Jaga Kesehatan – Pada masa Covid 19 menjaga kesehatan tubuh tentu sangat penting untuk dilakukan. Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka tubuh kita bisa memperoleh banyak manfaat positifnya. Lantas, apa manfaat jaga kesehatan di masa Covid 19 bagi agama Islam? Simak penjelasannya disini.

jaga kesehatan

Source: Google.com

Sehat dalam Beribadah

Jaga kesehatan tubuh dalam Islam termasuk hal yang penting. Kita membutuhkan tubuh yang sehat untuk beribadah kepada Allah ﷻ. Baik ibadah mahdhah (yang disyariatkan), ataupun ghairu mahdhah (aktivitas sehari-hari yang bernilai ibadah).

Contoh sholat dan puasa. Kita memerlukan tubuh yang sehat untuk melaksanakannya. Begitu pula seperti ibadah haji dan umroh. Kemudian aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, membantu orang lain, mencari nafkah dan sebagainya yang membutuhkan kesehatan fisik dalam pelaksanaanya.

Tujuan manusia dihidupkan adalah untuk beribadah kepada Allah ﷻ. Oleh karena itu, baiknya agar selalu berlomba-lomba untuk beribadah kepada Allah ﷻ, hal ini dilakukan sebagai bentuk keimanan kita dan demi meraih ridho serta pahala dari-Nya. Oleh karena itu, jaga kesehatan tubuh harus dilakukan oleh semua orang yang beriman terutama di masa Pandemi Covid 19 saat ini. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang Muslim.

Jaga Kesehatan dengan Tidak Berlebihan dalam Segala Hal

Melakukan segala sesuatu secara tidak berlebih-lebihan adalah salah satu cara terbaik untuk jaga kesehatan tubuh kita di masa pandemi Covid 19. Allah ﷻ berfirman dalam Surah Al-A’raf ayat 52,

 يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ࣖ

Artinya:

Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Sementara itu para pakar kesehatan juga banyak memberi penjelasan, akan banyak gangguan kesehatan muncul akibat tindakan yang berlebihan. Misalnya, makan berlebihan dan sembarangan akan menyebabkan obesitas serta gangguan tekanan darah. Akhirnya akan menyebabkan berbagai penyakit kepada yang melakukan segala sesuatu yang berlebihan. 

Kemudian terlalu berlebihan dalam mengkhawatirkan dunia juga bisa membuat kita mudah stress dan kekebalan tubuh menjadi turun sehingga akhirnya mengarah pada berbagai gangguan kesehatan.

Sangat penting untuk tidak melakukan segala sesuatu secara berlebihan sebagai bentuk taqwa kita kepada Allah ﷻ sekaligus bermanfaat pula untuk jaga kesehatan tubuh kita, terutama di masa pandemi Covid 19 seperti saat ini.

Dua Point Kesehatan dalam Islam

Para ulama menerangkan ada dua poin aspek untuk jaga kesehatan dalam Islam, yaitu ash-shihah dan al-fiat. Ash-shihah artinya kesehatan jasmani yang merupakan kesehatan badan dari seseorang. Sedangkan, al-fiat mengartikan kesehatan rohani yang berkaitan dengan kondisi batin seseorang.

Seseorang disebut “sehat wal afiat” apabila memiliki kondisi kesehatan yang baik pada raga dan jiwanya. Tidak dapat dibilang sehat apabila seseorang yang fisiknya sehat namun didalam hatinya masih memiliki beban (stress/depresi). 

Semoga dari pembahasan ini, Anda dapat mengetahui manfaat jaga kesehatan bagi ajaran Islam dan dapat menjadi manfaat di masa Pandemi Covid 19. Insya Allah, kita semua selalu dalam keadaan sehat dan semakin bertaqwa kepada kepada Allah ﷻ. 

Bagi Anda, Bapak/Ibu/Sahabat yang sedang merencanakan untuk membeli hewan qurban di tahun ini, insya Allah Jejak Imani dapat menjadi solusinya. Mari pilih hewan qurban Anda dengan menghubungi staff kami disini.

Jejak Imani juga menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda. Bila ada dari Anda yang sedang ingin merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Dan apabila ada dari Anda yang ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Yang terakhir, Jejak Imani juga memfasilitasi bagi Anda yang ingin berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply