Rukun Haji – Rukun haji dalam agama Islam merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan dalam pelaksanaan ibadah haji. Sama halnya dengan ibadah lainnya, dalam melaksanakan ibadah haji juga ada rukun-rukun yang harus dipenuhi agar sempurna pula ibadahnya.

rukun haji

Source: Google.com

Rukun haji adalah rentetan aktivitas yang dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Haji secara istilah adalah berkunjung ke Baitullah (Ka’bah) pada waktu-waktu tertentu untuk melakukan amalan dengan niat melakukan ibadah.

Dengan mematuhi rukun haji secara baik dan benar, insya Allah ibadah haji pun akan sah dan semoga mabrur. Haji memiliki lima rukun yang wajib diketahui, simak penjelasannya berikut ini.

  • Ihram

Rukun haji yang pertama adalah ihram. Pada pelaksanaannya, para jemaah haji mengenakan pakaian ihram (tanpa jahitan) dan meniatkan diri untuk beribadah haji dan dilakukan dari miqat (perbatasan awal mula ibadah haji).

  • Wukuf di Arafah

Wukuf adalah berdiam diri, namun bukan berarti ibadah ini dilakukan dengan hanya berdiam diri dan tidak memikirkan apapun. Ketika memasuki masa wukuf, para jamaah haji hendaknya selalu berdzikir dan berdoa di padang Arafah. Wukuf dilakukan dari matahari terbit hingga terbenam. Rukun kedua haji ini dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai 10 Dzulhijjah.

  • Tawaf

Tawaf adalah ibadah yang dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Pada titik awal pengerjaan rukun haji ketiga ini, para jamaah memulainya dari Hajar Aswad dan dianjurkan untuk mengusap ketika melewatinya. Bila tidak memungkinkan untuk mengusap Hajar Aswad karena ramai dan penuh, jamaah diperbolehkan memberikan isyarat dengan melambaikan tangan ke arah Hajar Aswad.

  • Sa’i 

Lalu rukun haji yang selanjutnya adalah melakukan sa’i, dimulai dari bukit Shafa dan berakhir di bukit Marwah sebanyak tujuh kali putaran. Setelah berada di atas bukit Shafa dan menghadap ke arah Ka’bah (kiblat), jamaah membaca doa sa’i dan doa-doa lainnya.

Rangkaian ibadah sa’i berasal dari kisah Siti Hajar (istri Nabi Ibrahim) ketika mencarikan minum untuk Nabi Ismail yang masih kecil. Siti Hajar, berbolak-balik mencari air dari sumber mata air yang kini dikenal dengan air Zam-zam.

  • Tahalul 

Rukun haji selanjutnya adalah tahalul (mencukur minimal tiga helai rambut). Setelah melakukan serangkaian ibadah mulai dari ihram hingga sa’i, jamaah diharuskan untuk melakukan tahalul atau memotong rambut di bukit Marwah. Untuk laki-laki lebih baik mencukur rambut sampai habis dan untuk wanita dianjurkan memotong rambut minimal tiga helai. Untuk waktu pelaksanaanya setelah lewat tanggal 10 Dzulhijjah.

Selanjutnya, hal yang perlu dipahami dan juga dilaksanakan adalah wajib haji. Wajib haji ada 6 rangkaian, yaitu:

  1. Mabit di Muzdalifah (bermalam di Muzdalifah)
  2. Melempar jumrah aqabah sebanyak tujuh kali
  3. Melempar tiga jumrah di hari tasyriq (11,12, dan 13 Dzulhijjah)
  4. Mabit pada malam tasyriq 
  5. Ihram dan miqat
  6. Tawaf wada

Wajib haji tidak berpengaruh pada keabsahan haji. Jamaah haji yang meninggalkan tanpa uzur terkena dosa atas kelalaiannya dan diwajibkan membayar denda atau dam. Ibadah haji tetap sah jika jamaah membayar dam.

Sedangkan rukun haji menentukan keabsahan ibadah haji. Rukun haji tidak dapat digantikan dengan denda maupun dam dan lainnya.

Pastikan melaksanakan seluruh rukun haji secara berurutan dengan tidak melewati atau melompatinya. Insya Allah ibadah haji dapat terlaksana dengan sempurna atau sah.

Berkunjung ke Tanah Suci dan melakukan ibadah di haramain adalah impian setiap umat muslim. Semoga dengan memahami setiap rukun haji dengan baik, dapat membuat ibadah haji kita sah dan insya Allah mabrur.

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Ingin ibadah haji di 2022 Anda lebih nyaman? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply