Tahun Baru Islam 1443 – Peringatan tahun baru Islam 1443 Hijriah jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021. Namun perlu diketahui bahwa Pemerintah telah resmi menggeser hari libur tahun baru Islam menjadi Rabu, 11 Agustus 2021.

Tahun Baru Islam 1443

Source: Google.com

Keputusan pergeseran hari libur tahun baru Islam 1443 Hijriah diambil melalui Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan SKB Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2021, dan penetapan dilakukan pada 18 Juni 2021 lalu.

Rapat tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, dan Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

“Pemerintah memutuskan untuk mengubah dua hari libur nasional dan menghapus satu hari libur cuti bersama. Pengubahan hari libur diterapkan pada hari raya keagamaan yang tidak ada ritual ibadahnya,” kata Muhadjir dalam Rapat Koordinasi di Kantor Kemenko PMK (dikutip dari Suara.com).

Adapun keputusan tersebut diambil Pemerintah guna menghindari adanya libur panjang. Sebagaimana diketahui, momen libur panjang kerap menghasilkan naiknya angka Covid-19 di Indonesia. 

Selain hari Libur Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, ada juga beberapa hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021 yang turut digeser bahkan ditiadakan. Seperti hari libur Maulid Nabi Muhammad ﷻ pada 19 Oktober 2021 diubah menjadi 20 Oktober 2021. Sementara untuk Cuti Bersama Hari Natal 2021 pada 24 Desember 2021 dihapuskan.

Semoga umat Islam agar dapat selalu menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 dan selalu dalam lindungan Allah ﷻ. Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui alasan perubahan hari Libur Nasional ini dan selalu menjaga diri sendiri serta keluarga. 

Jejak Imani menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda yang sedang merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Apabila Anda ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Mari pelajari kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim AS dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah sekaligus meraih ketenangan dalam hidup dengan mempelajari sirah kehidupan syarat hikmah dari Nabi Ibrahim AS, Anda dapat mendaftarkan diri disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat memfasilitasi Anda berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply