Sholat Dhuha – Salah satu sholat sunnah yang biasa dilakukan sehari-hari dan dijanjikan akan mendapatkan kecukupan rezeki yakni sholat dhuha. 

Sholat Dhuha

Source: Google.com

Dalam hadits qudsi, Allah ﷻ akan mencukupkan rezeki hamba-hamba-Nya yang mengerjakan sholat dhuha secara rutin.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Niat Sholat Dhuha

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa.

Artinya: 

Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.

Waktu untuk Sholat Dhuha

Waktu untuk melaksanakan sholat dhuha berlangsung sejak dimulainya matahari terbit (naik) hingga condong ke barat. Waktu sholat dhuha terbagi menjadi dua bagian:

  1. Awal Waktu untuk Sholat Dhuha

Untuk awal waktu sholat dhuha ini dimulai 20 menit setelah Matahari terbit. Ini sesuai dengan keterangan hadis yang diriwayatkan oleh ‘Amr bin ‘Abasah, Nabi Muhammad ﷺ bersabda,

“Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari).” (HR. Muslim)

  1. Akhir Waktu untuk Sholat Dhuha

Akhir waktu sholat dhuha ini adalah 15 menit sebelum masuk waktu sholat dzuhur.

Namun waktu terbaik atau utama mengerjakan sholat dhuha adalah di waktu yang akhir atau seperempat siang, yaitu dalam keadaan yang semakin panas. Itu sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Zaid bin Arqam.

Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan sholat dhuha (di awal pagi). Dia berkata, “Tidakkah mereka mengetahui bahwa sholat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sholat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’.” (HR. Muslim)

Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat adalah sebagai berikut:

  1. Niat sholat dhuha.
  2. Takbiratul Ihram.
  3. Membaca Doa Iftitah (Sunnah).
  4. Membaca Surah Al-Fatihah.
  5. Membaca Surah yang ada dalam Al-Quran.
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah.
  7. I’tidal dengan tuma’ninah.
  8. Sujud dengan tuma’ninah.
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua.
  12. Membaca Surah Al-Fatihah.
  13. Membaca Surah yang ada dalam Al-Quran.
  14. Ruku’ dengan tuma’ninah.
  15. I’tidal dengan tuma’ninah.
  16. Sujud dengan tuma’ninah.
  17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  18. Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  19. Tasyahud Akhir dengan tuma’ninah.
  20. Salam.
  21. Membaca doa sholat dhuha.

Demikianlah tata cara sholat dhuha 2 rakaat. Setelah selesai mengerjakan sholat dhuha dianjurkan untuk banyak berdoa.

Tata Cara Sholat Dhuha lebih dari 2 Rakaat

Bagaimana tata cara sholat dhuha lebih dari 2 rakaat? Tata cara mengerjakan shalat dhuha lebih dari 2 rakaat sebenarnya sama saja. Sholat dhuha dikerjakan dua rakaat salam, setelah itu dua rakaat salam. Begitu juga dengan sholat dhuha yang dikerjakan lebih dari 2 rakaat dan seterusnya.

Keutamaan Sholat Dhuha Yang Perlu Diketahui

Merupakan Pesan Rasulullah ﷺ 

“Salat dhuha adalah wasiat khusus dari Nabi kepada Abu Hurairah dan kepada seluruh umat beliau secara umum.” (Imam Thabari)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang berkata, 

“Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, salat duha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan salat witir.” (Muttafaqun ‘Alaih. Al-Bukhari no. 1981. Muslim no. 721)

Dibangunkan Sebuah Rumah di Surga

Mereka yang rajin mengerjakan sholat dhuha maka akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga. Hal ini sesuai dengan isi hadis Nabi Muhammad ﷺ,

“Barang siapa yang salat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634)

Berpahala Seperti Orang Pergi Haji dan Umroh

Keutamaan sholat dhuha yang sebelumnya telah didahului shalat subuh berjamaah dan dzikir hingga terbit Matahari adalah seperti mendapat pahala seperti orang pergi haji dan umroh.

Diriwayatkan Anas bin Malik ra, Nabi Muhammad ﷺ,

“Barangsiapa melaksanakan salat subuh berjama’ah kemudian ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga terbit Matahari, lalu ia mengerjakan salat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahalanya haji dan umroh.” (HR. Tirmidzi No. 586)

Termasuk Salat Awwabin

Diantara keutamaan sholat dhuha yang lain adalah termasuk dalam sholat awwabin, yaitu sholatnya orang-orang yang taat. Rutin mengerjakan shalat dhuha menjadikan seseorang dicatat sebagai orang-orang yang taat.

Abu Hurairah ra meriwayatkan hadis dari Nabi Muhammad ﷺ,

“Tidaklah seseorang menjaga salat sunnah duha melainkan ia adalah awwab (orang yang kembali taat). Salat duha ini adalah salat awwabin.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

Dicukupkan Rezeki

Dalam hadits qudsi, Allah ﷻ akan mencukupkan rezeki hamba-hamba-Nya yang mengerjakan sholat dhuha secara rutin.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Semoga dari pembahasan ini, Anda dapat mengetahui betapa pentingnya sholat dhuha dan dapat mengamalkannya. Insya Allah, bagi yang sedang mencari kecukupan dalam hidup maupun yang sedang mengikhtiarkan rezeki, semoga dapat dipermudah segala urusannya oleh Allah ﷻ.

Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani juga memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 mulai 3 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Sempurnakan Rukun Islam dengan Berhaji & Nikmati Fasilitas Bintang 5 Bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Ingin perjalanan ibadah haji, umroh & Islamic Halal Tour  Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply