Kemuliaan Bulan Muharram – Pada tahun ini, kalender Hijriah memasuki tahun baru Islam yang ke-1443 ditandai masuknya bulan Muharram. Tanggal 1 Muharram 1443 Hijriah bertepatan dengan hari Selasa, 10 Agustus 2021.

kemuliaan bulan muharram

Source: Google.com

Bulan Muharram adalah satu dari empat bulan haram (bulan suci) disisi Allah ﷻ. Oleh karena itu, dengan kemuliaan yang terdapat pada bulan Muharram, umat Islam dianjurkan agar dapat memperbanyak amalan pada bulan ini.

Allah ﷻ melarang umat Islam untuk berbuat kerusakan, terutama pada Muharram. Hal tersebut difirmankan Allah ﷻ dalam Surah At-Taubah ayat 36,

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya:

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Empat bulan suci yang dimaksud antara lain bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Hal ini juga sesuai dengan hadis sahih Bukhari,

“Waktu berputar sebagaimana keadaannya semula ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Tahun terdiri dari 12 bulan, empat di antaranya adalah bulan suci, tiga berurutan yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, dan yang keempat adalah Rajab,”(HR. Bukhari)

Kemulian pada bulan-bulan tersebut, termasuk didalamnya bulan Muharram bagi umat Islam adalah bahwa umat Islam diharamkan untuk berperang dan membunuh. Dan pada bulan-bulan tersebut juga, umat Islam dilarang berbuat yang diharamkan, karena pada empat bulan tersebut adalah bulan yang disucikan Allah ﷻ.

Sementara amalan ketaatan yang dijanjikan akan dibalas dengan pahala yang besar. Kemuliaan lain pada bulan Muharram umat Islam juga dianjurkan agar dapat memperbanyak berpuasa sunnah. Selain dapat melakukan puasa senin dan kamis, umat Islam juga dapat melakukan puasa Tasu’a pada bulan 9 Muharram dan Asyura pada 10 Muharram (18 & 19 Agustus 2021).

Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

“Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharram,” (HR. Muslim)

Kemuliaan lain yang terdapat pada bulan Muharram adalah umat Islam juga dianjurkan untuk melakukan amalan dengan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah ﷻ,  berdoa kepada Allah ﷻ dan  bermuhasabah (introspeksi diri).

Oleh karena itu, pada bulan Muharram terdapat kemuliaan yang dimana banyak amalan yang dapat dilakukan. Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui kemuliaan bulan Muharram bagi umat Islam, sehingga lebih mantap dalam menjalani amalan pada hari hari di bulan Muharram. Insya Allah, dengan berikhtiar menjalankan amalan pada bulan Muharram dapat menjadi bentuk taqwa kita kepada Allah ﷻ sekaligus menyempurnakan amalan kita. 

Jejak Imani menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda yang sedang merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Apabila Anda ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Mari pelajari kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim AS dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah sekaligus meraih ketenangan dalam hidup dengan mempelajari sirah kehidupan syarat hikmah dari Nabi Ibrahim AS, Anda dapat mendaftarkan diri disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat memfasilitasi Anda berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply