Puasa Sunnah Muharram – Bulan Muharram merupakan satu dari empat bulan mulia. Sekaligus bulan pertama yang mengawali tahun baru Islam dan sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan pada bulan ini. Allah ﷻ berfirman dalam Surah At-Taubah ayat 36,

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya:

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Empat bulan suci yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. 

Puasa Sunnah Muharram

Source: Google.com

Pada bulan Muharram, umat Islam dapat melakukan puasa sunnah yang hanya ada pada bulan Muharram, yaitu; Puasa Tasu’ah dan Asyura. Puasa sunnah Tasu’ah dapat dilakukan pada 9 Muharram atau hari Rabu, 18 Agustus 2021. Sedangkan untuk Puasa sunnah Asyura jatuh pada 10 Muharram atau hari Kamis, 19 Agustus 2021.

Sama seperti puasa sunnah lainnya, puasa sunnah pada bulan Muharram hanya dibedakan pada niat ketika melafalkannya. 

Niat Puasa Sunnah Tasu’ah di Bulan Muharram

Nawaitu shauma ghadin an ada’i sunnatit tasu’a lillahi ta’aalaa

Artinya:

“Aku berniat puasa sunah Tasu’a esok hari karena Allah.”

Niat Puasa Sunnah Asyura di Bulan Muharram

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnatil aasyuuraa lillaahi ta’aalaa.

Artinya:

“Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.”

Keutamaan Puasa Sunnah pada Bulan Muharram

Puasa sunnah Tasu’ah dan Asyura yang terdapat pada bulan Muharram, memiliki keutamaan apabila ditunaikan, berikut penjelasannya;

  • Salah Satu Puasa Sunnah yang Diutamakan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad ﷻ bersabda, 

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR Muslim, Imam an-Nawawi menjelaskan hadits ini shahih).

  • Sebanding Pahala Puasa 30 Hari

Melakukan puasa sunnah pada bulan Muharram dijanjikan akan menerima ganjaran pahala sama seperti berpuasa 30 hari. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad ﷻ bersabda, 

“Orang yang berpuasa pada hari Arafah maka menjadi pelebur dosa dua tahun, dan orang yang berpuasa sehari dari bulan Muharram maka baginya sebab puasa setiap sehari pahala 30 hari puasa’.” (HR at-Thabarani).

  • Meleburkan Dosa 1 Tahun

Keutamaan lain pada puasa sunnah di bulan Muharram adalah dapat meleburkan dosa bagi yang melakukannya, dosa selama satu tahun yang telah dilalui. Diriwayatkan dari Abu Qatadah RA, Nabi Muhammad ﷻ ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura,

“Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat’.” (HR Muslim).

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui puasa sunnah pada bulan Muharram ini sehingga lebih mantap dalam menjalani ibadah serta amalan-amalannya. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik dengan melakukan Puasa Tasu’ah dan Asyura pada bulan Muharram ini sebagai bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah  sekaligus menyempurnakan amalan kita.

Jejak Imani menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda yang sedang merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Apabila Anda ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Mari pelajari kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim AS dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah sekaligus meraih ketenangan dalam hidup dengan mempelajari sirah kehidupan syarat hikmah dari Nabi Ibrahim AS, Anda dapat mendaftarkan diri disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat memfasilitasi Anda berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply