Mandi Besar – Mandi besar atau yang memiliki istilah lain mandi junub adalah proses pembersihan (mandi) sekujur tubuh yang dilakukan oleh umat Islam untuk mensucikan diri.

mandi besar

Source: Google.com

Mandi besar berbeda dengan mandi biasa. Mandi ini memiliki tata cara yang harus dipenuhi agar terbebas dari hadas (tubuh yang tidak suci) dan dapat menjalankan ibadah secara sah.

Setidaknya ada 4 hal yang mewajibkan seorang Muslim maupun Muslimah untuk melakukan mandi besar atau mandi junub, yaitu:

  • Ejakulasi (keluar air mani)
  • Berhubungan suami dan istri
  • Masa setelah haid bagi wanita 
  • Berhentinya darah nifas 

 

Allah ﷻ berfirman dalam Surah An-Nisa’ ayat 43,

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَقْرَبُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْتُمْ سُكَارٰى حَتّٰى تَعْلَمُوْا مَا تَقُوْلُوْنَ وَلَا جُنُبًا اِلَّا عَابِرِيْ سَبِيْلٍ حَتّٰى تَغْتَسِلُوْا ۗوَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا 

فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُوْرًا

Artinya:

Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati salat ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun.

Niat Mandi Besar (Mandi Junub)

Adapun niat yang perlu dilakukan oleh umat Islam sebelum mensucikan diri dengan mandi besar (mandi junub) sesuai dengan hajatnya sebagai berikut,

  • Ejakulasi / Setelah Berhubungan Suami-Istri

 

“BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA.”

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardhu karena Allah Ta’ala.

  • Masa Setelah Haid Bagi Wanita 

 

“BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA’ALA.”

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari haidl, fardhu karena Allah Ta’ala.

  • Setelah Nifas

 

“BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALA.”

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardhu karena Allah Ta’ala.

*Setelah membaca niat, lanjutkan tata cara mandi besar (mandi junub) 

Tata Cara Mandi Besar (Mandi Junub) Lelaki

Tata cara mandi besar (mandi junub) untuk lelaki dengan cara yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad ﷺ, dari Aisyah RA, 

“Dari Aisyah dia berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk salat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki.”(HR. Muslim)

  1. Baca niat.
  2. Basuh kedua tangan.
  3. Tuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian basuh kemaluan.
  4. Berwudhu seperti tata cara wudhu untuk salat.
  5. Siram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata.
  6. Basuh kepala sebanyak tiga kali.
  7. Basuh seluruh tubuh.
  8. Basuh kedua kaki.

 

Tata Cara Mandi Besar (Mandi Junub) Wanita

Ummu Salamah bertanya kepada Nabi Muhammad ﷺ,

“Saya berkata, wahai Rasulullah, aku seorang wanita yang mengepang rambut kepalaku, apakah aku harus membuka kepangku ketika mandi junub?” Beliau bersabda, “Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu mengguyur air pada kepalamu tiga kali, kemudian guyurlah yang lainnya dengan air, maka kamu telah suci.” (HR. Muslim)

  1. Bacalah niat.
  2. Bersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali, kemudian lanjutkan dengan membersihkan dubur dan alat kemaluan.
  3. Bersihkan kemaluan berikut kotoran yang menempel di sekitarnya dengan tangan kiri.
  4. Setelah membersihkan kemaluan, cuci tangan dengan menggosok-gosoknya dengan tanah atau sabun.
  5. Lakukan gerakan wudhu yang sempurna seperti ketika kita akan salat, dimulai dari membasuh tangan sampai membasuh kaki.
  6. Bilas kepala dengan mengguyurkan air sebanyak 3 kali.
  7. Bilas seluruh tubuh dengan mengguyurkan air. Dimulai dari sisi yang kanan, lalu lanjutkan dengan sisi tubuh kiri. Pastikan seluruh lipatan kulit dan bagian tersembunyi ikut dibersihkan.

 

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui doa & tata cara mandi besar (mandi junub sesuai sunnah, sehingga demakin sempurna berthaharah dalam menjalani ibadah. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik kita dengan selalu belajar perihal agama Islam dan dapat menjadi bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah  sekaligus menyempurnakan amalan ibadah kita.

Rencanakan ibadah haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Paket haji yang terdapat di Jejak Imani terdiri dari dua Paket:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Sempurnakan Rukun Islam dengan Berhaji & Nikmati Fasilitas Bintang 5 Bersama Jejak Imani.

Mari berumroh dan tuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ dengan mengikuti program Tabungan Umroh Jejak Imani. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, insya Allah impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana. Dapatkan program menarik dari Jejak Imani khusus untuk Anda. Insya Allah Program ini dapat mempermudah jalan Anda berumroh.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply