Info Haji 2021 – Kementerian Agama (Kemenag) telah memutuskan untuk tidak mengirim jamaah pada ibadah haji 2021. Pembatalan ini menjadi yang kedua setelah tahun lalu Pemerintah Indonesia juga tidak mengirim jamaah disebabkan oleh pandemi Covid-19.

haji 2021

Source: Google.com

Hal tersebut tertuang pada keputusan Kementerian Agama RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 Hijrah/2021 Masehi.

Dikutip dari Media Daring Indonesia

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo, terkait keputusan tersebut. Dalam pertemuan itu, Yaqut bersama Presiden Jokowi membahas perihal nasib para calon jamaah haji Indonesia di tahun ini.

Yaqut juga sudah melakukan rapat dengan komisi VIII DPR RI. Dalam rapat tersebut, Komisi VIII juga memahami keputusan Pemerintah yang mentiadakan ibadah haji pada tahun 2021 ini.

Sebelumnya, Yaqut menyebutkan bahwa Pemerintah Arab Saudi belum memberi kepastian terkait 1,8 persen jamaah haji Indonesia yang akan diberangkatkan di tahun 2021. Seharusnya, kepastian kuota jamaah haji Indonesia akan disampaikan oleh Pemerintah Arab Saudi pada 28 Mei lalu namun ternyata belum ada kabar apapun mengenai hal tersebut.

Pemerintah Indonesia pun pada Kamis, 3 Juni 2021 mengumumkan bahwa jamaah haji Indonesia tidak bisa berangkat untuk menunaikan ibadah haji 2021, sama seperti tahun 2020. Sungguh keputusan yang membuat banyak pihak merasa berat dan kecewa, terutama jamaah yang sudah mendapatkan giliran untuk berangkat tahun 2020 dan 2021.

Insya Allah, semoga ini merupakan keputusan yang baik bagi semua pihak dan mari terus doakan agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga umat muslim dapat segera beribadah haji untuk menunaikan kewajiban rukun islam yang kelima.

Insya Allah, mari kita doakan, tahun 2022 jamaah Indonesia dapat menunaikan haji. Jangan berputus asa terlebih dahulu, mari meluruskan niat kembali dan mengikhtiarkan finansial sambil terus mempelajari ilmu-ilmu mengenai haji agar dapat beribadah haji di tahun yang akan datang.

Bagi Anda, Bapak/Ibu/Sahabat yang sedang merencanakan ibadah haji plus atau ONH plus atau paket haji khusus, insya Allah Jejak Imani dapat menjadi solusinya. Dapatkan fasilitas haji plus, haji khusus yang lebih nyaman bersama Jejak Imani sebagai travel terakreditasi A oleh Kementerian Agama dengan keunggulan sebagai berikut:

  1. Bimbingan Insentif; pembimbing Jejak Imani adalah asatidz dengan background keilmuan yang bisa dipertanggungjawabkan
  2. Muthawwif Berpengalaman; jamaah haji akan selalu dibersamai oleh muthawwif dari mahasiswa salah satu universitas di Arab Saudi
  3. Tenda Mina Dekat; Jejak Imani menggunakan fasilitas VIP selama perjalanan haji, salah satunya tenda Mina yang dekat Jamarat antara Maktab 111-115
  4. Maskapai Plat Merah; demi kenyamanan dan kepastian keberangkatan, Jejak Imani memilih maskapai Garuda Indonesia atau Saudi Airlines, direct tanpa transit untuk
  5. Bus Eksekutif; selama perjalanan di tanah suci, jamaah akan difasilitasi bus AC eksekutif keluaran tahun terbaru
  6. Radiophone; saat bimbingan tawaf, sa’i dan prosesi ritual haji, jamaah haji akan selalu dibimbing oleh tim Khidmat Jejak Imani melalui radiophone.

Tanya dulu Paket Haji Khusus disini, KONSULTASI GRATIS!

Selain itu, Jejak Imani juga merupakan Biro Travel Haji dan Umroh Berizin Resmi oleh Kementerian Agama RI SK PIHK No. 394 Tahun 2021 dan SK PPIU No. U.533 Tahun 2020 dan Terakreditasi A oleh Kementerian Agama Indonesia, yang berarti Jejak Imani memiliki reputasi, kompetensi dan SIP sangat baik dalam penilaian resmi Kementerian Agama Indonesia.

Mari wujudkan niat ibadah haji Anda bersama Jejak Imani mulai dari sekarang. Ingin perjalanan ibadah haji ke tanah suci lebih berkesan dan lebih nyaman? Insya Allah, Jejak Imani jawabannya.

HAJI bersama JEJAK IMANI, Mari Memenuhi Panggilan, Mabrur Bersama Kekasih Ar Rahmaan..

Tanya dulu Paket Haji Khusus disini, KONSULTASI GRATIS!

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply