Sunnah Umroh – Sama seperti halnya ibadah lain dalam Agama Islam, ibadah umroh juga memiliki sunnah dan kewajiban dalam pelaksanaannya. Untuk amalan wajib umroh biasa disebut juga dengan rukun umroh, amalan wajib umroh perlu dilakukan untuk mengesahkan ibadah umroh. Sedangkan untuk amalan sunnah umroh merupakan hal yang dahulu sering dilakukan oleh Nabi Muhammad ﷺ ketika menjalankan ibadah umroh, jika dilakukan mendapatkan pahala, namun apabila tidak dilakukan, tidak mendapatkan dosa.

Lihat juga disini: Umroh 2022 Akan Dibuka! Pelajari Dulu Yuk Rukun Umroh Disini!

Sunnah Umroh

Source: Google.com

Sebaiknya kita menjalankan ibadah umroh sekaligus menyempurnakan dengan amalan sunnahnya. Amalan sunnah dalam ibadah umroh berfungsi sebagai penyempurna atau penambah pahala bagi pelaksanaan ibadah umroh. 

Lantas apa saja yang termasuk dalam sunnah umroh?

  • Mandi, memotong kuku, menipiskan kumis, mencabut bulu ketiak, dan mencukur rambut kemaluan.
  • Memakai minyak wangi sebelum melakukan ihram.
  • Berihram menggunakan kain putih.
  • Mengucapkan talbiyah sambil meninggikan suara,

 

لَـبَّـيْكَ اللَّهُمَّ لَـبَّـيْكَ، لَـبَّـيْكَ لاَ شَرْيَكَ لَكَ لَـبَّـيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَك

Artinya:

“Aku memenuhi panggilan-Mu Ya Allah (sungguh) Aku memenuhi panggilan-Mu, (sungguh) Aku memenuhi panggilan-Mu tiada sekutu bagimu, sesungguhnya seluruh pujian kesempurnaan, dan seluruh nikmat serta kekuasaan hanya milik-Mu yang tiada sekutu bagi-Mu.”

  • Melaksanakan Al-Idhthiba’ pada saat thawaf. Al-Idhthiba’ adalah melilitkan kain ihram ke bagian pundak kiri dan membiarkan pundak kanan terbuka melalui bawah ketiak kanan.
  • Mencium Hajar Aswad apabila dapat melakukannya. Namun jika tidak memungkinkan cukup dengan menyentuhkannya ke tangan lalu mencium tangannya tersebut. Dan jika masih tidak memungkinkan, maka cukup dengan memakai isyarat melambaikan tangan.
  • Menyentuh Ar-Ruknul Yamani tanpa menciumnya, apabila tidak dapat menyentuh maka tidak disunnahkan untuk berisyarat lambaian tangan.
  • Perbanyak dzikir dan berdo’a ketika thawaf.
  • Minum air zam-zam.
  • Pada saat berada di antara Ar-Ruknul Yamani dan Al-Hajarul Aswad mengucapkan doa :


رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّا

 

Artinya:

“Wahai Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

Pastikan ketika ibadah umroh melaksanakan seluruh rukun umroh secara berurutan dengan tidak melewati atau melompatinya. Setelah itu, Anda dapat melakukan sunnah umroh untuk menyempurnakan ibadah umroh Anda, Insya Allah ibadah umroh Anda dapat terlaksana dengan sempurna.

Jejak Imani juga memfasilitasi beberapa program yang dapat Anda pilih dan Insya Allah program yang Jejak Imani miliki dapat bermanfaat untuk Anda, baik menambah ilmu maupun menambah ketaqwaan kita terhadap Allah ﷺ. Berikut selengkapnya di bawah sini!

Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 mulai 3 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply