Lailatul Qadar 2021 – Beberapa waktu lagi seluruh umat Muslim akan memasuki waktu akhir bulan Ramadhan. Pada waktu akhir bulan Ramadhan terdapat 10 hari terakhir yang sangat penting bagi umat Muslim karena pada salah satu malamnya terdapat Lailatul Qadar.

malam lailatul qadar 2021

Source: Google.com

Malam Lailatul Qadar adalah malam turunnya ayat-ayat pertama Al-Quran kepada nabi Muhammad ﷺ. Lantas kapan tepatnya malam Lailatul Qadar (10 hari terakhir bulan Ramadhan) dimulai?

Malam Lailatul Qadar 2021 jatuh diantara tanggal 21 – 30 Ramadhan 1442 H atau hari Senin tanggal 3 Mei hingga Rabu tanggal 12 Mei 2021. Semakin dekatnya waktu Lailatul Qadar pada tahun 2021 ini, tentu akan lebih baik jika umat Muslim mempersiapkan diri untuk menyambut Lailatul Qadar 2021.

Amalan dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar 2021

Malam Lailatul Qadar akan menjadi satu malam yang istimewa bagi umat Islam pada tahun 2021 ini, tidak heran jika malam Lailatul Qadar sangat dinanti oleh sebagian besar umat Muslim.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar yang begitu mulia menjadi motivasi umat Muslim untuk memaksimalkan ibadah dan memperbaiki diri dalam menyambut malam Lailatul Qadar 2021.

Nabi Muhammad ﷺ bersabda,

“Carilah Lailatul Qadr pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan, pada malam yang ke sembilan tersisa, malam yang ke tujuh tersisa, malam yang ke lima tersisa” (HR. Bukhari)

Seperti apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad ﷺ, kita dapat memperoleh malam Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Untuk memperoleh keutamaan malam Lailatul Qadar, kita perlu menunaikan amalan malam Lailatul Qadar pada tahun 2021 ini, seperti apa yang di ontohkan Rasulullah ﷺ.

Amalan malam Lailatul Qadar pertama yang dapat lakukan untuk meraih keutamaan malam Lailatul Qadar di tahun 2021 ini adalah dengan memperbanyak memohon ampun kepada Allah ﷻ. Permohonan ampun kepada Allah ﷻ dapat diwujudkan dengan memperbanyak membaca doa malam ketika memasuki malam Lailatul Qadar. Hal ini dijelaskan dalam salah satu riwayat oleh Imam Tirmidzi sebagai berikut,

Beliau berkata: Wahai Rasulullah, seandainya aku bertepatan dengan malam Lailatul Qadr, doa apa yang aku katakan? Beliau berkata, “Katakan: “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwan fa’fu ‘anni” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai maaf, maka maafkan aku)” (HR. Tirmidzi)

Selain dengan membaca doa malam Lailatul Qadar, umat Muslim juga dapat melakukan amalan lain ketika memasuki malam Lailatul Qodar pada tahun 2021 ini, yaitu dengan melaksanakan sholat sunnah di malam hari. Hal ini sesuai dengan sabda dari Nabi Muhammad ﷺ,

“Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, no. 1901)

Berdasarkan sabda oleh Nabi Muhammad ﷺ tersebut, umat Muslim dapat mengetahui bahwa dalam memperoleh pahala dan ampunan yang berlimpah dapat dilakukan dengan melakukan sholat pada malam Lailatul Qodar pada tahun 2021 ini.

Semoga kita mendapatkan malam Lailatul Qodar, malam yang penuh ampunan dan berkah, malam yang kebaikannya melebihi 1000 bulan, insya Allah, dengan ikhtiar maksimal dalam shalat malam dan terus mendekatkan diri pada Al-Quran dengan bertilawah, memahami artinya, mengkaji tafsirnya dan mengamalkan isinya. Aamiin ya Rabbal’alamiin..

Agar dapat memaksimalkan ibadah shalat dan puasa dengan mengetahui waktu, Anda dapat mengunduh jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan disini dan bagi Anda yang ingin berpuasa sambil menjelajahi keindahan Turki juga dapat melihat paket di Jejak Imani.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply