Hari Tasyrik – Apa itu hari tasyrik? Hari tasyrik adalah hari raya umat Islam, tepatnya tiga hari setelah Idul Adha. Tahun 2021 ini, hari tasyrik jatuh pada tanggal tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah 1442 pada penanggalan hijriah, atau 21, 22, 23 Juli 2021 pada penanggalan masehi. 

hari tasyrik

Source: Google.com

Pada hari tasyrik, untuk umat Islam yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji, sangat dianjurkan untuk berqurban. Biasanya qurban mulai dilaksanakan sehabis sholat Idul Adha dan dilakukan di pelataran (halaman) masjid. Batas waktu umat Islam untuk berqurban adalah di hari terakhir pada hari tasyrik yakni 13 Dzulhijjah 1442 (23 Juli 2021) sebelum adzan maghrib.

Bagi Anda, Bapak/Ibu/Sahabat yang sedang merencanakan untuk membeli hewan qurban di tahun ini, insya Allah Jejak Imani dapat menjadi solusinya. Mari pilih hewan qurban Anda dengan menghubungi staff kami disini.

Amalan Hari Tasyrik

Selain berqurban ada pula amalan lain yang dapat dilakukan oleh umat Islam di hari tasyrik, antara lain,

  • Memperbanyak Dzikir
dzikir hari tasyrik

Source: Google.com

Dzikir adalah amalan yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk selalu berdzikir. Dengan berdzikir, menandakan taqwa kita terhadap Allah ﷻ dan kita juga akan merasakan ketenangan hati.

Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

“Hari Tasyrik adalah hari makan, minum, dan banyak mengingat Allah.” (HR. Muslim, Ahmad, Abu Daud, Nasa’i).

  • Perbanyak Doa
niat sholat tarawih

Source: Google.com

Saat hari tasyrik setiap doa dan permohonan ampun bisa dikabulkan dengan segera. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa di hari tasyrik. Kita juga dapat berdoa sesuai dengan hajat kita masing-masing pada hari tasyrik dan sambil bermuhasabah diri kepada Allah ﷻ.

Anas bin Malik mengatakan,

“Do’a yang paling banyak dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “Allahumma Rabbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaban naar” (Ya Allah, Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka)” (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Menikmati Setiap Makanan & Minuman
makanan khas arab

Source: Google.com

Saat memasuki hari Tasyrik, umat Islam diwajibkan untuk makan dan minum. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad ﷻ,

“Hari Taysrik adalah hari makan, minum dan meningat Allah” (HR. Muslim)

Makan dan minum pada hari Tasyrik merupakan salah satu bentuk syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah ﷻ. Maka dari itu, haram hukumnya bagi umat Islam berpuasa di hari tasyrik. Sabda Nabi Muhammad ﷻ,

“Diriwayatkan dari Uqbah bin Amir, bahwa Rasulullah Saw bersabda: hari Arafah (9 Dzul Hijjah), hari Idul Adha (10 Dzul Hijjah) dan hari-hari Tasyrik merupakan hari raya kita umat Islam. Hari-hari tersebut merupakan hari makan dan minum.” (HR. Abu Daud).

Keutamaan Hari Tasyrik

Adapun keutamaan dari hari Tasyrik adalah sebagai berikut,

  • Hari Paling Agung Disisi Allah ﷻ 

Dalam sebuah hadis dari Abdullah bin Qurth, Nabi Muhammad ﷻ bersabda,

“Hari yang paling agung di sisi Allah adalah hari kurban (Idul Adha), kemudian hari al-qarr.” (HR. Abu Daud, Ibnu Khuzaimah, dan disahihkan Al-Albani. Al-A’dzami mengatakan di dalam Ta’liq Shahih Ibn Khuzaimah bahwa sanadnya sahih)

Berdasarkan keterangan Ibnu Khuzaimah bahwa Abu Bakar mengatakan,

“Hari al-qarr adalah hari kedua setelah hari kurban.”

  • Waktu Paling Tepat untuk Berdoa 

Hari tasyrik adalah waktu yang paling tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah ﷻ. Hal tersebut seperti apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad ﷻ. Dalam hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik, 

“Bahwasanya doa yang paling banyak dibaca Nabi sallallahu alaihi wasallam adalah rabbana aatinaa fi dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaabannaar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, setelah Idul Adha masih ada hari Tasyrik. Dimana banyak sekali amalan yang dapat dilakukan serta keutamaan yang akan didapatkan. Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui makna dari hari Tasyrik bagi umat Islam, sehingga lebih mantap dalam menjalani amalan pada hari Tasyrik. Insya Allah, dengan berikhtiar menjalankan amalan pada hari Tasyrik dapat menjadi bentuk taqwa kita kepada Allah ﷻ sekaligus menyempurnakan amalan kita. 

Jejak Imani juga menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda. Bila ada dari Anda yang sedang ingin merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Apabila ada dari Anda yang ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Jejak Imani juga memfasilitasi bagi Anda yang ingin berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply