Bulan Dzulhijjah – Tahun Hijriah akan memasukin bulan Dzulhijjah yakni bulan ke-12 atau bulan terakhir dalam penanggalan Islam. Terdapat banyak keutamaan pada bulan Dzulhijjah terutama pada 10 hari pertama yang sangat dicintai oleh Allah ﷻ.

Bulan Dzulhijjah

Source: Google.com

Pada bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan seperti bersedekah, berpuasa, hingga menyantuni anak yatim agar dapat mendapatkan keutamaan dari bulan Dzulhijjah.

Selain itu, terdapat juga beberapa amalan yang hanya bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah seperti halnya ibadah haji dan berqurban. Berikut sejumlah keutamaan yang dapat menjadi amalan pada bulan Dzulhijjah, simak disini.

10 Hari Pertama

Pada awal bulan Dzulhijjah, ada 10 hari pertama yang merupakan hari yang paling dicintai Allah ﷻ. Dan keutamaan 10 hari pertama terdapat dalam firman Allah ﷻ dalam Surah Al-Fajr,

“Demi fajar, dan malam yang sepuluh” artinya Surah Al-Fajr ayat 1-2.

Dalam tafsir Ibnu Katsir, malam sepuluh yang dimaksud adalah 10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah.

Pada 10 hari pertama, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan seperti berpuasa, sholat sunnah, membaca Al-Quran, hingga bersedekah.

Bulan Haram (Bulan yang Dimuliakan)

Bulan Dzulhijjah termasuk dalam kategori bulan yang haram atau bulan yang dimuliakan oleh Allah ﷻ, Dzulhijjah merupakan satu dari empat bulan yang tergolong bulan haram. Tiga bulan lainnya yang juga dimuliakan adalah Muharram, Rajab, dan Dzulqaidah. 

Bulan haram, sesuai dengan apa yang difirmankan Allah ﷻ dalam Surah At-Taubah ayat 36,

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya:

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Melalui ayat ini, umat Islam dilarang untuk menganiaya diri sendiri dan juga umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan yang dapat meningkatkan keimanan kepada Allah ﷻ.

Hari Arafah

Pada bulan Dzulhijjah terdapat hari Arafah, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada hari tersebut orang yang menjalankan ibadah haji akan melaksanakan Wukuf di Padang Arafah. Sedangkan bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji, dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah.

Bagi umat Islam yang berpuasa sunnah pada hari Arafah disebut akan mendapatkan pahala yang terbaik dan akan langsung dibalas oleh Allah ﷻ.

Bulan Haji

Pada bulan Dzulhijjah, Allah ﷻ mengundang umatnya untuk datang beribadah ke rumah Allah ﷻ (Baitullah), yang berada di Mekkah. Pada bulan Dzulhijjah umat Islam dapat menyempurnakan rukun Islam yakni dengan melakukan ibadah Haji bagi yang mampu. 

Pada masa pandemi Covid 19, pemerintah Indonesia tidak mengirimkan jamaah haji ke Arab Saudi, walaupun begitu, umat Islam dapat mengambil hikmah dari peristiwa ini.

Hari Raya Idul Adha

Pada bulan Dzulhijjah juga terdapat dari dua hari raya umat Islam yang akan diperingati. Umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Umat Islam juga akan memperingati peristiwa qurban, dengan meneladani kisah Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS.

Hari Raya Idul Adha dirayakan dengan melakukan sholat Idul Adha lalu diikuti dengan penyembelihan hewan qurban dan pada hari itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak takbir.

Bulan Qurban

Selain ibadah haji, umat Islam juga disunnahkan untuk berkurban pada bulan Dzulhijjah. Berkurban dilakukan dengan menyembelih hewan qurban, lalu dibagikan kepada yang membutuhkan. Allah ﷻ berfirman dalam Surah Al-Hajj ayat 34,

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ

Artinya:

Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),

Allah ﷻ menjanjikan banyak balasan kepada orang yang berqurban dan salah satu harta akan dibersihkan dan rezeki akan terus berlimpah.

Hari Tasyrik  

Didalam hari-hari bulan Dzulhijjah terdapat pula hari Tasyrik yakni setelah Hari Raya Idul Adha pada tanggal 11,12,13 Dzulhijjah. Tahun ini, Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah atau pada tanggal 20 Juli 2021. Nabi Muhammad ﷻ  bersabda,

“Hari Tasyrik adalah hari makan, minum, dan banyak mengingat Allah.” (HR. Muslim, Ahmad, Abu Daud, Nasa’i).

Pada hari Tasyrik umat Islam dapat merayakan Hari Raya Qurban dengan berbagi dan menikmati hewan qurban. Dan umat Islam juga dianjurkan untuk banyak-banyak mengingat Allah dengan memperbanyak takbir. 

Semoga dari pembahasan ini, Anda dapat mengetahui keutamaan serta amalan yang dapat dilakukan pada bulan Dzulhijjah. Dan Insya Allah, pada lebaran haji tahun ini Anda juga dapat berqurban sebagai landasan ketakwaan kepada Allah ﷻ. 

Jejak Imani juga menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda. Bila ada dari Anda yang sedang ingin merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Dan apabila ada dari Anda yang ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Yang terakhir, Jejak Imani juga memfasilitasi bagi Anda yang ingin berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply