Hari Raya Idul Fitri 2021 – Tidak dapat dipungkiri kalau bulan suci Ramadhan tinggal menyisakan hitungan hari saja. Usainya bulan Ramadhan menandakan bahwa hari raya Idul Fitri akan tiba, melanjutkan situs resmi Muhammadiyah melalui maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadhan yaitu hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021.

sidang isbat idul fitri 2021

Source: Google.com

Hasil sidang isbat yang dilakukan oleh Pemerintah juga telah menetapkan hari raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1442 Hijriah/2021 Masehi jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Penetapan hari raya Idul Fitri 2021 diputuskan berdasarkan sidang isbat di Kemenag yang dilakukan secara daring dan luring pada Selasa, 11 Mei 2021.

Makna Hari Raya Idul Fitri 

idul fitri 2021

Source: Google.com

Selagi menunggu hari raya Idul Fitri 2021 tiba, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu makna dari hari raya Idul Fitri yaitu manusia yang bertaqwa. Arti kata Id berdasar dari kata aada-yauudu yang mengartikan kembali. Sedangkan Fitri berarti buka puasa untuk makan dan bisa juga berarti suci.

Adapun arti Fitri adalah buka puasa diambil dari kata ifthar. Berdasarkan hadis Nabi Muhammad ﷺ yang artinya,

”Dari Anas bin Malik: Tak sekali pun Nabi Muhammad SAW. pergi (untuk shalat) pada hari raya Idul Fitri tanpa makan beberapa kurma sebelumnya.” Dalam Riwayat lain: “Nabi SAW. Makan kurma dalam jumlah ganjil.” (HR Bukhari).

Dengan begitu, makna hari raya Idul Fitri berdasarkan hadis diatas adalah umat Muslim dapat kembali buka puasa. Disunnahkan pula melakukan makan atau minum sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri 2021.

Selanjutnya, makna lain fitri yang berarti suci, bersih dari segala dosa berdasarkan kata dari fathoro-yafthirui dan hadist dari Nabi Muhammad ﷺ yang artinya,

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘alayh).

“Barangsiapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘alayh) .

Dari penjelasan hadis diatas makna dari hari raya Idul Fitri dapat ditarik kesimpulan bahwa, umat Muslim kembali dalam keadaan suci (Fitrah). 

Selain itu hari raya Idul Fitri juga dapat menjadi momentum untuk menyempurnakan hubungan kita kepada Allah ﷻ dan dapat juga menjadi sarana untuk menjaga silaturahmi kepada sanak keluarga maupun kerabat pada tahun 2021 ini.

Hikmah Hari Raya Idul Fitri 

Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa kepada Allah ﷻ, seorang Muslim akan mendapatkan hikmah dalam ibadahnya selama bulan Ramadhan. Hikmah hari raya Idul Fitri akan mengembalikan seorang Muslim kepada fitrahnya, dan akan memiliki sikap sebagai berikut:

  1. Istiqomah memegang agama Islam dan menguatkan keyakinan terhadap Allah ﷻ.
  2. Akan membiasakan diri untuk selalu berbuat baik kepada sesama makhluk dan membiasakan berkata jujur.
  3. Menjadi seorang hamba yang bertaqwa, yaitu hamba Allah ﷻ yang taat dan patuh kepada perintah Allah ﷻ.

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui makna hari raya Idul Fitri 2021 bagi umat Islam sehingga lebih mantap dalam menjalani ibadah pada hari-hari yang tersisa selama bulan suci Ramadhan di tahun ini. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik untuk menjadikan Ramadhan ini sebagai Ramadhan dengan ibadah terbaik kita.

Bagi Anda yang ingin merencanakan liburan aman bersama Jejak Imani di tahun ini,  sambil menjelajahi keindahan kota-kota Turki, juga dapat melihat paket di Jejak Imani.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply