Liburan Turki 2021 – Akibat terjadinya pandemi Covid-19, sudah kurang lebih 1 tahunan masyarakat Indonesia banyak melakukan aktifitas dari rumah. Dan ketika PSBB di longgarkan, masyarakat Indonesia juga masih disarankan untuk tidak bepergian ke tempat wisata lokal maupun luar negri.  

Namun pada tahun 2021, beberapa negara sudah mulai membuka destinasi wisatanya. Tidak terkecuali destinasi liburan ke Turki, dan tidak mengherankan kalau liburan ke Turki menjadi sangat populer di kalangan wisatawan Indonesia pada tahun 2021. 

Hal ini dapat dilihat dengan peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara Turki dari semenjak border untuk wisatawan telah dibuka. Tujuan wisata Turki juga beragam mulai dari sejarah peradaban Islam, bangunan bersejarah dengan arsitektur yang memanjakan mata hingga keindahan alamnya. Kombinasi yang sangat menarik untuk dinikmati.

Untuk memberi rasa aman bagi para wisatawan yang sedang berkeinginan liburan ke Turki di masa pandemi, Pemerintah Turki juga telah menerapkan Safe Tourism Certification Program yang berguna untuk mensertifikasi fasilitas bagi orang yang ingin liburan ke Turki dan memastikan kesehatan serta keamanan bagi para pekerja dan pengunjung yang sedang berkunjung ke Turki pada masa pandemi 2021.

Sebelum merencanakan liburan ke Turki, yuk kita kenali dan catat apa saja tempat paling populer yang wajib dikunjungi.

Tempat Liburan Populer Turki 2021

  • Hagia Sophia
Hagia Sophia

Source: Freepik.com

Hagia Sophia adalah salah satu ikon bagi para orang yang sedang liburan ke Turki. Dulunya bangunan yang sekarang beralih fungsi sebagai masjid adalah tempat beribadah umat agama Kristen Ortodoks pada masa Kerajaan Konstantinopel. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 532 juga sempat beralih fungsi sebagai museum ketika kepemimpinan Presiden Turki pertama Mustafa Kemal Atatürk. 

Selain kaya akan nilai sejarah, Hagia Sophia juga menyimpan kemegahan arsitektur yang menjadi daya tarik bagi para orang yang sedang liburan di tahun 2021 ini.

 

  • Topkapi Palace
Topkapi Palace

Source: Freepik.com

Tempat liburan populer Turki 2021 selanjutnya adalah Topkapi Palace. Tidak bisa dipungkiri Topkapi Palace kaya akan nilai sejarah dan keindahan arsitekturnya. Sebelum beralih fungsi sebagai meseum, dulunya tempat ini adalah tempat tinggal sekaligus pusat pemerintahan Sultan Ottoman Turki pada masanya.

Topkapi Palace sudah berdiri dari tahun 1459 di era kepemimpinan Sultan Mehmed II. Selain kaya akan sejarah, tempat ini juga memiliki daya tarik dengan keberadaan Basilica Cistern (sebuah tangki air raksasa) dengan arsitektur dan rancangan yang sangat indah. Tidak sedikit wisatawan mancanegara maupun lokal yang sengaja berkunjung ke Topkapi Palace untuk melihat keindahan Basilica Cistern.

 

  • Pamukkale
Pamukkale

Source: Freepik.com

Turki tidak hanya memiliki tempat yang indah karena agung peradaban serta sejarahnya. Contohnya seperti Pamukkale, Pamukkale menjadi daya tarik wisatawan yang sedang liburan ke Turki dikarenakan eksotisme suasana yang terbentuk secara alami oleh fenomena alam. 

Selain terkenal karena keindahan dari fenomena alamnya, Pamukkale juga memiliki kolam air panas yang dapat digunakan untuk berendam sambil menikmati keindahan panoramanya. Banyak orang yang sedang liburan ke Turki pada tahun 2021, memasukan Pamukkale sebagai destinasi yang akan dikunjungi ketika sedang di Turki.

  • Cappadocia
Capodocia

Source: Freepik.com

Banyak orang Indonesia bertanya-tanya, dimanakah lokasi balon-balon udara yang terkenal sebagai latar belakang foto yang sedang viral di media sosial?, dan ternyata Turki adalah jawabannya. Salah satu kota di Turki yang menjadi tempat liburan populer 2021 karena daya tarik balon udara adalah Cappadocia. 

Wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan kawasan kuno yang bersejarah dan indah ketika menaiki balon udara yang berwarna-warni dari langit-langit Cappadocia. Wisatawan juga dapat berfoto dengan latar belakang balon udara yang sedang terbang yang cocok diunggah sebagai feeds sosial media.

 

  • Blue Mosque
Blue Mosque

Source: Freepik.com

Blue Mosque atau yang biasa disebut juga sebagai Masjid Sultan Ahmet adalah tujuan wisata yang bisa menjadi pilihan kamu yang sedang berencana liburan ke Turki 2021. Masjid ini disebut Blue Mosque (Masjid biru) karena bangunannya didominasi oleh keramik berwarna biru. 

Blue Mosque sudah berdiri sejak tahun 1616. Selain kaya akan sejarah dan peradabannya, keindahan arsitektur Blue Mosque juga tampak dari sisi luar dan interior masjid. Banyak wisatawan yang sedang liburan ke Turki di tahun 2021 memasukan Blue Mosque dalam salah satu destinasi nya selama berada disana.

Telah dibukanya border untuk wisatawan yang ingin liburan ke Turki pada tahun 2021 serta banyaknya pilihan tempat liburan yang populer membuat tingginya minat wisatawan untuk liburan pada tahun 2021 ini. Bandara Istanbul juga sudah mempunyai sertifikat Airport Pandemic, protokol kesehatan yang mencakup jaga jarak fisik, informasi keselamatan kesehatan, desinfeksi, meminimalisir interaksi antara staf dan penumpang, etika batuk dan lainnya. 

Turki sangat serius membenahi wisatanya sesuai dengan petunjuk protokol kesehatan WHO dan berkomitmen menjaga fasilitas serta pelayanannya agar maksimal dalam melakukan tindakan preventif dan juga menjaga kesehatan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Turki. Turki insya Allah menjadi salah satu negara yang aman dikunjungi bagi yang ingin liburan selama era new normal ini atau di tahun 2021.

Siap menjelajahi keanekaragaman destinasi wisata Turki sambil mempelajari sejarah peradabannya? Rencanakan liburan ke Turki pada tahun 2021 dengan lebih nyaman dan berkesan bersama Jejak Imani. Mulai dari tempat liburan yang populer di Turki, pelayanan terbaik, hingga harga terbaik, hanya dengan Jejak Imani!

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply