Rukun Iman – Rukun iman merupakan dasar kepercayaan umat Islam kepada Allah ﷻ. Terdapat 6 rukun iman, berikut penjelasannya.

rukun iman

Source: Google.com

Terkait 6 rukun iman sebenarnya sudah ditetapkan dalam Al Quran sesuai firman Allah ﷻ dalam Surah Al-Baqarah ayat 177,

 

لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

 

Artinya:

“Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan sholat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.” 

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Umar bin Khattab RA, ketika malaikat Jibril menyaru menjadi seorang laki-laki, dia bertanya kepada Nabi Muhammad ﷺ,

“Beritahukan kepadaku tentang Iman’ Rasulullah SAW menjawab ‘Engkau beriman kepada Allah, kepada para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, kepada para rasul-Nya, kepada hari Kiamat dan kepada takdir yang baik maupun yang buruk.’ Orang tadi [Jibril] berkata, ‘Engkau benar” (H.R. Muslim).

6 Rukun Iman

  1. Iman kepada Allah ﷻ 
  2. Iman kepada Malaikat-malaikat Allah ﷻ 
  3. Iman kepada Kitab-kitab Allah ﷻ 
  4. Iman kepada Rasul dan Nabi Allah ﷻ 
  5. Iman kepada hari akhir (Kiamat)
  6. Iman kepada Qada’ dan Qadar.

Ada pun penjelasan lebih dalam mengenai makna 6 rukun iman. Simak penjelasannya berikut ini.

Rukun Iman 1: Iman kepada Allah ﷻ 

Makna rukun iman yang pertama yakni iman kepada Allah ﷻ. Meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah itu ada. Tidak hanya yakin, namun umat Islam juga harus percaya kalau Allah ada dan berwujud.

Percaya bahwa Allah ada tanpa ada sesuatu lain yang mengadakannya. Dia lah pemelihara seluruh alam semesta. Percaya kalau Allah satu-satunya Tuhan yang harus disembah dan tiada Tuhan selain Allah , Maha Tunggal dan Maha Kuasa atas segala-galanya.

Rukun Iman 2: Iman kepada Malaikat-malaikat Allah ﷻ 

Sementara rukun iman kedua berbunyi, iman kepada malaikat-malaikat Allah . Makna rukun iman kepada malaikat dengan meyakini kalau malaikat berwujud dan mengetahui nama serta tugasnya.

Percaya bahwa malaikat merupakan utusan Allah yang diciptakan dari cahaya dan tidak bisa dilihat mata manusia. Percaya kalau malaikat bersifat ghaib yang hanya diberi akal oleh Allah ﷻ  dan tidak punya nafsu.

Rukun Iman 3: Iman kepada Kitab-kitab Allah ﷻ

Rukun iman ketiga, iman kepada kitab Allah . Makna iman kepada kitab adalah percaya kalau kitab suci datangnya dari Allah dan dititipkan kepada nabi sebagai pemberi risalah. Allah menurunkan kitab suci sebagai pedoman agar manusia mengetahui antara hak dan yang batil, baik dan buruk, haram dan kebahagiaan dunia-akhirat.

Ada empat kitab suci yang diturunkan kepada nabi;

  • Taurat diturunkan kepada Nabi Musa.
  • Zabur diturunkan kepada Nabi Daud.
  • Injil diturunkan kepada Nabi Isa.
  • Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad .

Rukun Iman 4: Iman kepada Rasul dan Nabi Allah SWT

Makna rukun iman keempat, iman kepada Rasul dan Nabi Allah , adalah percaya dan yakin kalau nabi serta rasul merupakan manusia utusan Allah . Nabi dan Rasul merupakan manusia ciptaan Allah yang bertugas menyampaikan kabar gembira dan memberikan petunjuk kepada umat manusia agar selalu berada di jalan yang lurus. Makna rukun iman kepada nabi dan Rasul juga harus mempercayai segala ajarannya.

Rukun Iman 5: Iman kepada Hari akhir

Makna rukun iman kelima, iman kepada hari akhir. Artinya mempercayai bahwa hari akhir atau hari kiamat itu ada. Yakin akan adanya tanda-tanda datangnya hari kiamat.

Rukun Iman 6: Iman kepada Qada’ dan qadar

Rukun iman keenam, iman kepada qada’ dan qadar. Makna rukun iman terakhir adalah meyakini bahwa takdir baik dan buruk datangnya dari Allah . Qada’ berarti takdir tetap. Artinya setiap manusia sudah mendapatkan takdir tetap dari Allah sejak lahir ke dunia, mulai dari rezeki, jodoh, nasib, dan lain sebagainya.

Sementara qadar artinya ketentuan atau kepastian dari Allah . Takdir Allah yang menentukan kejadian saat ini, hal yang sedang terjadi, dan akan terjadi.

Qadha artinya ketetapan. Sebelum manusia lahir di dunia, Allah SWT sudah menetapkan segala tentang kehidupan manusia tersebut. Mulai dari rezeki, kematian, nasib dan lain sebagainya.

Demikianlah mengenai makna rukun Iman dalam Islam dan sedikit penjelasan mengenai rukun Islam. Semoga dengan mengetahui penjelasan singkat dari rukun Iman Allah ﷻ memberikan kita kemudahan untuk selalu belajar dan menjadi bentuk taqwa kita terhadap Allah ﷻ.

Jejak Imani juga memfasilitasi beberapa program yang dapat Anda pilih dan Insya Allah program yang Jejak Imani miliki dapat bermanfaat untuk Anda, baik dengan menambah ilmu dan begitu pula menambah ketaqwaan kita terhadap Allah ﷺ. Berikut selengkapnya di bawah sini!

Bagi Anda yang sudah rindu ke Tanah Suci dan ingin melakukan perjalanan ibadah umroh, Anda dapat berangkat lebih nyaman bersama Jejak Imani. Jika Anda ingin mengetahui informasi paket dan jadwal keberangkatan yang ada di Jejak Imani Anda dapat kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis).

Bagi Anda yang terkendala biaya umroh, tidak perlu khawatir karena Jejak Imani memiliki program Tabungan Umroh. Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply