Puasa Ayyamul Bidh Bulan Dzulhijjah – Jadwal puasa sunnah Ayyamul Bidh pada bulan Dzulhijjah jatuh pada tanggal 14, 15, 16 1442 Hijriyah atau 24, 25, 26 pada bulan Juli 2021 Masehi.

Ayyamul Bidh Dzulhijjah

Source: Google.com

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan selama tiga hari secara berturut-turut pada setiap pergantian kalender Hijriyah.

Niat Puasa Ayyamul Bidh pada Bulan Dzulhijjah 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

“Nawaitu Shouma Ghadin Ayyamul Biidh Sunnatan Lillahi Ta’ala.”

Artinya:

Aku niat berpuasa besok hari pada Ayyamul Bidh sunnah karena Allah Ta’ala

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh pada Bulan Dzulhijjah 

Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Dzulhijjah, merupakan ibadah sunnah yang memiliki keutamaan dari sisi syariat maupun kesehatan. Seperti dalam hadis dijelaskan,

“Siapa yang berpuasa satu hari saja karena Allah ta’ala, niscaya Allah menjauhkan ia dari api neraka dengan jarak kejauhan tujuh puluh tahun.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Keutamaan lain dari Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Dzulhijjah, juga diterangkan dalam hadis berikut ini,

“Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa, sebab ia hanyalah untukku dan AKU-lah yang akan memberikan ganjaran padanya secara langsung”. (HR Al-Bukhari)

Dengan sebab itu, Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Dzulhijjah yang dilakukan pada pertengahan bulan Dzulhijjah 1442 H atau pada akhir bulan Juli di tahun 2021 M ini dapat digunakan sebagai amalan kita kepada Allah ﷻ dan dijauhkan dari api neraka. Selain itu dengan melakukan puasa kita juga dapat mengendalikan makanan yang masuk kedalam tubuh dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui keutamaan Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Dzulhijjah ini sehingga lebih mantap dalam menjalani ibadah serta amalan-amalannya. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik dengan melakukan Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Dzulhijjah ini sebagai bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah  sekaligus menyempurnakan amalan kita.

Jejak Imani juga menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda. Bila ada dari Anda yang sedang ingin merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Apabila Anda ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Jejak Imani juga memfasilitasi bagi Anda yang ingin berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga Bermanfaat!

 

Leave a Reply