Hati Muslim – Nabi Muhammad ﷺ telah mengabarkan kepada umatnya bahwa hati seseorang terletak di antara jari jemari Allah ﷻ. Jika Allah ﷻ menghendaki hatinya sesat, maka orang tersebut akan sesat, dan jika Allah ﷻ menghendaki seseorang lurus, maka orang itu pun akan lurus. 

“Wahai Ummu Salamah! Tidaklah ada seorang anak adam melainkan hatinya terletak di antara dua jari dari jari-jemari Allah, siapa yang Dia kehendaki lurus, maka Dia akan meluruskannya, dan siapa yang dia kehendaki akan menyimpang, maka dia akan menyimpangkannya”, (HR. At-Tirmidzi) 

Hati Muslim

Source: Google.com

Seorang Muslim tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi nanti. Dia pun tidak mengetahui apakah besok dia masih tetap setia berada di jalan yang lurus maupun tidak. Untuk itu seorang Muslim dituntut untuk selalu memohon hidayah kepada Allah ﷻ agar ditetapkan dalam agama ini, dan diberikan akhir kehidupan yang baik. 

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, ia berkata, Rasulullah ﷺ sering mengucapkan,

“Ya Allah, Yang membolak-balikkan hati, tetapkan hatiku di atas agama-Mu”.

Anas melanjutkan, “Wahai Rasulullah! Kami telah beriman kepadamu dan kepada apa (ajaran) yang engkau bawa. Masihkah ada yang membuatmu khawatir atas kami?” Maka Rasulullah menjawab, 

“Benar (ada yang aku khawatirkan kepada kalian), sesungguhnya hati-hati itu berada di antara dua jari dari jari-jemari Allah, dimana Dia membolak-balikkan hati itu sekehendak-Nya” (HR. At-Tirmidzi) 

Seorang insan (manusia) tidak bisa istiqamah melainkan dengan hidayah dari Allah ﷻ dan dua perkara ini sangat berkaitan erat sehingga tidak bisa dipisahkan satu sama lain. 

Jika seorang Muslim ingin tetap berada dalam ketaatan hingga akhir hayatnya, maka dia wajib berpegang teguh dengan Al-Quran dan Sunnah. Dia wajib melaksanakan ketaatan-ketaatan kepada Allah ﷻ, menjauhi larangan-larangan-Nya, dia juga wajib melaksanakan Tauhid dan menjauhkan perbuatan syirik, melaksanakan Sunnah, serta senantiasa berdoa kepada Allah ﷻ  agar selalu taat kepada agama Allah ﷻ. 

Apabila seorang Muslim istiqamah dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah ﷻ, maka Allah akan menambah petunjuk kepadanya. Allah ﷻ berfirman dalam Surah Muhammad Ayat 17, 

“Dan orang-orang yang mendapat petunjuk, Allah akan menambah petunjuk kepada mereka dan menganugerah ketakwaan mereka”,

Itulah pemahaman perihal hati seorang Muslim. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memahami hati dalam agama Islam dan dapat juga melakukan amalan serta perintah Allah ﷻ agar selalu istiqomah.

Jejak Imani juga memfasilitasi beberapa program yang dapat Anda pilih dan Insya Allah program yang Jejak Imani miliki dapat bermanfaat untuk Anda, baik dengan menambah ilmu dan begitu pula menambah ketaqwaan kita terhadap Allah ﷺ. Berikut selengkapnya di bawah sini!

Bagi Anda yang sudah rindu ke Tanah Suci dan ingin melakukan perjalanan ibadah umroh, Anda dapat berangkat lebih nyaman bersama Jejak Imani. Jika Anda ingin mengetahui informasi paket dan jadwal keberangkatan yang ada di Jejak Imani Anda dapat kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis).

Bagi Anda yang terkendala biaya umroh, tidak perlu khawatir karena Jejak Imani memiliki program Tabungan Umroh. Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply