Waktu Berdoa – Waktu berdoa paling mustajab dalam hadis diantaranya adalah setelah shalat wajib atau fardhu (Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib Isya), pertengahan malam saat sholat tahajud, waktu di antara dua khutbah, doa hamba yang sedang berpuasa, doa saat berbuka puasa dan setelah Ashar di hari Jumat.  Selain itu, waktu mustajab berdoa lainnya setelah adzan dan iqomah, dan ketika khatam baca Al-Quran.

waktu berdoa

Source: Google.com

Dalam Al-Quran, Allah ﷻ memerintahkan hamba-Nya untuk meminta yakni berdoa sebagaimana dalam firman-Nya pada surah Gafir ayat 60,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖࣖࣖ

Artinya:

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menerangkan bahwa ayat tersebut berisi tentang karunia dan kemurahan Allah ﷻ. Allah ﷻ menganjurkan kepada hamba-hamba-Nya untuk meminta kepada-Nya dan Dia menjamin akan memperkenankan permintaan mereka.

Sebelum berdoa, baiknya umat Islam dianjurkan terlebih dulu berzikir dengan mengucapkan istighfar, tasbih dan tahmid, serta takbir. 

Berikut Waktu Mustajab untuk Berdoa 

  1. Setelah Sholat Wajib 

Waktu mustajab untuk berdoa yakni setelah melaksanakan sholat wajib atau fardhu.

Dari Abu Umamah ia berkata; Nabi Muhammad ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.” (HR. Tirmidzi) [No. 3499 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh] Hasan. 

  1. Setelah Adzan dan Iqomah 

Waktu mustajab untuk berdoa lainnya yakni setelah adzan dan iqomah. Doa yang dipanjatkan di antara adzan dan iqamah tidak ditolak. 

Hadis ini diriiwayatkan Imam Abu Daud, Imam Tirmidzi, dan Imam Nasai di dalam kitab Al-Yaumu wal Lailah. 

  1. Sepertiga malam 

Waktu mustajab untuk berdoa lainnya yakni di sepertiga atau pertengahan malam. Di kala banyak orang terlelap pada tidurnya, umat Islam dianjurkan untuk bangun dan mendirikan sholat malam atau tahajud dan berdoa maka insya Allah doa yang dipanjatkan akan diijabah.  

Dari Abu Umamah ia berkata; Nabi Muhammad ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.” (HR. Tirmidzi) [No. 3499 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh] Hasan. 

  1. Orang Berpuasa 

Saat berpuasa juga merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Oleh karena itu, doa orang yang berpuasa akan diijabah oleh Allah ﷻ. Nabi Muhammad   bersabda,

“Tiga orang yang doa mereka tidak terhalang, yaitu imam (pemimpin) yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang dizalimi. Doa mereka dibawa ke atas awan dan dibukakan pintu langit untuknya, lalu Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Demi izzah-Ku, Aku akan menolongmu meski setelah beberapa waktu.” (HR Ahmad, dari Abu Hurairah, shahih lighairihi). 

  1. Waktu di Antara 2 Khutbah

Dari Abu Burdah bin Abi Musa al-Asy’ari Radhiyallahu anhu bahwa ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu anhuma berkata padanya, 

“Apakah engkau telah mendengar ayahmu meriwayatkan hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sehubungan dengan waktu ijabah pada hari Jum’at?”Lalu Abu Burdah mengatakan, ‘Aku menjawab, ‘Ya, aku mendengar ayahku mengatakan bahwa, ‘Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Yaitu waktu antara duduknya imam sampai shalat dilaksanakan.’”(HR Muslim). 

  1. Setelah Ashar 

Waktu berdoa mustajab selanjutnya pada hari Jumat setelah sholat ashar, waktu ini yang paling kuat karena didukung sejumlah hadis.   Nabi Muhammad   bersabda,

“Pada hari Jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah Ashar.” (HR. Ahmad).  

Hadis kedua diriwayatkan Abu Daud, Nabi Muhammad   bersabda,

“Pada hari jumat ada 12 jam. Di antaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah Ashar.” (HR. Abu Dauud). 

  1. Saat Buka Puasa 

Saat berbuka puasa termasuk salah satu dari 7 waktu mustajab terkabul doanya. Waktu yang paling dinanti-nanti semua umat Islam, setelah lelah berpuasa menahan haus, lapar dan amarah. Ternyata, waktu tersebut juga menjadi waktu yang dinantikan Allah ﷻ untuk mendengar doa-doa yang  kita panjatkan. Nabi Muhammad   bersabda,

“Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka.” (HR Ibnu Majah) 

  1. Selesai Khatam Al Qur’an

Dan yang terakhir, dari Imam At-Thabrani, didalam al-Mu’jam al-Kabir meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad   bersabda,

“Barang siapa yang selesai melaksanakan shalat fardu maka baginya doa yang mustajab, dan barang siapa yang selesai membaca Al-Quran maka baginya juga doa yang mustajab” (HR. At-Thabrani)

Semoga dari pembahasan ini, Anda dapat mengetahui waktu berdoa yang terbaik dan dapat Anda panjatkan apabila ingin cepat doanya terkabul oleh Allah ﷻ.Insya Allah, kita semua selalu dalam keadaan sehat dan semakin bertaqwa kepada kepada Allah ﷻ. 

Bagi Anda yang berencana melaksanakan ibadah haji dan ingin waktu tunggu yang lebih singkat, Anda dapat melihat paket dan program terbaik khusus yang terdapat di Jejak Imani. Dapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, disini.

Apabila Anda ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Mari pelajari kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim AS dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah sekaligus meraih ketenangan dalam hidup dengan mempelajari sirah kehidupan syarat hikmah dari Nabi Ibrahim AS, Anda dapat mendaftarkan diri disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat memfasilitasi Anda berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply