Doa – Bagi umat Islam, doa adalah senjata orang mukmin, terutama bagi orang yang yakin kepada Allah ﷻ.  Paling dahsyat itu kalau kita punya doa serta yakin kepada Allah ﷻ dan keyakinan kita kepada Allah ﷻ lebih besar dari keyakinan kita terhadap apapun, maka selama kita masih berdoa kepada Allah ﷻ, maka hati kita akan tenang.

Allah ﷻ berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 186,

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Artinya:

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

doa

Source: Google.com

Dapat dikatakan bahwasanya Allah ﷻ itu dekat dan mengabulkan setiap doa hambanya. Dan dengan doa akan membuat kita semakin dekat kepada Allah ﷻ.

Manfaat Doa Bagi Umat Islam 

  • Mengubah Takdir Dengan Doa

Doa dapat merubah takdir, bahkan dengan berdoa sesuatu perkara yang tampaknya tidak mungkin diubah, akan berubah karena kita memanjatkan doa dengan sungguh-sunggu kepada Allah ﷻ. 

Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

“Tidak ada yang dapat mencegah takdir, kecuali doa. Tidak ada yang dapat menambah umur, kecuali kebaikan. Dan seseorang benar-benar akan dihalangi dari rezeki, disebabkan oleh dosa yang diperbuatnya.” (HR. Al-Hakim).

  • Doa Adalah Ibadah

Dalam Islam makna dari ibadah tidak hanya sebatas melakukan sholat wajib saja. Dikatakan, bahwasanya doa juga merupakan ibadah yang dapat mendatangkan pahala bagi yang melakukannya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad ﷻ,

“Doa adalah ibadah” (HR. Abu Daut, At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

  • Menghindari Murka Allah ﷻ 

Apabila seorang hamba tidak berdoa atau jarang berdoa kepada Allah ﷻ, menunjukan bahwa orang tersebut adalah orang yang sombong. Dan hal tersebut akan membuat Allah ﷻ menjadi murka kepada orang yang tidak suka berdoa kepada Allah ﷻ.

Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

“Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi).

  • Mendapatkan Rahmat dari Allah ﷻ 

Berdoa juga mendatangkan rahmat dari Allah ﷻ. Seorang hamba yang berdoa dan senantiasa mengingat Allah ﷻ, maka akan lebih mudah dan tenang dalam menjalani hidup. Hal ini dijelaskan dalam Firman Allah ﷻ dalam Surah Al-A’raf ayat 55 – 56 yang artinya,

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-A’raf : 55-56)

Oleh karena itu, doa adalah senjata bagi umat Islam untuk meminta, menguatkan diri dan bertaqwa kepada Allah ﷻ. Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui manfaat doa bagi umat Islam, sehingga lebih mantap dalam berdoa kepada Allah ﷻ. Insya Allah, dengan berikhtiar selalu belajar menjadi lebih baik dapat menjadi bentuk taqwa kita kepada Allah ﷻ sekaligus menyempurnakan amalan kita. 

Jejak Imani menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda yang sedang merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Apabila Anda ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Mari pelajari kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim AS dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah sekaligus meraih ketenangan dalam hidup dengan mempelajari sirah kehidupan syarat hikmah dari Nabi Ibrahim AS, Anda dapat mendaftarkan diri disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat memfasilitasi Anda berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply