Covid 19 – Menjalani keseharian dengan tubuh sehat tentu akan lebih nyaman ketimbang ketika tubuh sedang sakit. Apalagi di Era Pandemi Covid 19 yang terjadi saat ini, pembahasan perihal cara menjaga kesehatan juga telah menjadi perbincangan dimana-mana. Lalu, bagaimana cara jaga diri di Era Pandemi Covid 19 dalam Islam? Simak penjelasannya disini.

covid 19

Source: Google.com

Cara Jaga Diri di Era Pandemi Covid 19 dalam Islam

Ajaran Islam pada dasarnya mengajarkan kesehatan seseorang, baik kesehatan diri maupun mental. Berikut adalah ajaran dalam Islam yang dapat menunjang kesehatan kita di masa Pandemi Covid 19.

Selalu dalam Keadaan Suci

Menjaga kesucian sangat perlu diperhatikan dalam Islam. Kita diwajibkan untuk menunaikan sholat fardhu sebanyak lima kali dalam sehari, dan syarat sholat sah adalah bersuci. Bahkan Rasulullah  ﷺ bersabda,

“Kuncinya sholat adalah bersuci” (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi, Ahmad dan Ad Darimi)

Hikmah dari bersuci adalah kita akan terjaga dari kuman dan bakteri, dimana dua hal tersebut adalah penyebab penyakit. Tubuh manusia memang tidak terlepas dari kuman, bakteri dan virus dalam melakukan kegiataan sehari-hari. Dengan selalu membiasakan bersuci dapat meminimalisasi kemungkinan kuman, virus dan bakteri akan bersarang ditubuh manusia, sehingga insya Allah akan terhindar dari virus Covid 19.

Mengonsumsi Makanan yang Baik

Apapun yang masuk kedalam tubuh kita akan sangat berpengaruh bagi kesehatan. Cara menjaga diri dalam Islam tidak terlepas dari ketentuan agama yang memerintahkan untuk mengkonsumsi yang makanan yang halal dan thayyib (baik). Allah ﷻ berfirman dalam surah Al-Maidah ayat 88,

وَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْٓ اَنْتُمْ بِهٖ مُؤْمِنُوْنَ

Artinya:

Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.

Agama Islam juga memberikan panduan tentang makanan apa saja yang boleh dimakan (halal) dan mana yang tidak dibolehkan untuk dimakan (konsumsi). Ada banyak hikmah di dalam aturan tersebut. Para ilmuan juga telah banyak membuktikan bahwa makanan yang dihalalkan dalam Islam sangat baik untuk dikonsumsi, dan sebaliknya, untuk makanan yang diharamkan dalam Islam berdampak buruk bagi tubuh.

Contoh seperti mengkonsumsi hewan ternak yang disembelih dengan menyebut nama Allah ﷻ (sesuai kaidah Islam) dengan begitu akan menghasilkan kualitas daging yang baik. Ada pula anjuran untuk tidak mengkonsumsi hewan bertaring karena tubuhnya bisa mengandung banyak virus dari hewan yang dimangsanya, dan larangan mengkonsumsi alkohol karena banyak membawa dampak buruk bagi tubuh dan otak.

Selain itu ada juga makanan yang biasa dikonsumsi oleh oleh Rasulullah ﷺ dan beliau anjurkan kepada kita, misalnya susu, madu, kurma, zaitun, dan habbatussauda. Makanan tersebut sangat baik untuk kesehatan apabila dapat dikonsumsi setiap harinya, terutama ketika di Era Pandemi Covid 19. Anda juga dapat memesan kurma dan madu terbaik disini.

Menjaga Kesehatan Jiwa dengan Istiqomah di jalan Allah ﷻ 

Sebagaimana seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kesehatan dalam Islam mencakup kesehatan mental atau rohani. Cara agama Islam untuk menjaga kesehatan jiwa adalah dengan banyak beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah ﷻ. Namun bukan berarti kita dapat menghakimi mereka yang sedang diuji dengan gangguan kesehatan mental sebagai orang yang kurang beribadah.

Dengan memperbanyak beribadah kepada Allah ﷻ akan memberikan banyak manfaat yang sangat baik bagi kejiwaan seseorang. Dengan merasa dekat dengan Allah ﷻ akan memberikan perasaan menjadi tenang, kita memiliki tempat bersandar paling terkuat yaitu kepada Allah ﷻ. Dengan begitu, akan meningkatkan rasa tawakal dan berserah diri kepada Allah ﷻ, dan menerima apa yang akan terjadi sebagai ketentuan Allah ﷻ merupakan yang terbaik (belajar ikhlas agar hati tenang). Hati yang tenang akan menjauhi kita dari depresi atau stress sehingga Insya Allah daya tahan tubuh kita akan lebih kuat dalam menjaga kesehatan terutama di masa Pandemi Covid 19.

Semoga dari pembahasan ini, Anda dapat mengetahui cara menjaga diri sesuai ajaran Islam dan dapat menjadi manfaat di masa Pandemi Covid 19. Insya Allah, kita semua selalu dalam keadaan sehat dan semakin bertaqwa kepada kepada Allah ﷻ. 

Bagi Anda, Bapak/Ibu/Sahabat yang sedang merencanakan untuk membeli hewan qurban di tahun ini, insya Allah Jejak Imani dapat menjadi solusinya. Mari pilih hewan qurban Anda dengan menghubungi staff kami disini.

Selain itu Jejak Imani juga menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda. Bila ada dari Anda yang sedang ingin merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Dan apabila ada dari Anda yang ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Yang terakhir, Jejak Imani juga memfasilitasi bagi Anda yang ingin berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply