Istanbul adalah salah satu kota Turki yang sangat terkenal di mancanegara. Selain itu, Istanbul juga menyimpan banyak bangunan bersejarah yang berarsitektur indah. Kota ini dulunya bernama konstantinopel. Kebanyakan bangunan bersejarah di Istanbul bergaya byzabtube dan bergaya Ottoman dengan banyaknya ukuran dan keramik yang menambah keindahan pada kota Istanbul.

Istanbul

Source: Freepik.com

Untuk para travellers yang sedang merencanakan perjalanan ke Turki terutama ke kota Istanbul, ada pilihan destinasi yang sangat indah dan sangat cocok untuk dikunjungi, simak ulasannya dibawah ini.

  • Hagia Sophia
Hagia Sophia

Source: Freepik.com

Hagia Sophia adalah salah satu ikon pariwisata di Turki yang bertempat di kota Istanbul. Dulunya, bangunan yang sekarang beralih fungsi sebagai masjid ini adalah tempat beribadah umat agama Kristen Ortodoks pada masa Kerajaan Konstantinopel. Bangunan yang sudah ada sejak tahun 532 ini juga sempat beralih fungsi sebagai museum ketika kepemimpinan Presiden Turki pertama Mustafa Kemal Atatürk. 

Selain kaya akan nilai sejarah, Hagia Sophia juga menyimpan kemegahan arsitektur serta keindahan yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk dikunjungi.

  • Blue Mosque
Blue Mosque

Source: Freepik.com

Blue Mosque atau biasa disebut juga Masjid Sultan Ahmet adalah tujuan wisata yang bisa menjadi pilihan bagi yang sedang berencana untuk ke Turki. Masjid indah yang terletak di kota Istanbul Turki ini disebut Blue Mosque (Masjid biru) karena bangunannya didominasi oleh keramik berwarna biru. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1616. Keindahan Blue Mosque tidak hanya terlihat dari luar saja, interior masjid ini juga menjadi tujuan dan spot foto populer bagi para wisatawan.

  • Topkapi Palace
Topkapi Palace

Source: Freepik.com

Keindahan kota Istanbul Turki selanjutnya adalah Topkapi Palace. Tidak bisa dipungkiri Topkapi Palace kaya akan nilai sejarah dan keindahan arsitektur. Sebelum beralih fungsi sebagai museum, dulunya tempat ini adalah tempat tinggal sekaligus pusat pemerintahan Sultan Ottoman Turki pada masanya.

Topkapi Palace sudah berdiri dari tahun 1459 di era kepemimpinan Sultan Mehmed II. Selain kaya akan sejarah, tempat ini juga memiliki daya tarik dengan keberadaan Basilica Cistern (sebuah tangki air raksasa) dengan arsitektur dan rancangan yang sangat indah. Tidak sedikit wisatawan mancanegara maupun lokal yang sengaja berkunjung ke Topkapi Palace untuk melihat keindahan Basilica Cistern.

  • Maiden’s Tower
Maiden's Tower

Source: Freepik.com

Menara maiden merupakan menara pengawas yang terletak di pulau kecil di tengah selat Bosphorus di Istanbul Turki. Menara ini sudah beralih fungsi menjadi kafe dan restoran karena pemandanganya yang indah dan banyak sekali pengunjung yang sekedar datang kesana untuk menikmati keindahan selat Bosphorus. Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Maiden’s tower dapat menggunakan kapal cruise.   

  • Jembatan Galata
Jemabatan Galada

Source: Google.com

Jembatan Galata merupakan jembatan yang melintasi teluk Golden Horn Istanbul Turki. Letak jembatan ini sangat strategis dan sangat dekat dengan Galata tower. Jembatan ini memiliki dua tingkat, tingkat pertama sebagai jalan dan tingkat kedua (bawah) sebagai tempat restoran dan toko makanan. Jembatan Galata sangat cocok untuk para travellers yang ingin mencicipi kuliner khas Turki sambil menikmati keindahan teluk Golden Horn yang sangat indah.

Indahnya kota Istanbul Turki membuat banyaknya minat wisatawan untuk berkunjung ke Istanbul Turki. Siap menjelajahi keindahan destinasi wisata Turki sambil mempelajari sejarah peradabannya? Rencanakan liburan ke Turki dengan lebih nyaman dan berkesan bersama Jejak Imani. Mulai dari berkunjung ke tujuan wisata populer di Turki hingga pelayanan dan harga terbaik, hanya dengan Jejak Imani.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply