Keberangkatan Haji – Menteri Agama RI (MENAG) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan akan segera membahas perihal keberangkatan haji dan umroh jamaah Indonesia dengan pihak Arab Saudi. Yaqut Cholil Qoumas berencana akan berangkat ke Arab Saudi akhir bulan ini (dikutip dari News Detik).

Keberangkatan Haji

Source: Google.com

“Kita akan ke sana dulu, Insya Allah akhir bulan ini saya akan ke Arab Saudi untuk membahas perihal perkembangan haji dan umroh. Setelah itu akan kita rilis,” Ungkap Menteri Agama RI (MENAG) Yaqut Cholil Qoumas, DIY, Rabu (29/9/2021)

Selain itu Gus Yaqut (sapaan akrabnya), juga akan membahas perihal kuota jamaah dengan pihak Arab Saudi. Namun beliau belum dapat mengungkapkan jumlah kuota jamaah Indonesia yang akan diajukan.

“Yang jelas kalau target kuota jamaah juga akan dibahas” Ungkap Menteri Agama RI (MENAG) Yaqut Cholil Qoumas. 

Diberitakan juga sebelumnya, PLT Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Khoirizi bertemu dengan duta besar Arab Saudi untuk Indonesia Esham Altsaqafi. Pada kesempatan itu, Khoirizi (PLT Dirjen Penyelenggaraan Haji dan umroh) melobi agar jamaah umroh Indonesia bisa segera mendapat kesempatan untuk berangkat (dikutip dari News Detik).

“Kami berharap Pemerintah Arab Saudi segera mencabut suspend dan memberi kesempatan pada jamaah umroh Indonesia agar bisa berangkat ke Tanah Suci,” Ungkap PLT Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Khoirizi.

“Ada lima negara pengirim terbanyak jamaah ke Tanah Suci, yaitu Pakistan, Indonesia, India, Turki, dan Mesir, yang belum bisa memberangkatkan jamaahnya. Kami berharap jamaah umroh Indonesia dapat diprioritaskan untuk segera diberangkatkan,” lanjut Khoirizi.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esham Altsaqafi menanggapi bahwa Saudi tidak pernah melarang umat Islam Indonesia melaksanakan umroh. Menurutnya, peraturan tersebut dilakukan semata-mata dalam rangka mengatasi pandemi. Apalagi, hubungan Arab Saudi dan Indonesia juga sangat baik.

Semoga dari pembahasan keberangkatan haji dan umroh ini, dapat menjadi jalan agar jamaah haji dan umroh Indonesia dapat segera berkunjung ke Tanah Suci atas izin Allah ﷻ. 

Rencanakan ibadah haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Paket haji yang terdapat di Jejak Imani terdiri dari dua Paket:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

Sempurnakan Rukun Islam dengan Berhaji & Nikmati Fasilitas Bintang 5 Bersama Jejak Imani.

Mari berumroh dan tuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ dengan mengikuti program Tabungan Umroh Jejak Imani. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, insya Allah impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana. Dapatkan program menarik dari Jejak Imani khusus untuk Anda. Insya Allah Program ini dapat mempermudah jalan Anda berumroh.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply