Puasa Syawal 2021 – Hasil sidang isbat yang dilakukan oleh Pemerintah yang dilakukan pada minggu ini telah menetapkan hari raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1442 Hijriah/2021 Masehi jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Dengan begitu umat Islam dapat menatap bulan baru di akhir minggu ini. Salah satu ibadah yang dapat dilakukan ketika bulan Syawal adalah dengan melakukan ibadah puasa di bulan Syawal.

puasa syawal 2021

Source: Google.com

Puasa Syawal merupakan ibadah puasa sunnah yang dapat dikerjakan pada bulan Syawal. Ibadah puasa Syawal  dapat dilaksanakan enam hari pada bulan Syawal 2021. Hal ini sebagaimana tercantum dalam sebuah hadis berikut ini,

“Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. (Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal).” (HR. Ibnu Majah).

Umumnya puasa Syawal akan dikerjakan selama enam hari dan secara berturut-turut setelah lebaran hari raya Idul Fitri 2021, yaitu tanggal 2 hingga 7 Syawal atau dapat dimulai pada hari Jumat, 14 Mei 2021. Selain itu, puasa Syawal juga dapat dikerjakan tidak berurutan sehingga tetap mendapat manfaat dan keutamaannya.

Lantas apa saja keutamaan puasa bulan Syawal pada tahun 2021 bagi seorang Muslim? Simak lima keutamaannya berikut ini.

Mendapatkan Pahala Seperti Puasa Setahun Penuh

Keutamaan puasa Syawal yang pertama adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda, atau seperti menjalankan puasa selama setahun. Puasa Syawal hanya di kerjakan selama enam hari di tahun 2021 namun Allah ﷻ akan memberi ganjaran atau pahala sama seperti seorang yang berpuasa selama satu tahun full.

Nabi Muhammad ﷺ bersabda,

“Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama enam hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun.” (HR. Muslim)

Belajar Mendekatkan Diri Kepada Allah ﷻ 

Keutamaan puasa Syawal selanjutnya adalah dapat semakin memperkuat kedekatan kepada Allah ﷻ. Setiap umat Muslim yang mengerjakan puasa dan tidak terkecuali puasa Syawal yang ada di tahun 2021 ini, akan mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah ﷻ. 

Nabi Muhammad ﷺ bersabda,

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR. Muslim).

Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan puasa Syawal pada tahun 2021 selanjutnya adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Apabila seseorang mengerjakan ibadah puasa Syawal selama enam hari setelah hari raya, maka pahala yang diterima akan berlipat ganda. Seperti apa yang dicantumkan dalam riwayat hadis berikut ini,

“Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. (Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal).” (HR. Ibnu Majah).

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Melakukan puasa Syawal di tahun 2021 ini, juga dapat memperbaiki kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan saat seseorang melakukan puasa (menahan haus dan lapar) maka akan memicu sel-sel induk dalam tubuh dan memproduksi sel darah putih baru yang dapat menghindari infeksi.

Menurut sebuah penelitian dari University Southern California, seseorang yang berpuasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena penciptaan sel darah putih baru yang dapat meregenerasi seluruh sistem kekebalan bagi tubuh yang sedang berpuasa. Dengan begitu, puasa pada bulan Syawal di tahun 2021, akan melindungi tubuh dari berbagai ancaman virus dan bakteri.

Mencegah Gangguan Pencernaan

Manfaat yang terakhir adalah mencegah gangguan pencernaan. Selain bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh dari serangan virus dan bakteri, dengan melakukan puasa Syawal di tahun 2021 ini, dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh gangguan pencernaan. Hal tersebut didasari karena umat Muslim setelah melaksanakan hari raya Idul Fitri umumnya akan kembali makan tiga kali atau lebih dalam sehari sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Dengan sebab itu, puasa Syawal yang dilakukan di awal bulan Syawal di tahun 2021 ini dapat digunakan sebagai kontrol untuk menekan porsi makan. Kita juga dapat mengendalikan makanan yang masuk kedalam tubuh dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui keutamaan puasa Syawal di tahun 2021 ini sehingga lebih mantap dalam menjalani ibadah selama bulan Syawal di tahun ini. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik untuk menjadikan Syawal ini sebagai bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah  sekaligus menyempurnakan puasa Ramadhan kita.

Bagi Anda yang ingin merencanakan liburan aman bersama Jejak Imani di tahun ini,  sambil menjelajahi keindahan kota-kota Turki, juga dapat melihat paket di Jejak Imani.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply