Turki adalah salah satu negara yang kaya akan tempat wisata dan spot menarik yang dapat dikunjungi. Bagi Anda yang sedang merencanakan berlibur keluar negeri dan masih bingung ingin pergi kemana, maka kami sarankan Anda memilih wisata Turki, terutama di kota Istanbul. Bagi muslim dan muslimah yang ingin mengetahui keindahan yang ada di kota Istanbul Turki, sangat tepat apabila berkunjung pada bulan Ramadhan ini.

Jejak Imani akan membantu Anda mendapatkan informasi penting dan menarik selama berwisata Ramadhan di Istanbul Turki. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

  • Hagia Sophia
Hagia Sophia

Source: Freepik.com

Istanbul adalah kota dengan beragam wisata menarik dan kota ini sangat cocok menjadi pilihan selama berada di Turki. Mendekatkan diri kepada Allah selama bulan Ramadhan adalah hal yang sangat diutamakan, jika Anda tergugah untuk melakukan tadabbur tempat wisata religi sekaligus beribadah di Turki pada bulan Ramadhan, salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Hagia Sophia.

Hagia Sophia adalah salah satu ikon wisata Turki yang bertempat di kota Istanbul. Dulunya, bangunan yang sekarang beralih fungsi sebagai masjid ini adalah tempat beribadah umat agama Kristen Ortodoks pada masa Kerajaan Konstantinopel. Namun ketika Sultan Mehmed berhasil memasuki daerah ini pada tahun 1453 M, Hagia Sophia diubah menjadi masjid bagi kaum Muslim. Hagia Sophia sudah ada sejak tahun 532 ini juga sempat beralih fungsi sebagai museum ketika kepemimpinan Presiden Turki pertama Mustafa Kemal Atatürk, sebelum akhirnya kembali menjadi masjid pada era Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada tahun 2020.

Selain kaya akan nilai sejarah, Hagia Sophia juga menyimpan kemegahan arsitektur serta keindahan yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk dikunjungi. Anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda jika melakukan ibadah seperti shalat, membaca Quran, dzikir di Masjid Hagia Sophia sekaligus mentadabburi bagaimana pembebasan Konstantinopel di era kejayaan Islam di Turki, insya Allah berlipat pahala karena dilakukan di bulan Ramadhan.

  • Blue Mosque
Blue Mosque

Source: Freepik.com

Wisata Ramadhan Turki di Istanbul yang kedua adalah Blue Mosque atau biasa disebut juga Masjid Sultan Ahmet. Blue Mosque menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa menjadi pilihan Anda yang sedang berencana untuk ke Turki ketika Ramadhan tiba. Masjid indah yang terletak di kota Istanbul Turki ini disebut Blue Mosque (Masjid biru) karena bangunannya didominasi oleh keramik berwarna biru. 

Blue Mosque merupakan salah satu tempat wisata Turki yang bersejarah di Istanbul. Blue Mosque juga menjadi tempat favorit bagi para wisatawan ketika berlibur di kota Istanbul, suasana Ramadhan akan terasa sangat kental ketika memasuki area masjid. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1616 M dan berlokasi di seberang Hagia Sophia. Keindahan Blue Mosque tidak hanya terlihat dari luar saja, interior masjid ini juga menjadi tujuan dan spot foto populer bagi para wisatawan yang sedang berlibur Ramadhan disana. Anda juga bisa mengikuti shalat, beribadah dan juga bersedekah di sana. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Hagia Sophia akan sekaligus mengunjungi Blue Mosque juga.

  • The Hirka-I Serif / Holy Cloak

The Hirka-I Serif Holy Cloak

Source: Google.com

Selanjutnya, tempat wisata Turki Ramadhan yang menarik ketika berlibur di sana adalah The Hirka-I Serif / Holy Cloak. Di tempat ini anda dapat bisa melihat jubah yang dikenakan oleh Nabi Muhammad . Jubah ini disebut juga sebagai jubah suci, pernah digunakan oleh Rasulullah . Jubah ini sudah ada sekitar abad ke 17 saat Sultan Mehmed memerintah Turki saat itu. 

Pada setiap tahun dan juga ketika bulan Ramadhan, jubah suci ini akan dipamerkan kepada masyarakat umum di Masjid Hirka-i-Serif yang berada di Istanbul Turki. Jadi apabila anda sedang merencanakan liburan atau sedang berada di Turki, tidak ada salahnya untuk melihat jubah Nabi Muhammad SAW secara langsung dengan wisata atau berkunjung ke Masjid Hirka-i-Serif Istanbul Turki yang langka untuk dilihat karena hanya bisa dilihat saat bulan Ramadhan saja.

  • Masjid Rustem Pasha

Masjid Rustem Pasha

Source: Google.com

Wisata religi di kota Istanbul Turki yang dapat dikunjungi selama liburan ramadhan adalah Masjid Rustem Pasha. Masjid Rustem Pasha menawarkan keindahan arsitektur dan kemegahan bergaya Ottoman. Masjid ini sangat indah karena bangunannya berbentuk segi 8 dan dipadupadankan dengan keramik. Masjid ini dibangun oleh Rustem Pasha yang merupakan menantu dari Sultan Suleyman dari Bosnia. Para wisatawan dapat menikmati keindahan sambil beribadah di dalam masjid selama bulan Ramadhan.

Itu dia beberapa rekomendasi tempat yang dapat Anda kunjungi dan dijadikan pilihan selama berlibur atau wisata Ramadhan di Turki. Jika Anda ingin berlibur Ramadhan ke Turki maka anda dapat menggunakan jasa travel yang insya Allah terpercaya, yaitu Jejak Imani. 

Siap menjelajahi keindahan destinasi wisata Turki sambil mempelajari sejarah peradabannya? Rencanakan liburan ke Turki dengan lebih nyaman dan berkesan bersama Jejak Imani. Mulai dari berkunjung ke tujuan wisata populer di Turki hingga pelayanan dan harga terbaik, hanya dengan Jejak Imani.

 

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply