Makanan Buka Puasa – Waktu berbuka puasa kini jadi momen yang ditunggu selama bulan Ramadhan. Oleh karena itu tak sedikit yang sering kalap menyantap berbagai hidangan yang ada di meja makan. 

makanan buka puasa

Source: Google.com

Padahal selama berpuasa, memperhatikan asupan nutrisi sangat penting agar tubuh tetap sehat. berikut ini adalah 5 menu makan sehat yang dapat dikonsumsi saat waktu berbuka puasa. 

  1. Kurma 

Mengkonsumsi Kurma dan air putih saat berbuka merupakan anjuran langsung dari Nabi Muhammad . Kurma merupakan buah yang memiliki gula alami, sehingga ketika berbuka dengan kurma akan dapat mengembalikan tenaga. Buah asal kawasan Timur Tengah itu juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh, yakni kalium dan serat. 

  1. Sup 

Makanan berkuah seperti sup atau soto dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menu berbuka puasa. Selain memiliki kandungan cairan, sup juga mengenyangkan dan memberikan nutrisi yang cukup. 

  1. Alpukat dan telur rebus 

Berikutnya adalah alpukat dan telur rebus, keduanya merupakan makanan yang mudah dicerna oleh lambung dan usus. Sehingga mengkonsumsi alpukat dan telur rebus merupakan pilihan yang baik sebagai menu berbuka puasa. 

Lihat juga: Info Jadwal Puasa 2022 dan Jadwal Imsakiyah

  1. Smoothies 

Smoothies adalah minuman yang memiliki kandungan serat rendah, sehingga mudah untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu, ketika meminum smoothies untuk membatalkan puasa akan terasa sangat menyegarkan.

Makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa

Berikut ini adalah beragam makan yang perlu dihindari saat berbuka puasa.

  1. Makanan pedas 

Mengkonsumsi makanan pedas saat kondisi perut dalam keadaan kosong dapat menyebabkan rasa mulas serta sakit perut. Cabai merupakan salah satu unsur penting dalam olahan makanan pedas. Di dalam cabai terkandung senyawa capsaicin yang bisa mengiritasi dinding lambung ketika perut dalam keadaan kosong. Selain itu, capsaicin juga dapat membuat usus besar tidak dapat menyerap air secara maksimal.

  1. Minuman bersoda 

Minuman bersoda jika diminum saat perut kosong akan menimbulkan gangguan pada pencernaan. Kandungan asam berkarbonasi pada minuman tersebut ketika bercampur dengan asam lambung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti mual dan perut kembung. Minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko terkena obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular ketika dikonsumsi secara rutin dalam waktu jangka panjang. 

  1. Buah asam 

Sebaiknya menghindari memakan buah-buahan yang bersifat asam ketika berbuka puasa tiba. Walaupun buah merupakan makanan yang sehat dimakan, akan tetapi buah asam tidak tepat jika dikonsumsi sewaktu berbuka. Jika dikonsumsi ketika keadaan perut kosong makan akan meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan ketidaknyamanan di daerah lambung dan dada. Selain itu juga dapat menyebabkan diare, karena buah-buahan asam dapat memicu gas di dalam perut dan menyebabkan tekanan di dalam sistem pencernaan. 

Lihat juga: Info Jadwal Puasa 2022 dan Jadwal Imsakiyah

  1. Kopi 

Meminum kopi saat perut dalam keadaan kosong dapat menimbulkan peningkatan asam lambung. Selain itu, kopi juga dapat memicu dehidrasi karena memiliki efek diuretik. Ketika kopi dikonsumsi langsung sewaktu berbuka maka akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan dan dapat menyebabkan gastritis pada beberapa orang. 

  1. Gorengan 

Kandungan minyak yang terdapat pada makanan gorengan dapat menjadikan makanan sulit dicerna oleh tubuh, sehingga membuat gorengan kurang baik untuk tubuh. Makan gorengan misalnya seperti bakwan, tempe goreng, ayam goreng atau kentang goreng. 

  1. Minuman dingin 

Mengkonsunsi minuman dingin ketika berbuka puasa pastilah menyegarkan. Padahal, meminum minuman dingin saat perut dalam keadaan kosong dapat merusak selaput lendir dan memicu kontraksi pada lambung. Hal itu disebabkan karena lambung baru saja menerima cairan dengan suhu yang jauh berbeda dari suhu tubuh. Berbeda dengan minuman hangat yang malah dapat memperlancar proses pencernaan makanan dan meningkatkan metabolisme.

Bulan suci Ramadhan penuh dengan keberkahan dan sangat baik apabila diiringi dengan niat yang baik. Agar dapat memaksimalkan ibadah shalat dan puasa dengan mengetahui waktu, Anda dapat mengunduh jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan disini.

Jejak Imani juga memfasilitasi beberapa program yang dapat Anda pilih dan Insya Allah program yang Jejak Imani miliki dapat bermanfaat untuk Anda, baik dengan menambah ilmu dan begitu pula menambah ketaqwaan kita terhadap Allah ﷺ. Berikut selengkapnya di bawah sini!

Umroh untuk jamaah Indonesia sudah dapat dilakukan pada tahun 2022 ini. Bagi Anda yang sudah rindu ke Tanah Suci dan ingin melakukan perjalanan ibadah umroh pada 2022, Anda dapat berangkat lebih nyaman bersama Jejak Imani. Lihat Paket Umroh 2022 Jejak Imani disini. Dan jika Anda ingin mengetahui informasi paket dan jadwal keberangkatan yang ada di Jejak Imani Anda dapat kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis).

Bagi Anda yang terkendala biaya umroh, tidak perlu khawatir karena Jejak Imani memiliki program Tabungan Umroh. Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh 2022 khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh 2022 yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2022 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour 2022 Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply