Nuzulul Quran 2021 – Apakah Anda sudah tahu kapan dan hari apa diperingatinya Nuzulul Quran? 

Nuzulul Quran 2021 akan diperingati pada tanggal 17 Ramadhan 1442 H atau pada hari Kamis, tanggal 29 April 2021 menurut perhitungan kalender masehi.

Peringatan Nuzulul Quran umumnya dilakukan oleh umat Muslim untuk mempelajari serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran pada kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi, Nuzulul Quran 2021 yang jatuh pada tanggal 17 Ramadhan sangat berdekatan dengan malam Lailatul Qadar (10 malam terakhir bulan Ramadhan) dimana pada malam itu, penuh dengan keberkahan dan kemuliaan. Lantas seperti apa sejarah Nuzulul Quran? Simak lebih jelasnya dibawah ini.

Sejarah Nuzulul Quran

nuzulul quran

Source: Google.com

Nuzulul Quran adalah suatu peristiwa turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad ﷺ. Allah ﷻ pertama kali menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad ﷺ saat beliau di Gua Hira. Wahyu yang pertama diturunkan adalah Surah Al-Alaq (ayat 1-5) dan setelah itu Allah ﷻ menurunkan Surah An-Nashr.

Perlu diketahui bahwa urutan Surah dalam Al-Quran yang kita tahu saat ini bukan berdasarkan urutan penurunannya. Turunnya wahyu kepada Rasulullah ﷺ sesuai dengan kondisi pada masa itu.

Allah ﷻ menurunkan wahyu Al-Quran di kota Madinah dan Makkah. Oleh sebab itulah mengapa Surah dalam Al-Quran terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan Surah Makkiyah (Mekkah) dan golongan Surah Madaniyah (Madinah). 

Periode turunnya golongan Surah Makkiyah berlangsung selama 9 tahun dan golongan Surah Madaniyah berlangsung selama 10 tahun. Pada proses turunnya wahyu secara berangsur-angsur tersebut, Nabi Muhammad ﷺ secara perlahan juga memperkenalkan agama Islam. 

Walaupun adanya penentangan ketika proses menyiarkan agama Islam ketika itu, namun seiring dengan berjalannya waktu banyak umat yang menerima agama Islam dan mengikuti ajaran Rasulullah ﷺ.

Keutamaan Nuzulul Quran

Sebagai umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa, mari pelajari kembali ilmu dan keutamaan Nuzulul Quran agar dapat menyambut Nuzulul Quran 2021 dengan ikhtiar terbaik, yaitu sebagai berikut:

  • Nuzulul Quran diperingati pada 17 Ramadhan 1442 H atau hari kamis 29 April 2021 dalam suasana bulan Ramadhan yang penuh akan keberkahan dari Allah ﷻ.
  • Atas ridho Allah, insya Allah akan diampuni seluruh dosa jika bersungguh-sungguh memohon ampunan-Nya dan melakukan ikhtiar terbaik dalam membaca, menghapal dan mengamalkan Al-Quran.
  • Dijanjikan pahala berlipat bagi muslim dan muslimah yang melaksanakan ibadah dan berbuat kebaikan sesuai dengan ajaran agama Islam dalam Quran dan sunnah.    

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui sejarah dan keutamaan Nuzulul Quran pada tahun 2021 ini, sehingga lebih mantap dalam menjalani ibadah pada hari-hari yang tersisa selama bulan suci Ramadhan di tahun ini. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik untuk menjadikan Ramadhan ini sebagai Ramadhan dengan ibadah terbaik kita.

Teruntuk umat muslim yang sedang menjalankan puasa bulan Ramadhan pada tahun ini, dapat mengunduh jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan disini dan bagi Anda yang ingin berpuasa sambil menjelajahi keindahan Turki juga dapat melihat paket di Jejak Imani.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply