Qurban 2022 – Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Dzulhijjah 1443 Hijriyah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Dengan ditetapkannya awal Dzulhijjah ini, maka dapat dipastikan Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

qurban 2022

Source: Google.com

Idul Adha juga lekat dengan melakukan qurban. Sedikit menjelaskan awal mula sejarah

qurban, awal mula qurban dilakukan pada zaman Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail AS. Setelah itu, qurban juga dilanjutkan oleh Rasulullah ﷺ hingga terus diajarkan kepada umat Islam. Berikut adalah dalil Al-Quran mengenai perintah untuk qurban.

Dalil Al-Quran

“Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).” (QS. Al-Kautsar: 2)

Hadis Rasulullah ﷺ 

Dari Aisyah, Rasulullah ﷺ bersabda: “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban). sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi)

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui dalil tentang qurban pada idul adha. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik untuk menjadikan Idul Adha tahun ini sebagai Idul Adha ibadah terbaik kita.

Jejak Imani juga menawarkan pilihan hewan qurban untuk Anda. Jika Anda sudah memiliki niat untuk qurban pada tahun 2022, dapat memilih dan menanyakan hewan qurban sesuai kebutuhan Anda disini.

Ingin Qurban 2022?  Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply