Hukum Badal Umroh –  Ibadah Umroh bagian daripada ibadah yang sangat mulia, bahkan tercantum dalam Al-Quran juga hadist Rasulullah ﷺ . Allah berfirman dalam surah Ali ‘Imran ayat 96-97:

 

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَالَمِينَ فِيهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ مَّقَامُ إِبْرَاهِيمَ ۖ وَمَن دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Artinya:

Sesungguhnya rumah yang pertama kali dibangun untuk  beribadahnya manusia itu adalah Baitullah yang berada di Bakkah (Makkah) yang Allah berkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia. Padanya ada tanda-tanda yang nyata, diantaranya maqam Ibrahim; barangsiapa yang memasuki Baitullah maka amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang sanggup dan mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari syariat kewajiban haji ini, maka sesungguhnya Allah Mahakaya dan tidak memerlukan apapun dari semesta alam ini.

Rasulullah ﷺ  juga sangat menganjurkan untuk beribadah umroh karena pahalanya yang sangat luar biasa, sebagaimana hadis dari sahabat mulia Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah ﷺ  bersabda:

“Umrah ke umrah lainnya adalah penggugur dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada ganjaran baginya kecuali Surga.”

Lantas bagaimana dengan hukum badal umroh? Badal memiliki arti pengganti atau menggantikan. Maka dapat disimpulkan bahwa badal umroh ini berarti menggantikan umroh seseorang, atau seseorang berumroh namun bukan untuk dirinya sendiri, melainkan untuk orang lain. 

hukum badal umroh

Source: Google.com

Apakah pahala umrohnya akan sampai bagi yang melakukannya?

Sebenarnya pertanyaan ini sudah terjawab sejak dahulu. Para ulama telah menyebutkan bahwa badal umroh ini disamakan seperti badal haji. Tentunya semua telah sepakat bahwa hukum badal haji adalah diperbolehkan bahkan sangat dianjurkan sebagaimana dalam sebuah hadist Rasulullah dibawah sini.

Diriwayatkan dari sahabat mulia Abdullah bin Abbas bahwa seorang perempuan datang kepada Rasulullah ﷺ, lalu berkata: 

“Wahai Rasulullah ﷺ, sungguh ibuku telah bernadzar untuk menunaikan ibadah haji, namun ia wafat sebelum ia melaksanakannya, apakah aku harus menghajikannya? Rasulullah menjawab: Ya, berhajilah untuk ibumu, dan bagaimana pendapatmu seandainya ibumu memiliki hutang, apakah kamu akan membayarnya? Ia menjawab: Iya. Kemudian Rasulullah ﷺ  bersabda: Tunaikanlah hutang dan janjinya kepada Allah karena sungguh hutang kepada Allah lebih berhak untuk lebih dulu dilakukan.”(HR. Bukhori)

Semoga dari pembahasan ini, kita dapat mengetahui hukum ibadah badal umroh dan pahalanya juga akan sampai kepada mereka yang dibadalkan. Insya Allah, kita semua selalu dalam keadaan sehat dan semakin bertaqwa kepada kepada Allah ﷻ. 

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 cukup dengan 3 juta-an saja, Anda sudah dapat melaksanakan ibadah badal umroh. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour  Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply