Hikmah Ibadah Haji – Hikmah merupakan dampak atau hasil yang ditimbulkan pada diri seseorang setelah melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Hikmah terdapat pada semua hal, tidak terkecuali ibadah. Hikmah juga dapat diartikan sebagai manfaat.

hikmah haji

Source: Google.com

Musim haji akan tiba sebentar lagi, banyak sekali hikmah yang dapat dipelajari. Semoga dengan mempelajari hikmah haji, Allah mudahkan niat dan ikhtiar baik kita memenuhi rukun islam kelima tersebut. Seperti yang telah dijelaskan dalam hadis Rasulullah ﷺ, berikut adalah hikmah atau manfaat yang terkandung dalam ibadah haji.

  • Ibadah haji merupakan salah satu amalan yang baik untuk dilakukan, hal ini dijelaskan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah ﷺ ditanya,

“Amal apakah yang paling utama? Maka beliau menjawab, Iman kepada Allah dan Rasul-Nya. Ditanyakan lagi, Kemudian apa? Beliau menjawab, Jihad di jalan Allah. Ditanyakan lagi, Kemudian apa? Beliau menjawab, haji yang mabrur.” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah)

Pada hadis di atas, Rasulullah ﷺ menjelaskan bahwa haji adalah salah satu amalan yang paling baik. Hikmah pada ibadah haji adalah telah melakukan amalan yang baik karena ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan dan diperintahkan Allah ﷻ.

  • Ibadah haji bisa menghilangkan kefakiran (kemiskinan), menghapus dosa-dosa yang telah lalu dan dijamin surga. Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

“Ikutilah antara haji dan umroh (yakni lakukanlah amalan haji, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan umroh), karena keduanya itu akan menghilangkan kefakiran/kemiskinan dan (menghapus) dosa-dosa, sebagaimana bara api (menghilangkan) kotoran besi, emas dan perak. Dan tidak ada balasan/pahala bagi haji yang mabrur kecuali jannah (surga).” (HR Imam At-Tirmidzi)

  • Hikmah bagi mereka yang menjalankan ibadah haji dengan melakukan amalan-amalan yang diperintahkan dan ditetapkan oleh syariat agama Islam dan sesuai ajaran sunnah Rasulullah ﷺ, maka sepulangnya mereka dari perjalanan haji, dosa mereka telah diampuni, ibarat seperti seorang bayi yang baru dilahirkan. Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

“Siapa yang berhaji ke Ka’bah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari).

  • Hikmah ibadah haji yang terakhir adalah apabila kita telah menjawab panggilan Allah ﷻ dan menjadi tamunya Allah ﷻ insya Allah, Allah akan mengabulkan permintaan-permintaan kita. Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

“Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah)

Berkunjung ke Tanah Suci dan melakukan ibadah di haramain adalah impian setiap umat muslim. Semoga dengan memahami hikmah ibadah haji dengan baik, kita dapat melakukan haji sesuai syariat dan dapat terus memperbaharui niat berhaji sehingga membuat ibadah haji kita sah dan insya Allah mabrur.

5 Urutan Rukun Haji yang Wajib Diketahui

Bagi Anda, Bapak/Ibu/Sahabat yang sedang merencanakan ibadah haji plus atau ONH plus atau paket haji khusus, insya Allah Jejak Imani dapat menjadi solusinya. Dapatkan fasilitas haji plus, haji khusus yang lebih nyaman bersama Jejak Imani sebagai travel terakreditasi A oleh Kementerian Agama dengan keunggulan sebagai berikut:

  1. Bimbingan Insentif; pembimbing Jejak Imani adalah asatidz dengan background keilmuan yang bisa dipertanggungjawabkan
  2. Muthawwif Berpengalaman; jamaah haji akan selalu dibersamai oleh muthawwif dari mahasiswa salah satu universitas di Arab Saudi
  3. Tenda Mina Dekat; Jejak Imani menggunakan fasilitas VIP selama perjalanan haji, salah satunya tenda Mina yang dekat Jamarat antara Maktab 111-115
  4. Maskapai Plat Merah; demi kenyamanan dan kepastian keberangkatan, Jejak Imani memilih maskapai Garuda Indonesia atau Saudi Airlines, direct tanpa transit untuk
  5. Bus Eksekutif; selama perjalanan di tanah suci, jamaah akan difasilitasi bus AC eksekutif keluaran tahun terbaru
  6. Radiophone; saat bimbingan tawaf, sa’i dan prosesi ritual haji, jamaah haji akan selalu dibimbing oleh tim Khidmat Jejak Imani melalui radiophone.

Tanya dulu Paket Haji Khusus disini, KONSULTASI GRATIS!

Selain itu, Jejak Imani juga merupakan Biro Travel Haji dan Umroh Berizin Resmi oleh Kementerian Agama RI SK PIHK No. 394 Tahun 2021 dan SK PPIU No. U.533 Tahun 2020 dan Terakreditasi A oleh Kementerian Agama Indonesia, yang berarti Jejak Imani memiliki reputasi, kompetensi dan SIP sangat baik dalam penilaian resmi Kementerian Agama Indonesia.

Mari wujudkan niat ibadah haji Anda bersama Jejak Imani mulai dari sekarang. Ingin perjalanan ibadah haji ke tanah suci lebih berkesan dan lebih nyaman? Insya Allah, Jejak Imani jawabannya.

HAJI bersama JEJAK IMANI, Mari Memenuhi Panggilan, Mabrur Bersama Kekasih Ar Rahmaan..

Tanya dulu Paket Haji Khusus disini, KONSULTASI GRATIS!

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply