Keutamaan Bulan Syawal 2022 – Bulan Syawal menandakan kemenangan bagi seluruh umat muslim, setelah menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

keutamaan bulan syawal 2022

Source: Google.com

Bulan Syawal merupakan salah satu bulan terbaik setelah Ramadhan, sehingga umat muslim dianjurkan untuk tidak mengendurkan amalan dan ibadahnya.

Selain sebagai bulan Kemenangan, Bulan Syawal juga memiliki banyak keutamaan dengan berbagai amalan yang bisa dilakukan pada tahun 2022.

  1. Bulan Kembali ke Fitrah

Syawal adalah bulan kembalinya umat muslim kepada fitrahnya, diampuni semua dosanya setelah melakukan ibadah Ramadhan sebulan penuh.

Pada tanggal 1 Syawal, umat muslim kembali makan pagi dan diharamkan untuk berpuasa pada tanggal tersebut.

Datangnya bulan Syawal membawa kemenangan bagi umat muslim yang berjaya menjalani ibadah puasa sepanjang Ramadhan, dan menjadi lambang kemenangan dari ‘peperangan’ menentang musuh dalam jiwa yang besar, yaitu hawa nafsu.

  1. Bulan Takbir

Tanggal 1 Syawal diperingati sebagai Hari Raya Idul Fitri, dan seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia mengumandangkan takbir.

Oleh karena itu, bulan Syawal merupakan bulan dikumandangkannya takbir oleh seluruh umat Islam secara serentak, paling tidak selama satu malam begitu memasuki tanggal 1 Syawal.

  1. Bulan Peningkatan

Keistimewaan bulan Syawal yang paling utama adalah bulan ‘peningkatan’ kualitas dan kuantitas ibadah.

Secara harfiah, Syawal memiliki arti ‘peningkatan’, yakni peningkatan ibadah sebagai hasil pelatihan selama bulan Ramadhan.

Umat muslim diharapkan mampu meningkatkan amal kebaikannya pada bulan Syawal, bukan justru menurun atau menjauh dari Islam.

  1. Bulan Silaturahmi

Dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, bulan Syawal membuat umat muslim banyak melakukan amalan silaturahmi mulai dari mudik ke kampung halaman hingga saling bermaafan antar sesama.

  1. Puasa Satu Tahun

Pada bulan Syawal, terdapat amalan yang ditentukan Rasulullah , yakni puasa sunah selama enam hari sebagai kelanjutan puasa Ramadhan.

Berpuasa pada bulan Ramadhan dan kemudian diiringi dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti umat muslim telah berpuasa setahun penuh.

  1. Bulan Baik untuk Menikah

Bulan Syawal merupakan bulan yang baik untuk menikah, yang ditunjukkan sendiri oleh Rasulullah .

Dalam sebuah hadis muslim, Siti Aisyah menegaskan bahwa Rasulullah menikahinya pada bulan Syawal.

“Rasulullah SAW menikahi saya pada bulan Syawal, berkumpul (membina rumah tangga) dengan saya pada bulan Syawal, maka siapakah istri beliau yang lebih beruntung dari saya?,”  (HR. Muslim)

Jejak Imani juga memfasilitasi beberapa program yang dapat Anda pilih dan Insya Allah program yang Jejak Imani miliki dapat bermanfaat untuk Anda, baik dengan menambah ilmu dan begitu pula menambah ketaqwaan kita terhadap Allah ﷺ. Berikut selengkapnya di bawah sini!

Umroh untuk jamaah Indonesia sudah dapat dilakukan pada tahun 2022 ini. Bagi Anda yang sudah rindu ke Tanah Suci dan ingin melakukan perjalanan ibadah umroh pada 2022, Anda dapat berangkat lebih nyaman bersama Jejak Imani. Lihat Paket Umroh 2022 Jejak Imani disini. Dan jika Anda ingin mengetahui informasi paket dan jadwal keberangkatan yang ada di Jejak Imani Anda dapat kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis).

Bagi Anda yang terkendala biaya umroh, tidak perlu khawatir karena Jejak Imani memiliki program Tabungan Umroh. Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh 2022 khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh 2022 yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2022 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour 2022 Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply