Puasa Ayyamul Bidh Bulan Dzulqaidah – Jadwal puasa sunnah Ayyamul Bidh pada bulan Dzulqaidah jatuh pada tanggal 13, 14, 15 1442 Hijriyah atau 24, 25, 26 pada bulan Juni 2021 Masehi.

ayyamul bidh dzulqaidah

Source: Google.com

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan selama tiga hari secara berturut-turut pada setiap pergantian kalender Hijriyah.

Niat Puasa Ayyamul Bidh pada Bulan Dzulqaidah 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

“Nawaitu Shouma Ghadin Ayyamul Biidh Sunnatan Lillahi Ta’ala.”

Artinya:

“Aku niat berpuasa besok hari pada Ayyamul Bidh sunnah karena Allah Ta’ala”

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh pada Bulan Dzulqaidah

Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Dzulqaidah, merupakan ibadah sunnah yang memiliki keutamaan dari sisi syariat maupun kesehatan. Seperti dalam hadis dijelaskan,

“Siapa yang berpuasa satu hari saja karena Allah ta’ala, niscaya Allah menjauhkan ia dari api neraka dengan jarak kejauhan tujuh puluh tahun.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Keutamaan lain dari Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Dzulqaidah, juga diterangkan dalam hadis berikut ini,

“Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa, sebab ia hanyalah untukku dan AKU-lah yang akan memberikan ganjaran padanya secara langsung”. (HR Al-Bukhari)

Dengan sebab itu, Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Dzulqaidah yang dilakukan pada pertengahan bulan Dzulqaidah 1442 H atau pada bulan Juni di tahun 2021 M ini dapat digunakan sebagai amalan kita kepada Allah ﷻ dan dijauhkan dari api neraka. Selain itu dengan melakukan puasa kita juga dapat mengendalikan makanan yang masuk kedalam tubuh dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui keutamaan Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Dzulqaidah ini sehingga lebih mantap dalam menjalani ibadah selama bulan Dzulqaidah di tahun ini. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik untuk menjadikan Dzulqaidah ini sebagai bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah  sekaligus menyempurnakan puasa amalan kita.

Bagi Anda, Bapak/Ibu/Sahabat yang sedang merencanakan ibadah haji plus atau ONH plus atau paket haji khusus, insya Allah Jejak Imani dapat menjadi solusinya. Dapatkan fasilitas haji plus, haji khusus yang lebih nyaman bersama Jejak Imani sebagai travel terakreditasi A oleh Kementerian Agama dengan keunggulan sebagai berikut:

  1. Bimbingan Insentif; pembimbing Jejak Imani adalah asatidz dengan background keilmuan yang bisa dipertanggungjawabkan
  2. Muthawwif Berpengalaman; jamaah haji akan selalu dibersamai oleh muthawwif dari mahasiswa salah satu universitas di Arab Saudi
  3. Tenda Mina Dekat; Jejak Imani menggunakan fasilitas VIP selama perjalanan haji, salah satunya tenda Mina yang dekat Jamarat antara Maktab 111-115
  4. Maskapai Plat Merah; demi kenyamanan dan kepastian keberangkatan, Jejak Imani memilih maskapai Garuda Indonesia atau Saudi Airlines, direct tanpa transit untuk
  5. Bus Eksekutif; selama perjalanan di tanah suci, jamaah akan difasilitasi bus AC eksekutif keluaran tahun terbaru
  6. Radiophone; saat bimbingan tawaf, sa’i dan prosesi ritual haji, jamaah haji akan selalu dibimbing oleh tim Khidmat Jejak Imani melalui radiophone.

Tanya dulu Paket Haji Khusus disini, KONSULTASI GRATIS!

Selain itu, Jejak Imani juga merupakan Biro Travel Haji dan Umroh Berizin Resmi oleh Kementerian Agama RI SK PIHK No. 394 Tahun 2021 dan SK PPIU No. U.533 Tahun 2020 dan Terakreditasi A oleh Kementerian Agama Indonesia, yang berarti Jejak Imani memiliki reputasi, kompetensi dan SIP sangat baik dalam penilaian resmi Kementerian Agama Indonesia.

Mari wujudkan niat ibadah haji Anda bersama Jejak Imani mulai dari sekarang. Ingin perjalanan ibadah haji ke tanah suci lebih berkesan dan lebih nyaman? Insya Allah, Jejak Imani jawabannya.

HAJI bersama JEJAK IMANI, Mari Memenuhi Panggilan, Mabrur Bersama Kekasih Ar Rahmaan..

Tanya dulu Paket Haji Khusus disini, KONSULTASI GRATIS!

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply