Nuzulul Quran 2022 – Apakah Anda sudah tahu kapan dan hari apa diperingatinya Nuzulul Quran? 

Nuzulul Quran 2022 akan diperingati pada tanggal 17 Ramadhan 1443 H atau pada hari Selasa, tanggal 19 April 2022 menurut perhitungan kalender masehi.

nuzulul quran 2022

Source: Google.com

Peringatan Nuzulul Quran umumnya dilakukan oleh umat Muslim untuk mempelajari serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran pada kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi, Nuzulul Quran 2022 yang jatuh pada tanggal 17 Ramadhan sangat berdekatan dengan malam Lailatul Qadar (10 malam terakhir bulan Ramadhan) dimana pada malam itu, penuh dengan keberkahan dan kemuliaan. Lantas seperti apa sejarah Nuzulul Quran? Simak lebih jelasnya dibawah ini.

Lihat juga: Info Jadwal Puasa 2022 dan Jadwal Imsakiyah

Sejarah Nuzulul Quran

Nuzulul Quran adalah suatu peristiwa turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad ﷺ. Allah ﷻ pertama kali menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad ﷺ saat beliau di Gua Hira. Wahyu yang pertama diturunkan adalah Surah Al-Alaq (ayat 1-5) dan setelah itu Allah ﷻ menurunkan Surah An-Nashr.

Perlu diketahui bahwa urutan Surah dalam Al-Quran yang kita tahu saat ini bukan berdasarkan urutan penurunannya. Turunnya wahyu kepada Rasulullah ﷺ sesuai dengan kondisi pada masa itu.

Allah ﷻ menurunkan wahyu Al-Quran di kota Madinah dan Makkah. Oleh sebab itulah mengapa Surah dalam Al-Quran terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan Surah Makkiyah (Mekkah) dan golongan Surah Madaniyah (Madinah). 

Periode turunnya golongan Surah Makkiyah berlangsung selama 9 tahun dan golongan Surah Madaniyah berlangsung selama 10 tahun. Pada proses turunnya wahyu secara berangsur-angsur tersebut, Nabi Muhammad ﷺ secara perlahan juga memperkenalkan agama Islam. 

Walaupun adanya penentangan ketika proses menyiarkan agama Islam ketika itu, namun seiring dengan berjalannya waktu banyak umat yang menerima agama Islam dan mengikuti ajaran Rasulullah ﷺ.

Lihat juga: Info Jadwal Puasa 2022 dan Jadwal Imsakiyah

Keutamaan Nuzulul Quran

Sebagai umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa, mari pelajari kembali ilmu dan keutamaan Nuzulul Quran agar dapat menyambut Nuzulul Quran 2022 dengan ikhtiar terbaik, yaitu sebagai berikut:

  • Nuzulul Quran diperingati pada 17 Ramadhan 1443 H atau hari Selasa 19 April 2022 dalam suasana bulan Ramadhan yang penuh akan keberkahan dari Allah ﷻ.
  • Atas ridho Allah, insya Allah akan diampuni seluruh dosa jika bersungguh-sungguh memohon ampunan-Nya dan melakukan ikhtiar terbaik dalam membaca, menghafal dan mengamalkan Al-Quran.
  • Dijanjikan pahala berlipat bagi muslim dan muslimah yang melaksanakan ibadah dan berbuat kebaikan sesuai dengan ajaran agama Islam dalam Quran dan sunnah.    

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui sejarah dan keutamaan Nuzulul Quran pada tahun 2022 ini, sehingga lebih mantap dalam menjalani ibadah pada hari-hari yang tersisa selama bulan suci Ramadhan di tahun ini. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik untuk menjadikan Ramadhan ini sebagai Ramadhan dengan ibadah terbaik kita.

Jejak Imani juga memfasilitasi beberapa program yang dapat Anda pilih dan Insya Allah program yang Jejak Imani miliki dapat bermanfaat untuk Anda, baik dengan menambah ilmu dan begitu pula menambah ketaqwaan kita terhadap Allah ﷺ. Berikut selengkapnya di bawah sini!

Umroh untuk jamaah Indonesia sudah dapat dilakukan pada tahun 2022 ini. Bagi Anda yang sudah rindu ke Tanah Suci dan ingin melakukan perjalanan ibadah umroh pada 2022, Anda dapat berangkat lebih nyaman bersama Jejak Imani. Lihat Paket Umroh 2022 Jejak Imani disini. Dan jika Anda ingin mengetahui informasi paket dan jadwal keberangkatan yang ada di Jejak Imani Anda dapat kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis).

Bagi Anda yang terkendala biaya umroh, tidak perlu khawatir karena Jejak Imani memiliki program Tabungan Umroh. Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh 2022 khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh 2022 yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2022 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour 2022 Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply