Al-Kahfi – Surah Al-kahfi (Goa) merupakan surah ke-18 dalam Al-Quran, mengisahkan para pemuda dan seekor anjing yang berada dalam goa karena kezaliman penguasa.

Mereka (para pemuda) hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi beberapa ratus tahun sebelum diutusnya Nabi Isa AS. Mereka dipaksa menyembah berhala. Namun, para pemuda saleh ini menolak dan lari dari kejaran pasukan raja hingga sampai di mulut goa dan dijadikan tempat persembunyian. 

Dengan izin Allah mereka kemudian ditidurkan selama ratusan tahun di dalam gua, dan dibangkitkan kembali ketika masyarakat dan raja mereka sudah berganti menjadi masyarakat dan raja yang beriman kepada Allah .

Al-Kahfi

Source: Google.com

Surah Al-Kahfi juga memiliki keistimewaan bagi yang membacanya, terlebih pada hari jumat. Mari simak ulasannya di bawah ini.

  1. Diampuni Dosa

Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad bersabda,

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat.” 

  1. Muncul Cahaya Hingga Jumat Berikutnya 

Dari Abu Hasyim dengan sanad yang sama melalui hadis Abu Sa’id Al-Khudri. Dari Abu Sa’id, Nabi Muhammad bersabda,

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka memancarlah cahaya baginya sejak mulai membacanya sampai Jumat berikutnya.” 

  1. Surat Al Kahfi Jadi Cahaya di Hari Kiamat Kemudian 

Imam Baihaqi mengatakan bahwa hadis ini diriwayatkan pula oleh Yahya ibnu Katsir, dari Syu’bah, dari Abu Hasyim berikut dengan sanadnya, bahwa Nabi Muhammad bersabda,

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka surat Al-Kahfi akan menjadi cahaya baginya kelak di hari kiamat.” 

  1. Dipelihara dari Fitnah Dajjal 

Di dalam kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi dise­butkan dari Abdullah ibnu Mus’ab, dari Manzur ibnu Zaid ibnu Khalid Al-Juhani, dari Ali ibnul Husain, dari ayahnya, dari Ali secara marfu’, Nabi Muhammad bersabda,

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah; dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.” Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk membaca Surat Al Kahfi, paling tidak 10 ayat pertama surat tersebut agar selamat dari zaman yang penuh fitnah.”

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui keistimewaan membaca surah Al-Kahfi pada hari jumat bagi umat Islam, sehingga lebih maksimal dalam mengamalkannya karena banyak sekali pahala dan ganjaran kebaikannya.. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik sebagai bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah  sekaligus menyempurnakan amalan kita.

Bagi Anda yang berencana melaksanakan ibadah haji dan ingin waktu tunggu yang lebih singkat, Anda dapat melihat paket dan program terbaik khusus yang terdapat di Jejak Imani. Dapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, disini.

Apabila Anda ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Mari pelajari kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim AS dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah sekaligus meraih ketenangan dalam hidup dengan mempelajari sirah kehidupan syarat hikmah dari Nabi Ibrahim AS, Anda dapat mendaftarkan diri disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat memfasilitasi Anda berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply