rakaat sebelum sholat subuh). Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik sebagai bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah  sekaligus menyempurnakan amalan kita.

Rencanakan ibadah haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan miliki pengalaman haji lebih nyaman dengan paket dan program terbaik di Jejak Imani. Dapatkan waktu antri haji yang singkat dengan fasilitas bintang 5, disini.

Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana. Dapatkan program menarik dari Jejak Imani khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply