Ihram – Sebelum berhaji atau umroh, terdapat beberapa peraturan yang harus diketahui oleh umat Islam dan hukumnya adalah wajib. Beberapa diantaranya adalah dengan mengucapkan niat, membersihkan diri dengan cara mandi dan berwudhu agar tetap dalam keadaan suci.

ihram

Source: Google.com

Para calon jemaah haji tentunya dilarang untuk mengucapkan kata-kata tidak baik, dan masih banyak lagi ketentuan lain yang perlu diikuti agar ibadah diterima oleh Allah ﷻ. 

Salah satu kewajiban umat Islam saat berhaji dan harus dilakukan adalah dengan Ihram.

Pengertian Ihram

Ihram merupakan keadaan seorang yang sudah meniatkan hatinya untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh. Ihram tidak bisa dilakukan sembarangan, karena niat ini harus datang dari dalam hati dan menandakan kesungguhan untuk melakukan ibadah haji atau umroh.

Ihram harus dilakukan sebelum pergi miqat dan diakhiri dengan tahallul (mencukur rambut & minimal 3 helai).

Ketika seseorang sudah melakukan Ihram, maka dia harus mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku ketika sedang berhaji atau umroh.

Sunnah dalam Ihram

Terdapat beberapa sunnah yang dapat dilakukan ketika Ihram, seperti mandi agar badan dalam keadaan bersih, memotong kumis, dan menggunakan wewangian sebelum Ihram.

Setelah niat Ihram sudah dilakukan, Anda tidak boleh lagi menggunakan parfum atau minyak wangi.

Hal yang Tidak Dapatt Dilakukan Saat Ihram

Ada pula beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan ketika sedang melakukan Ihram, sebagai berikut;

  • Menggunakan pakaian yang ada jahitan.
  • Menutup kepala (untuk pria) dan muka (untuk perempuan).
  • Menikah & berhubungan suami – istri.
  • Mengucapkan kata-kata yang tidak baik.
  • Membunuh makhluk hidup (binatang dan tumbuhan).
  • Memotong kuku atau rambut selai pada saat tahallul.

Pakaian Saat Ihram

Pakaian Ihram pria dan wanita disunahkan berwarna putih. Bagi jemaah pria Ihram wajib menggunakan dua lembar kain yang tidak memiliki jahitan untuk menutupi bagian auratnya. Sedangkan untuk wanita ketika Ihram, wajib menutup semua bagian badanya kecuali muka dan telapak tangan.

Penggunaan kain putih mengartikan kesucian dan pelepasan jemaah dari segala hal yang duniawi, dan juga melambangkan bahwa semua umat Allah ﷻ terlihat sama di mata-Nya.

Sejarah Ihram

Terdapat beberapa sejarah Ihram yang dijelaskan dalam beberapa hadis. Antara lain adalah hadis yang menyebutkan bahwa Allah ﷻ ketika mengirimkan Malaikat ke Bumi untuk menziarahi Ka’bah, dan Malaikat tersebut turun dalam keadaan Ihram dan menuju ke Ka’bah sambil mengucapkan talbiyah (Labbaik).

Terdapat juga riwayat yang menyebutkan bahwa Malaikat Jibril mengajarkan tata cara Berihram ke Nabi Ibrahim AS sebelum melakukan amalan-amalan haji, dan juga cara manasik haji.

Setelah itu, ada hadis dari Imam Shadiq AS yang menyebutkan setelah Nabi Adam AS bertaubat, Malaikat Jibril mengajarkan Ihram dan talbiyah, setelah itu memerintahkannya untuk mandi sebelum melakukan amalan Ihram.

Satu hal yang terpenting sebelum melakukan Ihram dan menghadap kepada Allah ﷻ, umat Islam wajib ber-niat dan memastikan badan dalam keadaan bersih. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk takwa kepada Allah ﷻ.

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui makna dan sejarah Ihram, sehingga lebih mantap dalam mempersiapkan diri untuk berhaji. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik dengan mempelajari Ihram ini sebagai bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah  sekaligus menyempurnakan amalan kita sebelum berhaji.

Jejak Imani menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda yang sedang merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Apabila Anda ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Mari pelajari kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim AS dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah sekaligus meraih ketenangan dalam hidup dengan mempelajari sirah kehidupan syarat hikmah dari Nabi Ibrahim AS, Anda dapat mendaftarkan diri disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat memfasilitasi Anda berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply